Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyakit Pada Honda Jazz

AttailahPetir Untuk sekarang ini, Mobil seakan sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Walaupun memang harga dari sebuah mobil masih belum sepenuhnya bisa dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat y ang ada di indonesia ini.

4 Penyakit Pada Honda Jazz

Mobil yang tersedia di pasaran sekarang ini pun punya varian yang sangat banyak dan membuat setiap oran yang hendak membeli sebuah mobil merasa bingung. Dari setiap varian mobil yang tersedia dipasaran tersebut punya kelebihan dan penyakitnya masing-masing tanpa terkecuali.

Honda Jazz merupakan salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati oleh kebanyakan masyarakat indonesia. Walaupun mobil tersebut merupakan salah satu jenis mobil yang paling banyak peminatnya di indonesia, bukan berarti bahwa Honda Jazz tersebut tanpa kekurangan.

Di beberapa negara seperti China, Jepang dan juga amerika serikat, Honda Jazz ini dinamai dengan Honda Fit. Dan seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, kalau honda Jazz ini sudah mampu menarik perhatian dari kebanyakan orang indonesia sejak pertama kali di luncurkan pada tahun 2001 lalu.

Dari pertama kali diperkenalkan hingga tahun 2007 lalu, Honda Jazz ini mampu mencetak angka penjualan yang lumayan fantastis, yakni mencapai 2 Juta unit di seluruh dunia. Di pasaran, Honda Jazz ini bersaing langsung dengan salah satu besutan toyota yang tidak lain adalah Toyota Yaris.

Ada beberapa penyakit yang paling sering muncul dan dikeluhkan oleh kebanyakan para penggunanya, dan dari sekian banyak penyakit tersebut 4 diantaranya akan kita coba kupas pada postingan kali ini. Penasaran penyakit Honda Jazz Apa-apa saja? Mari kita kupas Lanngsung di bagian bawah ini.

Bantingan Suspensi
4 Penyakit Pada Honda Jazz

Sebagai sebuah mobil Heatchback, honda jazz ini punya karakter bantingan suspensi yang tidak lazim, karena bantingan suspensi bagian depan dengan bantingan suspensi bagian belakang mobil ini yang dirasa kurang seimbang. Ketidak seimbangan bantingan suspensi tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dari Honda Jazz ini pada saat mobil yang satu ini dijalankan.

Karena seperti yang ktia tahu kalau salah satu faktor yang membuat sebuah mobil nyaman untuk dikendarai ataupun ditumpangi adalah seberapa stabil mobil tersebut bisa berjalan dan seberapa empuk bantingan suspensi dari mobil tersebut, semakin lembut bantingan suspensi dari sebuah mobil maka akan semakin nyaman pula mobil tersebut untuk ditumpangi.

Dikarenakan Honda Jazz ini merupakan sebuah Hatchback, seharusnya bantingan suspensinya tidak harus terlalu keras, tapi juga tidak harus terlalu lembut, karena suspensi yang keras pada dasarnya diperuntukkan untuk mobil Sport, sedangkan suspensi yang lembut pad dasarnya diperuntukkan untuk keluarga ataupun mobil sedan.

Ketidakseimbangan bantingan suspensi pada honda jazz ini membuat pengendalian mobil menjadi kurang nyaman pada saat mobil tersebut dijalankan pada jalan yang kurang rata. Tidak sedikit juga dari pengguna Honda Jazz yang mengeluh akan masalah yang satu ini.

Maka dari itu, bagi anda yang hendak membeli Honda Jazz ini hendaknya mempertimbangkan dulu Masalah yang satu ini sebelum memboyong mobil tersebut.

Transmisi CVT
4 Penyakit Pada Honda Jazz

Penyakit selanjutnya yang paling sering muncul pada unit Honda Jazz yang dikeluhkan oleh kebanyakan para pengguna Mobil ini ada pada bagian sistem Trasmisi CVT nya. Memang kalau dilihat dari sudut pandang positif, sistem transmisi CVT ini tentunya sangat membantu para pengguna mobil baik itu dari segi kemudahan pengoperasian hingga ke kehematan bahan bakar yang dikonsumsi oleh mobil yang menggunakan sistem Transmisi CVT.

Namun dibalik kemudahan tersebut, ada beberapa masalah yang paling sering muncul pada sistem Transmisi yang satu ini terutama pada Unit Honda Jazz. Jika pada kebanyakan mobil yang menggunakan sistem Transmisi CVTpunya tarikan yang lebih halus dan proses perpindahan gigi yang hampir-hampir tidak terasa, maka hal tersebut akan sangat berbeda pada Unit Honda Jazz.

Karena tidak sedikit dari para pengguna Honda Jazz yang mengeluh akan permasalahan yang satu ini, yang mana tarikan awal pada Hacthback yang satu ini terasa lebih kasar dan bergetar secara berlebihan. Ada yang mengatakan kalau masalah tersebut disebabkan oleh penggunaan oli yang tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh Pihak Honda.

Ada juga yang berhasil mengakali permasalahan yang satu ini dengan mengganti Oli tepat pada waktu dan jenis oleh Standar yang dianjurkan oleh pihak Honda untuk unit Honda Jazz ini. Sistem Transmisi merupakan salah satu komponen yang paling fatal yang terdapat pada  sebuah mobil, karena jika sistem Transmisi ini bermasalah, maka tidak akan menutup kemungkinan kalau nantinya anda harus mengeluarkan biaya dalam jumlah yang tidak sedikit.

Maka dari itu, sebelum kerusakan pada komponen yang satu ini terjadi. Ada baiknya bagi anda untuk lebih memperhatikan secara serius komponen mobil yang satu ini, tidak hanya pada unit Honda Jazz saja, akan tetapi pada semua mobil dari berbagai merek dan tipe.

Valve Body Mudah Kotor
4 Penyakit Pada Honda Jazz

Sebenarnya penyakit yang satu ini bukan masalah yang terlalu serius pada kendaraan roda 4, akan tetapi pada unit Honda Jazz ini Valve Body dari mobil ini sangat mudah kotor. Apalagi untuk mobil yang memang digunakan sehari-hari untuk perjalanan jauh.

Bagi yang belum tahu, Valve body ini merupakan sebuah komponen yang terdapat di dalam Gearbox mobil yang berguna untuk membantu perpindahan gigi dengan memanfaatkan tekanan oli yang ada di dalam Gearbox pada sebuah mobil.

Begitu pula halnya pada Unit Honda Jazz ini yang juga menggunakan Body Valve ini, namun Body Valve pada unit honda Jazz ini sangat mudah untuk kotor. Yang mana hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dari Honda Jazz ini.

Adapun untuk gejala yang akan timbul untuk masalah Body Valve ini diantaranya adalah getaran mesin yang terlalu berlebihan yang bahkan akan sangat terasa pada saat suhu mesin dari Honda Jazz ini dalam keadaan panas.

Bagi anda yang memiliki waktu luang dan sudah lama memiliki mobil, tentu masalah yang satu ini bisa ditangani dengan sangat mudah karena anda bisa membongkarnya sendiri tanpa perlu membawa ke bengkel.

Akan tetapi jika anda tidak memiliki waktu dan keterampilan dalam hal perbaikan mobil, anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 800.000 hingga 1,2 juta rupiah untuk membereskan masalah yang satu ini. 

Untuk anda yang suka berpergian jauh dengan menggunakan Honda Jazz, maka sangat disarankan untuk lebih sering membersihkan bagian dari Valve body ini agar mobil tersebut nyaman untuk dikendarai dan nyaman juga untuk di tumpangi, karena bagian yang satu ini merupakan bagian yang paling rentan bermasalah jika tidak dirawat dengan baik.

Getaran Mesin Berlebihan
4 Penyakit Pada Honda Jazz

Permasalahan terakhir pada Honda Jazz yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah Getaran mesin yang terjadi secara berlebihan, jika pada poin diatas kita sudah pernah menyebutkan permasalahan yang satu ini yang disebabkan oleh Sitem Transmisi CVT dan juga Body Valvenya, maka Getaran Mesin yang akan kita bahas kali ini adalah getaran mesin yang disebabkan oleh Kotornya beberapa sensor yang terdapat pada Throtle Body Plus.

Seperti yang kita tahu kalau salah satu faktor yang membuat sebuah mobil nyaman baik untuk dikendarai maupun ditumpangi ada pada bagian mesinnya. Semakin halus getaran mesin pada sebuah mobil maka akan semakin nyaman pula mobil tersebut untuk digunakan.

Sebaliknya, mobil dengan getaran mesin yang berlebihan tentu akan membuat para pengendara maupun penumpangnya merasa sangat tidak nyaman, dan Honda Jazz ini punya karakter getaran mesinnya yang halus, namun dalam kebanyakan kasus juga Getaran mesin dari Honda Jazz ini seringkali menjadi keluhan dari kebanyakan user nya.

Hal tersebut disebabkan oleh kotornya sensor yang terdapat pada bagian dalam Throtle Body Plus nya baik itu karena debu maupun karena kotoran. Untuk permasalahan yang satu ini bisa diatasi dengan membersihkan bagian sensor pada Throtle Body Plus nya dan Setting ulang ECU Matic Honda Jazz anda.

Biasanya getaran mesin berlebihan pada putaran mesin 1.300 hingga 1.500 yang kadang-kadang bisa membuat Honda Jazz anda tersendat akan hilang. 

Nah, itu dia 4 Penyakit yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna Honda Jazz di indonesia yang bisa admin Share pada Postingan kali ini, Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda baik anda yang sudah memiliki Honda Jazz ataupun untuk anda yang ingin membeli Honda Jazz untuk anda gunakan sehari-hari. Semoga Bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa pada Postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Penyakit Pada Honda Jazz"