4 Bandara Terbesar di Indonesia

AttailahPetir Bandara merupakan tempat dimana setiap pesawat maupun Helikopter melakukan aktivitas Landing dan Take Off, untuk Helikopter mungkin bisa Take Off dan Landing pada area yang tidak terlalu besar layaknya bandara. Akan tetapi untuk pesawat-pesawat yang berbadan lebar layaknya Air Bus tidak akan memungkinkan untuk Landing dan Take Off di sembarang tempat.

4 Bandara Terbesar di Indonesia

Seperti yang kita tahu kalau indonesia ini merupakan sebuah negara kepulauan dan menjadi salah satu negara yang paling luas di dunia, maka dari itu tidak akan terasa aneh jika Indonesia ini punya banyak sekali bandara yang tersebar di berbagai daerah di tanah air tercinta kita ini. Walaupun untuk sekarang ini aktivitas di bandara sedang sepi-sepinya, tapi kebutuhan akan transportasi udara untuk wilayah indonesia ini masih sangat-sangat tinggi.

Sebagai contoh jika seseorang ingin melakukan perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara ke Jakarta, Pasti mereka akan memilih jalur udara dikarenakan berbagai alasan, selain bisa sampai dengan lebih cepat, tapi dengan menggunakan jalur udara juga membuat setiap orang yang melakukan perjalanan  tersebut bisa menghemat biaya yang lebih.

Berbicara soal bandara yang ada di indonesia ini, tentu yang terbayang di benak kebanyakan orang adalah sebuah bandara kecil yang hanya mampu memuat beberapa pesawat saja. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa bandara di indonesia ini yang punya ukuran yang sangat besar? Bahkan saking besarnya bandara tersebut ada yang mampu menampung pesawat yang berbadan lebar layaknya Pesawat Boing 777.

Walaupun memang tidak semua bandara punya ukuran yang besar dan luas, tapi pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk menyebutkan 4 Bandara Terbesar di Indonesia. Penasaran Bandara-bandara mana saja? Mari kita ulas satu-persatu.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta
4 Bandara Terbesar di Indonesia

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta merupakan sebuah bandara utama yang melayani penerbangan untuk wilayah Jakarta, bandara yang satu ini disebut sebagai Bandar Udara Cengkareng karena memang lokasinya yang berdekatan dengan wilayah cengkareng, Jakarta Barat, lebih tepatnyanya di Tanggerang, Banten Indonesia. Bandara Soekarno-Hatta ini sendiri sudah mulai dibuka sejak 1 Mei 1985 lalu dan menjadi Bandara terbesar di indonesia hingga saat ini.

Bandara Soekarno-Hatta ini punya luas hingga 18 Km2 dengan 2 buah landasan pacu yang dipisahkan secara paralel, masing-masing dari landasan pacu tersebut memiliki panjang hingga 2,4km. Tidak hanya itu, yang merancang bandara Internasional Soekarno-Hatta ini adalah seorang arsiek prancis yakni Paul Andreu yang sebelumnya pernah merancang Air Port Charless Degaulle di prancis.

Dikarenakan bandara yang satu ini merupakan salah satu bandara terbesar yang ada di indonesia, maka tidak aneh jika bandara ini punya 4 Terminal, dan untuk setiap terminalnya mempunyai 25 Check In Counter, 5 Tempat klaim Bagasai dan juga 7 buah gerbang. Dan menurut informasi, untuk kedepannya PT.Angkasa Pura II selaku pengelolanya sedang merencanakan untuk membangun terminal baru dengan desain yang lebih modern.

Untuk maskapai yang beroperasi di Air Port ini sendiri diantaranya ada Batik Air, Cardig Air, Citilink, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Lion Air, Nam Air dan juga Sriwijaya Air.

Bandara Internasional Kerta Jati ( Jawa Barat )
4 Bandara Terbesar di Indonesia

Sebagai bandara terbesar kedua di indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta tadi, Bandara Internasional Kerta Jati ini menjadi Airport yang benar-benar sangat segar dan sangat-sangat modern. Namun sayangnya, walaupun Bandara yang satu ini merupakan bandara yang belum lama ini diresmikan dan punya desain yang lebih modern dibandingkan dengan bandara-bandara lainnya yang ada di indonesia, Bandara Internasional Kerta Jati ini kembali menjadi sepi akibat dari wabah Covid-19 yang melanda dunia sekarang ini.

Untuk lokasinya sendiri Airport yang satu ini berlokasi di kabupaten Majalengka Jawa Barat, lebih tepatnya sekitar 68 km di bagian timur dari Bandung. Sepeti yang admin singgung sebelumnya kalau Airport yang satu ini merupakan Airport yang sangat Fresh, dikarenakan baru diresmikan pada 24 Mei 2018 lalu dan menjadi Bandara Internasional kedua di area bandung yang juga melayani Cirebon yang menjadi bagian dari jawa barat dan juga Provinsi Jawa Tengah.

Dikarenakan bandara ini merupakan bandara terbesar kedua di indonesia sekaligus menjadi bandara internasional, maka wajar jika ukuran dari bandara yang satu ini bisa dikatakan sangat besar. Tidak hanya mampu menampung pesawat-pesawat kecil saja, tapi juga mampu untuk menampung pesawat yang berbadan besar sekalipun layaknya pesawat Boing 777.

Landasan pacu dari Airport yang satu ini juga tergolong panjang, dimana panjang keseluruhan landasan pacunya mencapai 3 km, sekedar informasi saja kalau Airport yang satu ini mampu menampung hingga 29 juta penumpang setiap tahun nya. Sedangakan untuk terminal kargonya sendiri Airport yang satu ini mampu menampung hingga 1,5 juta Ton per tahun 2020 ini. 

Dan untuk para pengunjung yang melakukan perjalanan melalui Airport yang satu ini, tersedia bus Damri yang siap mengantar mereka setiap harinya pada jam operasional mereka masing-masing.

Bandara Internasional Hang Nadim ( Batam )
4 Bandara Terbesar di Indonesia

Jika kedua Bandara yang sudah kita bahas tadi berada di Pulau jawa, maka berbeda halnya dengan Airport yang satu ini berada provinsi kepulauan Riau. Lebih tepatnya di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Riau. 

Walaupun hanya menggunakan 1 jalur saja untuk landasan pacunya, tapi itu juga sudah sangat lebih dari cukup, karena bila dibandingkan dengan landasan pacu dari kedua bandara yang sudah admin sebutkan tadi, Landasan Pacu dari Internasional Airport Hang Nadim Batam ini merupakan yang paling panjang, karena panjang  total dari landasan pacu yang satu ini yang menyentuh angka 4 km. Berdasarkan beberapa informasi yang admin dapat menyatakan kalau panjang dari landasan pacu Internasional Airport Hang Nadim Batam ini merupakan yang ke 2 terpanjang di Asia.

Dimana untuk posisi pertamanya Landasan Pacu Terpanjang pertama di Asia dipegang oleh Bandara Internasional Kuala Lumpur ( Malaysia ). Sama seperti beberapa bandara yang sudah pernah admin sebutkan diatas kalau Bandara internasional Hang Nadim ini juga mampu untuk menampung hingga 18 unit pesawat yang berbadan lebar layaknya pesawat Boieng 747, Boieng 767 dan juga Boieng 777 sekalipun.

Airport Hang Nadim ini mulai di resmikan untuk Umum pada  1 Januari 1995 lalu dan masih beroperasi hingga sekarang. Namun seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang-sekarang ini hampir semua bandara kehilangan para pengunjungnya, beitu juga halnya dengan Bandara yang satu ini. Untuk maskapai penghubungnya sendiri yang rutin beroperasi di Airport yang satu ini diantaranya ada Citilink, Lion Air dan juga Wings Air.

Bandara Internasional Kualanamu ( Sumatera Utara )
4 Bandara Terbesar di Indonesia

Beralih sedikit ke bagian barat dari bandara Hang Nadim yang sudah admin sebutkan diatas, Bandara terbesar terakhir yang akan kita ulas pada postingan kali ini adalah Bandara Internasional Kualanamu. Sama seperti ke 3 bandara yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi, kalau ukuran dari bandara yang satu ini juga sama sekali tidak main-main, Bayangkan saja untuk membangun Bandar Udara Yang satu ini yang memakan lahan hingga 1.650 hektar.

Dikarenakan bandara yang satu ini merupakan salah satu bandara terbesar yang ada di indonesia dan menjadi Bandara internasional yang seharusnya mampu untuk menampung berbagai macam dan jenis pesawat terbang. Pada awalnya, sebelum Bandara Internasional Kualanamu ini ada bandara yang digunakan untuk aktivitas Landing dan Take Off pesawat terbang adalah Bandara Polonia yang berada kota medan sumatera utara.

Namun sejak diresmikan pada 25 Juli 2013 lalu, bandara yang satu ini sudah bisa beroperasi dan mampu menampung sangat banyak para penumpang yang bolak-balik dari dan ke berbagai kota yang ada di indonesia. Untuk lokasinya sendiri Bandara Internasional Kualanamu ini sendiri berada di kabupaten Deli Serdang, Sumatera utara atau sekitar 23 km dari pusat kota medan Sumatera Utara.

Untuk panjang dari landasan pacunya sendiri mencapai 3.750 meter yang mana ini artinya hanya berbeda sedikit dengan panjang dari landasan pacu terpanjang di indonesia yang sudah kita bahas tadi yakni Landasan Pacu dari Bandara Hang Nadim ( Batam ). 

Untuk maskapai penghubung yang beroperasi di Airport yang satu ini diantaranya ada AirAsia, Batik Air, Cathay Dragon, Citilink, Flynas, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Jetstar Asia Airways, KLM, Lion Air, Malaysia Airlines dan masih sangat banyak lagi maskapai penghubung lainnya baik dari luar maupun dalam negeri.

Tidak hanya itu, ada beberapa insiden yang pernah terjadi di Airport yang satu ini, namun yang paling unik adalah insiden yang terjadi pada 18 Mei 2013 lalu, dimana pada saat itu Pesawat Boeing 737-400 Malaysia Airlines yang seharusnya mendarat di Bandara Polonia nyaris saja mendarat di Airport yang satu ini, bahkan roda pesawat pun sudah dikeluarkan oleh pilotnya. Namun begitu pilot tersebut sadar bahwa bandara tempat dia mendara seharusnya bukan disitu, secara spontan pilot langsung mengangkat kembali pesawatnya dan mendarakan kembali dengan selamat di Bandara Polonia Medan.

Nah, Itulah 4 Bandara Terbesar yang ada di indonesia hingga saat ini yang berhasil admin rangkum pada postingan kali ini, Pada dasarnya masih ada beberapa Bandara lainnya yang ada di belahan bumi nusantara lainnya yang masih belum tersebutkan, mungkin bisa menjadi bagian kedua yang bisa kita bahas pada postingan lainnya nanti. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »