4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

AttailahPetir Kamera merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengambil serta mengabadikan momen-momen tertentu oleh seseorang. Untuk sekarang ini kamera tersebut terdiri dari sangat banyak variasi dan fungsi utama nya masing-masing.

4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

Seiring perkembangan zaman, kamera tersebut juga semakin berkembang, jika dulunya kamera hanya digunakan untuk menghasilkan gambar, Sekarang kamera sudah mampu merekam video bahkan tidak tanggung-tanggung ada kamera yang sudah mampu merekam video dengan resolusi 8K. Tapi semuanya tentu kembali lagi ke kebutuhan dari setiap pengguna nya, apakah mereka memang membutuhkan kamera dengan resolusi yang paling tinggi atau cukup dengan resolusi Full HD saja.

Resolusi dari sebuah kamera tentu nantinya akan berpengaruh pada hasil yang didapatkan, biasanya semakin tinggi resolusi dari sebuah kamera maka akan semakin tajam dan semakin Detail hasil gambar yang dapat di ambil dengan menggunakan kamera tersebut. Akan tetapi berbeda halnya dengan kamera yang resolusinya rendah yang biasanya hasil yang akan didapatkan nantinya baik untuk pengambilan gambar maupun video yang tidak akan se detail dan sebagus gambar atau video yang diambil dengan menggunakan kamera yang punya resolusi yang tinggi.

Semakin tinggi resolusi dari sebuah kamera maka gambar yang dihasilkan biasanya akan semakin bagus dan ukuran file nya juga akan semakin besar pula, tapi ada juga kamera layaknya kamera smartphone yang hanya punya resolusi 12 MP saja tapi hasilnya tidak kalah dengan gambar yang dihasilkan oleh kamera profesional baik itu kamera Mirorless, SLR maupun DSLR. Hal tersebut bisa didapat berkat aplikasi canggih dan juga penanaman AI pada smartphone, selain itu prosessor yang digunakan pada smartphone tersebut pu terkadang memang ada yang khusus untuk memproses gambar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Secara umum kamera itu sendiri terdiri dari sangat banyak jenis, namun yang paling umum digunakan ada 10 jenis yang diantaranya:

  • Kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR)
  • Kamera Mirrorless
  • Kamera Point and Shoot
  • Kamera Bridge
  • Kamera Film atau Analog
  • Kamera Kamera Instan
  • Kamera Aksi ( Action Camera )
  • Kamera  360
  • Kamera Medium Format
  • Kamera Bawah Air ( Underwater Camera )

Dari kesepuluh jenis kamera tersebut, jenis kamera yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk sekarang ini pun ada beberapa jenis dimana diantaranya ada jenis kamera DSLR, Jenis Kamera Mirrorless dan tidak jarang juga dari orang-orang kita yang memang menggunakan kamera aksi untuk beberapa tempat ( sesuai dengan kebutuhan ).

Tapi dari sekian banyak kamera yang sudah admin sebutkan diatas, yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah jenis kamera Mirrorless. Karena seperti yang kita tahu bersama bahwa jenis kamera yang satu ini dan untuk sekarang-sekarang ini sedang ramai-ramainya digunakan, alasannya simpel saja yaitu jenis Kamera Mirrorless ini punya ukuran yang lebih ringkas dan juga bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kamera-kamera lainnya, selain itu, beberapa brand dan beberapa tipe dari jenis kamera Mirrorless ini punya layar yang bisa di Flip ke depan yang membuatnya sangat mudah jika digunakan untuk kebutuhan Selfie atau aktivitas Vloging untuk kebutuhan konten youtube.

Namun, dikarenakan Kamera Mirrorless ini punya sangat banyak tipe dari berbagai brand, maka tidak heran kalau harganya juga sangat bervariasi, walaupun memang ada beberapa Beberapa Kamera Mirrorless tersebut yang harganya menembus angka puluhan juta rupiah. Tapi pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk merekomendasikan 4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta saja.

Sesuai dengan harganya, pada range harga dibawah Rp 5 juta tapi sudah bisa digunakan untuk oleh mereka yang ingin memulai belajar menjadi seorang fotografi maupun seorang videografer. Kira-kira kamera apa saja? Mari kira ulas satu-persatu.

Fuji Film X-A20
4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

Fuji Film X-A20 ini merupakan sebuah Kamera Mirrorless darinya Fuji film yang menawarkan berbagai macam keunggulan tapi bisa didapatkan dengan harga yang lumayan terjangkau untuk saat ini. Walaupun Kamera Mirrorless yang satu ini bukan merupakan kamera yang baru, tapi untuk seorang pemula yang ingin belajar fotografi maupun video grafer seharusnya sudah lebih dari cukup.

Beberapa keunggulan yang akan pengguna dapatkan dari kamera yang satu ini diantaranya Layar LCD nya yang sudah bisa di Flip ke bagian depan kamera, sehingga akan sangat membantu untuk pengguna yang ingin melakukan aktivitas Vloging tanpa bantuan orang lain, begitu juga untuk pengguna yang suka selfie, layar yang bisa di flip ke bagian depan tersebut juga akan sangat membantu untuk memberikan gambaran seperti apa hasil yang akan di dapatkan jika selfie dengan menggunakan Kamera Mirrorless Fuji Film X-A20 ini.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan fitur Wi-fi yang akan sangat berguna pada saat digunakan untuk kebutuhan konektivitas dari smartphone ke Kamera dan kamera juga bisa dikoneksikan dengan smartphone dalam beberapa hal untuk kebutuhan kontrol. Dengan harga dibawah Rp 5 Juta pengguna juga sudah mendapatkan lensa Standar XC 15-45mm F3.5-5.6 lengkap dengan OIS PZ dan tentunya kamera yang satu ini juga sudah bisa gonta-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Untuk speknya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sensor APS-C CMOS 16.3 MP
  • ISO 25.600
  • LCD Flip 1800
  • LCD Touchscreen 3.0 Inch
  • Wireless Comunication
  • Full HD Video Recording
  • Macro Photography
  • Ultra Sonic Vibration
  • Audio Linear PCM Stereo
  • Movie Video Compretion H.264

Untuk harga dari kamera yang satu ini sendiri sebenarnya sangat tergantung dari Stock dan permintaan konsumennya, Namun pada saat Postingan ini admin buat Harga yang harus di bayar untuk membawa pulang 1 Unit Kamera Mirrorless Fuji Film X-A20 ini dimulai dari angka Rp 4.220.000 dan sudah termasuk dengan lensa fix 15-45 mm, namun harga terbarunya bisa di cek langsung di beberapa e-commers atau bisa langsung ke toko kamera terdekat di kota anda.

Canon EOS M100
4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

Beralih dari brand Fuji Film ke Brand Canon yang kali ini Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta adalah Canon EOS M100, Brand yang satu ini sebenarnya sudah dikenal sejak sangat lama oleh masyarakat indonesia karena memang pada dasarnya Canon tidak hanya memproduksi Kamera Mirrorless saja, akan tetapi mereka juga membuat berbagam macam peralatan elektronik, termasuk salah satunya adalah Printer.

Namun, dikarenakan dalam konteks ini kita sedang membahasa Kamera, maka tidak ada salahnya untuk membahas Canon EOS M100 ini lebih dalam lagi. Beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan jika anda memilih Kamera Mirrorless Canon EOS M100 ini diantaranya adalah ukuran nya yang ringkas dan bobotnya yang ringan.

Seperti yang kita tahu kalau masalah utama yang membuat setiap orang merasa malas untuk membawa kamera pada saat mereka travelling adalah ukurannya yang terlalu besar dan memakan terlalu banyak tempat, selain itu bobot dari sebuah kamera juga sangat menentukan apakah kamera tersebut cocok untuk dibawa pada saat travelling, karena bobot barang yang terlalu berat membuat setiap orang yang akan pergi ke suatu tempat akan merasa malas dan menjadi beban, dan hal tersebut tidak akan anda temukan pada Kamera Mirrorless Canon EOS M100 ini karena bobot dari Kamera yang satu ini yang tergolong ringan Untuk sebuah Kamera Mirrorless.

Selanjutnya keunggulan yang dimiliki Kamera Mirrorless yang satu ini adalah penggunaan nya yang tergolong mudah, apalagi layarnya yang sudah didukung Touch Screen yang membuat perngoperasian nya menjadi lebih mudah, tidak hanya itu, sama seperti Kamera Mirrorless buatan Fuji Film yang sudah pernah admin sebutkan tadi, Canon EOS M100 ini juga sudah menggunakan koneksi Wi-fi yang memungkinkan setiap penggunanya untuk memanfaatkan smartphone untuk mengontrol Kamera Mirrorless yang satu inil

Untuk kualitas gambar yang dihasilkan juga sudah tergolong lumayan karena berdasarkan beberapa pendapat dari orang yang sudah pernah menggunakan Kamera yang satu ini, banyak dari mereka yang berpendapat kalau hasilnya sudah setara dengan hasil gambar yang dihasilkan Kamera DSLR. Dalam beberapa bagian Canon EOS M100 ini punya fitur yang seharunya hanya dimiliki oleh kamera Canon Canggih layaknya fitur Spot Metering dan juga WB Kelvin.

Untuk Spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • 24MP APS-C CMOS Sensor
  • Dual Pixel Autofocus
  • Layar Flip (180 derajat)
  • Prosesor DIGIC 7
  • 6fps burst shooting (4fps continuos AF)
  • Koneksi Wi-fi NFC dan Bluetooth
  • ISO 100-25600
  • Layar Touchscreen

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin pada saat postingan ini admin buat, Kamera Canon EOS M100 ini dijual pada kisaran harga Rp 4.508.000 hingga Rp 4.777.500 di beberapa e-commers di indoensia, tapi seperti yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi kalau harganya bisa berubah kapan pun dan dimana pun, ada baiknya untu memantau harga yang lebih pastinya di toko kamera terdekat di kota anda.

Sony Alpha 5100
4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

Sony merupakan salah satu pabrikan elektronik yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat indonesia, bahkan beberapa tahun lalu sony sempat berjaya di tanah air tercinta kita ini. Banyak sekali produk yang dikeluarkan oleh sony yang mana salah satunya adalah Kamera Mirrorless dengan tipe Alpha 5100.

Kamera Mirrorless Sony yang satu ini punya segenap keunggulan dengan harga yang ditawarkan untuk sekarang ini yang tidak sampai angka Rp 5 juta, walaupun memang dengan harga tersebut kondisi kamera bukan lagi dalam keadaan baru, akan tetapi barang bekas ( Second ) yang masih sangat-sangat layak untuk digunakan.

Beberapa keunggulan dari kamera yang satu ini diantaranya adalah ukurannya yang ringkas yang mudah untuk dibawa kemanapun merupakan point penting untuk seorang traveller dan vlogger, karena seperti yang sudah pernah admin jelaskan diatas tadi, kalau ukuran dari sebuah kamera sangat-sangat diperhitungkan untuk dibawa pada saat travelling atau berkunjung ke suatu tempat dan untuk kamera Sony Alpha 5100 ini pastinya sangat cocok untuk dibawa pada saat Travelling karena ukurannya yang sangat ringkas dan tidak memakan banyak tempat.

Sama seperti Kamera Canon yang sudah pernah admin sebutkan sebelumnya kalau Kamera Sony Alpha 5100 ini juga mampu menghasilkan gambar yang kurang lebih setara dengan gambar yang dihasilkan oleh sebuah DSLR dengan resolusi yang sama-sama 24 MP pastinya kulitas gambarnya juga akan semakin mantap. Selain itu, seperti yang kita tahu kalau kamera Sony punya Auto Fokus yang sangat cepat yang tentunya akan sangat memumpuni untuk pengambilan objek-objek tertentu, tidak hanya cepat tapi Auto Fokusnya juga bekerja dengan sangat baik pada saat pengembilan objek yang sedang bergerak sekalipun.

Jika ISO dari canon EOS M100 yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi hanya sampai 25.600 maka pada Sony Alpha 5100 ini ISO yang ditawarkan lebih tinggi yang mencapai 32.000 dan akan sangat berguna untuk pengambilan gambar pada saat kondisi sedang kurang cahaya. Tidak hanya itu, Layar LCD nya juga diklaim sangat terang dan juga kontras, sehingga untuk priview gambar seharusnya tidak akan ada masalah sama sekali bahkan akan lebih enak untuk dilihat.

Dikarenakan Kamera Mirrorless Sony Alpha 5100 ini merupakan jenis Kamera Mirrorless yang cocok digunakan oleh setiap orang tanpa harus dibantu oleh orang lain, sony juga membekali Sony Alpha 5100 ini denga layar yang sudah bisa di flip ke depan yang kegunaannya untuk membantu setiap penggunanya mengambil foto atau video dalam keadaan selfie, jadi seharusnya untuk orang-orang yang suka selfie atau orang-orang yang hobi vloging seharusnya kamera ini masuk sebagai salah satu kamera yang patut untuk mereka perhitungkan.

Itu baru beberapa keunggulan yang dimilki Kamera Mirrorless Sony Alpha 5100 dari segudang keunggulan lainnya. Untuk spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Maximal Resolution 6000 X 4000
  • Image Ratio 3:2 atau 16:9
  • Sensor CMOS APSC 24 MP
  • Prosessor Bionz X
  • ISO 32.000
  • Wi-Fi Conectivity

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin pada saat postingan ini admin buat berada pada rentang harga Rp 4.200.000 hingga 6.500.000. Tapi tidak selamanya harga tersebut akan bertahan karena bisa saja pada saat anda cek langsung harganya akan lebih tinggi lagi atau bisa juga harganya turun, tidak ada salahnya untuk cek langsung di toko kamera di kota anda.

Nikon 1 J5
4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta

Terakhir kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta yang admin rekomendasikan berasal dari brand Nikon yakni Nikon 1 J5. Sama seperti Sony, Nikon juga merupakan salah satu perusahaan asal jepang yang memang bergerak khusus dalam bidang Optik dan juga gambar atau dengan kata lain Nikon ini merupakan sebuah perusahaan yang khusus membuat kamera dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kamera.

Ada banyak sekali jenis kamera yang dibuat oleh perusahaan Nikon ini yang mana salah satunya adalah jenis Kamera Mirrorless yang tidak lain adalah Nikon 1 J5 ini, keunggulan dari kamera yang satu ini diantaranya adalah ukurannya yang Compact, lagi-lagi kamera yang admin rekomendasikan adalah kamera dengan ukuran yang compact yang bisa didapatkan dari Kamera Mirrorless buatan Nikon ini, Bentuknya yang ringkas dengan desain yang tidak terlalu mencolok layaknya kebanyakan kamera-kamera lainnya menjadi salah satu keungulan dari Kamera Mirrorless yang atu ini.

Tidak hanya ukurannya yang compact saja, tapi Kamera Mirrorless yang satu ini juga dikenal ringan karena bobotnya yang hanya 265 gram saja. Tidak hanya ukuran dan bobotnya yang saja, tapi keunggulan selanjutnya dari Kamera Mirrorless yang satu ini ada pada pilihan jumlah Lensanya yang lumayan banyak yang bisa digunakan, Terdapat sekitar 11 jenis lensa yang bisa digunakan pada Kamera Mirrorless yang satu ini dan jika anda ingin menggunakan lensa kamera DSLR maka anda bisa menggunakan mount adapter saja.

Seperti ke 3 kamera yang sudah pernah admin sebutkan diatas, layar dari kamera yang satu ini juga bisa di flip ke bagian depan untuk kebutuhan selfie dari masing-masing pengguna dan lagi-lagi layar yang bisa di flip ke depan ini akan sangat membantu mereka yang biasanya berhadapan dengan aktivitas Vloging tanpa bantuan dari orang lain. 

Selain itu, Nikon 1 J5 ini juga sudah mendukung Wireless dan juga NFC, namun yang lebih sering digunakan disini adalah fitur Wirelessnya karena bisa dikoneksikan langsung ke smartphone, baik smartphone tersebut merupakan smartphone Android atau pun IOS, setelah terkoneksi ke smartphone akan ada banyak sekali fungsi yang bisa dijalankan yang tentunya akan sangat membantu setiap penggunanya mempermudah proses pengambilan gambar hingga Share foto ke social media mereka masing-masing.

Salah satu keunggulan yang sangat sulit disaingi oleh kamera DSLR dari Kamera Mirrorless Nikon 1 J5 ini yang tidak lain adalah keakuratannya, karena pada dasarnya Nikon 1 J5 ini mampu mengambil gambar hingga 60 gambar dalam 1 detik tanpa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan tersebut yang bisa didapatkan berkat fiture Autofocus Phase Detection 105 titik, dimana kegunaan dari fiture yang satu ini adalah untuk mengenali objek yang dibidik secara cepat dan mengunci objek tersebut.

Untuk spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut:

  • 20.8MP CX-Format BSI CMOS Sensor
  • 3.0″ 1,037k-Dot Tilting Touchscreen LCD
  • UHD 2160p/15 and Full HD 1080p/60 Video
  • Built-In Wi-Fi Connectivity with NFC
  • Hybrid AF with 105 Phase-Detection Areas
  • Up to 60 fps Shooting, 20 fps with AF-C
  • ISO 12800 dan High ISO Noise Reduction

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin pada saat admin membuat postingan ini berada pada kisaran Rp 4.525.000 hingga 4.728.000. ( Note: Harga bisa berubah kapan pun ) selalu cek harga terbaru dari kamera yang satu ini atau bisa langsung mengunjungi toko kamera di kota anda untuk harga yang lebih pastinya.

Nah, Itulah 4 Kamera Mirrorless Dengan Harga Dibawah Rp 5 Juta yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, silahkan anda share ke teman-teman anda jika dirasa perlu dan mudah-mudahan bisa menjadi referensi juga untuk anda yang sedang mencari Kamera. Terimakasih & Sampai Jumpa Pada postingan selanjutnya.


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »