Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

AttailahPetir – Semakin hari perkembangan di bidang teknologi terjadi begitu cepat, dan hal terserbu akan berdampak positif untuk kebanyakan masyarakat. Karena seperti yang kita tahu kalau hampir semua pekerjaan yang dikerjakan oleh setiap orang untuk sekarang ini pasti punya hubungan yang lumayan erat dengan yang namanya teknologi tanpa terkecuali.

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

Salah satu bidang yang masuk kedalam kategori teknologi yang berkembang dengan begitu cepat adalah bidang teknologi komputerisasi layaknya laptop. Laptop seakan sudah menjadi barang wajib yang digunakan oleh setiap orang sebagai sabuah alat bantu kerja yang akan memudahkan setiap orang dalam mengerjakan hampir semua pekerjaan mereka sehari-hari.

Laptop itu sendiri pun punya spesifikasi nya masing-masing yang membuatnya cocok untuk mengerjakan beberapa tugas yang diberikan. Tdiak sedikit dari anda yang sudah tahu akan salah satu tugas yang mampu dikerjakan oleh laptop, yang mana tugas tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah untuk kebutuhan Editing.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang berhubungan dengan Editing baik itu Teks, Foto hingga Video, dan pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Laptop yang cocok digunakan untuk kebutuhan Video Editing.

Sebenarnya untuk kebutuhan kerja, PC Dekstop dengan performa yang tinggi sangat disarankan, tapi karena mengingat PC itu sendiri yang tidak bisa untuk diajak kelapangan dan masih banyak orang yang bekerja dengan mobilitas mereka yang tinggi. Maka dari itu admin berinisiatif untuk membuat postingan ini. 

Penasaran laptop-laptop mana saja? Langsung saja mari kita simak di bawah ini.

Asus ROG Zephyrus S GX701

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

Seperti yang kita tahu kalau asus sudah sangat lama berkecimpung di dunia komputerisasi yang membuat mereka sudah mengeluarkan berbagai macam perangkat komputer baik itu Motherboard, VGA, Komputer Hingga laptop pun sudah sangat dikenal oleh hampir berbagai kalangan masyarakat indonesia.

 Salah satu laptop buatan Asus Yang masih cocok untuk anda gunakan untuk kebutuhan video editing adalah Asus ROG Zephyrus S GX701. Dimana laptop besutan asus yang satu ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang memadai untuk digunakan mengedit video.

Berbekalkan Prosessor Intel Core i7-8750H yang ditemani RAM sebesar 8GB DDR4 Dual-channel membuat Asus ROG Zephyrus ini bisa diajak untuk editing video engan serius, seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau laptop yang satu ini punya Slot RAM Dual-channel maka penggunanya masih bisa Mengupgrade RAM Tersebut hingga mentoknya di 32GB yang admin rasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan Video editing untuk sekarang ini.

Dikarenakan laptop yang satu ini akan digunakan untuk kebutuhan pekerjaan berat, asus juga membekali Asus ROG Zephyrus S GX701 ini dengan GPU Nvidia Geforce RTX 2080 Max-Q dengan V-RAM nya sebesar 8GB GDDR6 yang tentunya akan sangat membantu nantinya pada saat Rendering video dilakukan.

Layaknya kebanyakan laptop lain yang beredar di pasaran saat ini, Asus ROG Zephyrus S GX701 ini juga sudah menggunakan SSD NvME M.2 dengan kapasitas 1TB yang admin rasa sudah sangat mencukupi untuk digunakan.

Beralih ke bagian layar, pengguna juga akan disuguhkan dengan layar yang lumayan lega untuk ukuran dari sebuah laptop. Dengan ukuran 17,3 inch dan resolusi 144 Hz tentu sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan Editing Video setiap orang untuk sekarang ini.

Harga yang harus dibayar untuk bisa membawa 1 unit Asus ROG Zephyrus S GX701 ini dimulai dari angka Rp 31,7 juta untuk yang SKU paling rendah nya dan Rp 60,1 juta untuk yang SKU paling tingginya. Perbedaan yang ditawarkan untuk kedua SKU tersebut juga lumayan terasa baik dari segi CPU, GPU, Storage maupun RAM yang ditawarkan nantinya.

Harga tersebut merupakan harga yang admin pantau pada saat pembuatan postingan ini, bagi anda yang ingin membeli harap Update terlebih dulu harga terbarunya di e-commers kesayangan anda, karena seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini harga spare part komputer sedang meroket parah-parahnya.

TABEL SPECS Asus ROG Zephyrus S GX701

Prosessor

Intel Core i7-8750H

RAM

32 GB Dual-Channel

VGA

Nvidia GeForce RTX 2080 Max-Q

Storage

SSD NVMe M.2 1TB

Ukuran layar

17,3 Inch Full HD ( IPS )

Harga

Rp 31.700.000 Hingga Rp 60.100.000

 Apple Macbook Pro 2020

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

Selain dari Brand Asus ternyata masih ada laptop yang bisa diajak untuk kebutuhan Editing berat, lebih tepatnya untuk kebutuhan Video Editing, Laptop tersebut berasal dari Brand Apple yang bagi orang awam laptop tersebut sangat jarang mereka dengar.

Walaupun Macbook buatan Apple ini Hype nya kurang dibandingkan dengan laptop-laptop dari brand lain. Tapi performa yang ditawarkan pada sebuah Macbook benar-benar ganas, bahkan untuk lini iMac mereka punya performa yang tidak bisa diremehkan sama sekali.

Selain memproduksi Laptop Apple juga memproduksi beberapa perangkat lain seperti Smartphone ( iPhone ), Tablet ( iPad ), PC atau Personal Computer ( iMac ), Headset ( iPods ) dan juga TV Box yang disebut Apple dengan istilah Apple TV.

Untuk laptop buatan Apple yang bisa digunakan untuk kebutuhan Video Editing adalah serti Macbook Pro 2020. Pada dasarnya untuk sekarang ini sudah ada Macbook Pro yang menggunakan Prosessor M1 buatan Apple sendiri bukan Prosessor intel seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Karena kali ini kita akan membahas Macbook Pro 2020 yang menggunakan prosessor Intel Core i5 Generasi ke 8 Quad-Core 1,4 GHz yang Speed nya mencapai 3,9 GHz pada saat dibutuhkan. Sedangkan untuk RAM nya sendiri Macbook ini pun tersedia dalam 2 pilihan RAM yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Tapi walaupun RAM tersebut hanya ada dalam 2 pilihan saja, tapi pengguna sudah bisa memilih apakah mereka Butuh Macbook Pro dengan RAM 8GB LPDDR3 atau Macbook yang menggunakan RAM dengan kapasitas 16GB LPDDR4X yang tentunya performa yang diberikan lebih kencang.

Memang RAM yang ada pada setiap perangkat Apple tidak akan sebesar dengan RAM yang digunakan pada perangkat-perangkat buatan brand lain layaknya Acer, Asus, Lenovo dan kawan-kawan. Tapi jangan salah, walaupun RAM yang terdapat pada Macbook ini tidak sebesar dengan RAM yang digunakan pada Asus ROG Zephyrus S GX701, tapi performa yang diberikan hampir-hampir mirip.

Karena seperti yang kita tahu kalau perangkat-perangkat buatan Apple punya sistem Operasi yang mereka sebut dengan Mac OS yang mampu memanaje RAM dengan dengan sangat baik. Untuk storagenya sendiri juga sudah lumayan besar dan terdiri dari 256 dan 512 GB yang tentunya juga sudah menggunakan perangkat SSD yang punya Speed Read dan Write hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan HDD.

Tapi, bagi anda yang memang benar-benar membutuhkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar dari yang sudah admin sebutkan tadi, anda masih bisa memilih kapasitas RAM yang sesuai dengan yang anda butuhkan pada saat membeli Unit Macbook ini di iBox nya Apple.

Tentu karena Kapasitas RAM nya yang lebih besar, biaya yang harus dibayar juga akan lebih besar lagi dari yang seharusnya.

Selain itu, Macbook Pro 2020 ini juga hanya menggunakan VGA Intel yang tidak lain adalah Intel Iris Plush 645 yang mampu menampilkan gambar dengan sangat baik, apalagi jika anda memilih varian Macbook yang sudah menggunakan Retina Display yang pasti akan sangat memanjakan mata anda dan betah untuk berlama-lama di depan Macbook Pro 2020 ini.

Harga yang harus dibayar untuk membawa pulang 1 unit Macbook Pro 2020 ini pada saat pembuatan postingan ini dimulai dari angka Rp 19,9 Juta untuk yang SKU Paling Rendahnya dan Rp 43,8 Juta untuk Unit yang menggunakan SKU Tertingginya ( Harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun, selalu pantau harga terbarunya di e-commerce kesayangan anda masing-masing ).

TABEL SPECS Macbook Pro 2020

Prosessor

Intel Core i5 Gen 8

RAM

8GB LPDDR3

16GB LPDDR4X

VGA

Intel Iris Plush 645

Storage

SSD 256 GB

SSD 512 GB

Ukuran layar

13,3 Inch 2K ( Retina Display )

Harga

Rp 19.900.000 Hingga Rp 43.800.000

 Asus Zenbook Pro Duo

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

Kembali lagi ke Brand Asus, pada posisi ketiga Laptop yang paling admin rekomended untuk anda yang memiliki kebutuhan Editing Video menggunakan perangkat portabel layak nya laptop adalah Asus Zenbook Pro Duo.

Pada dasarnya Asus Zenbook Pro Duo ini juga memiliki beberapa SKU yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna, namun yang paling umum digunakan dengan harga yang paling terjangkaunya adalah yang menggunakan Prosessor Intel Core i7-9750H yang ditemani RAM sebesar 32GB DDR4 yang sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan editing video untuk saat ini.

Kebanyakan resolusi video yang di edit oleh para konten kreator untuk saat ini hanya pada resolusi Full HD saja ( 1080p ) yang pada dasarnya RAM dengan kapasitas 16GB saja sebenarnya sudah cukup meRender video tersebut, tapi untuk anda yang membutuhkan Laptop Editing Video dengan resolusi 4K maka seharusnya RAM dengan kapasitas 32GB sudah anda miliki.

Karena seperti yang kita tahu kalau untuk merender video terutama untuk anda yang suka menggunakan aplikasi Adobe Primier Pro apalagi untuk yang versi terbarunya, RAM yang akan digunakan nantinya bisa dibilang sangat Aus yang membuat laptop tersebut akan bekerja dengan sangat-sangat maksimal.

Prosessor yang kencang tersebut juga sudah memiliki Clock Speed yang kencang yakni 2,6GHz yang masih bisa di boost secara otomatis hingga 4,5GHz pada saat CPU membutuhkan Performa yang lebih untuk bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Dari sisi penyimpanan pengguna juga ditawarkan Storage yang sangat lega untuk menampung berbagai macam file video dengan ukuran yang besar tentunya. Maka dari itu, Asus juga membekali Asus Zenbook Pro Duo ini dengan SSD 1TB.

Jika Macbook Pro 2020 tadi hanya mengandalkan VGA Intel Iris Plush 645 sebagai kartu grafis mereka, maka pada unit Asus Zenbook Pro Duo ini pengguna akan menemukan sesuatu yang lebih, karena memang, Asus Zenbook Pro duo ini sudah menggunakan VGA Nvidia GeForce RTX 2060 yang akan sangat membantu jika anda menggunakan Adobe Premier Pro sebagai aplikasi Video editing anda masing masing berkat adanya fitur Coda Core nya.

Tidak hanya itu, layar dari Asus Zenbook Pro Duo ini juga sudah ada yang 4K, jadi proses playback videonya pada saat editing juga seharusnya juga bisa menjadi lebih lancar. Bagi anda yang merasa kalau layar utamanya masih kurang, masih ada layar kedua di bagian bawah layar utamanya yang disebut Asus dengan nama Screen Pad Plus.

Layar tersebut bisa digunakan untuk menampilkan sejumlah informasi dan bisa digunakan untuk menampilkan berbagai macam tools pada saat proses editing video nantinya. Selain itu, Screen Pad Plush ini juga sudah mendukung Touch Screen yang membuat penggunaan nya menjadi lebih gampang lagi.

Dari sisi harga, Asus Zenbook Pro Duo ini dijual pada angka Rp 43 Juta untuk varian paling rendahnya dan Rp 56 Juta untuk yang varian tertingginya ( Harga tersebut merupakan harga yang admin update pada saat pembuatan video ini dan harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun ), selalu pantau harga terbarunya di e-commerce kesayangan anda.

TABEL SPECS Asus Zenbook Pro Duo

Prosessor

Intel Core i7-9750H

RAM

16 GB

VGA

Nvidia GeForce RTX 2060

Storage

SSD 1 TB

Ukuran layar

15,6 Inch, 4K ( OLED )

Harga

Rp 43.000.000 Hingga Rp 56.000.000

 Asus ROG Zephyrus Duo 15

4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021

Jika Zenbook Pro Duo masih kurang untuk anda dalam hal Editing Video, maka anda masih bisa melirik kakaknya yakni Asus ROG Zephyrus Duo 15 yang menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Asus Zenbook Pro Duo yang sudah kita bahas diatas tadi.

Kalau diperhatikan lebih detail lagi, 15 yang tersematkan pada bagian ujung dari nama Laptop ini menunjukkan ukuran layar dari Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini, karena memang ukuran layar dari laptop yang satu ini yang sudah tergolong lega dan sangat mendukung penggunanya dalam menjalankan aplikasi-aplikasi berat untuk editing video layaknya Adobe Premier Pro.

Layarnya yang berukuran 15 inch membuatnya masih terasa nyaman untuk digunakan mengedit video. Dikarenakan Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini juga memiliki nama Duo yang bisa diartikan sebagai 2 buah layar layaknya Asus Zenbook Pro Duo yang sudah kita bahas diatas tadi, maka Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini juga sudah dibekali dengan 2 buah layar yakni layar utama dan juga layar Screen Pad Plus yang keduanya sudah sama-sama punya resolusi 4K.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau layar kedua ( Screen Pad Plus ) ini sangat membantu pengguna pada saat proses Editing Video, yang mana layar utamanya bisa digunakan untuk Priview Footage dan Screen Pad Plus nya ini bisa digunakan untuk menampilkan Siquence yang akan diedit nantinya, apalagi Layar dari Screen Pad Plus nya ini sudah mendukung Touch Screen yang membuatnya bisa digunakan dengan sangat-sangat gampang.

Dari sektor dapur pacunya, Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini juga dalam beberapa SKU yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atau budget yang dimiliki, namun yang standar nya adalah yang menggunakan prosessor Intel Core i7-9750H dan ditemani RAM sebesar 32GB Dual Channel.

Jika performa tersebut pun masih kurang, anda masih bisa memilih yang varian i9 yang lebih power full lagi dan tentunya juga harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang varian  i7 ini. Untuk Storage nya sendiri pun sudah sangat mencukupi karena sudah dibekali dengan Storage SSD NVMe M.2 dengan kapasitas 1TB yang mampu menampung berbagai mancam file video yang anda miliki.

Dan dari sisi VGA, Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini juga sudah dibekali dengan VGA Nvidia GeForce RTX 2080 Super yang sudah punya VRAM 8GB GDDR6 yang akan sangat membantu pada saat proses Rendering Video nantinya.

Dengan segenap keunggulan yang ditawarkan Asus pada unit Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini, maka tidak akan wajar jika harga yang harus dibayar untuk membawa pulang 1 unit Asus ROG Zephyrus Duo 15 sebesar Rp 60 Jutaan untuk yang SKU paling Rendahnya dan varian tertinginya yang harganya Rp 98 juta ( Rp 2 Juta kurang dari Rp 100 Juta ).

TABEL SPECS Asus ROG Zephyrus Duo 15

Prosessor

Intel Core i7-9750H

RAM

32 GB Dual-chanel

VGA

Nvidia GeForce RTX 2080 Super

Storage

SSD NVMe M.2 1 TB

Ukuran layar

15,6 Inch, 4K ( OLED )

Harga

Rp 60.000.000 Hingga Rp 98.000.000

 Nah, dari ke empat Rekomendasi Laptop yang sudah admin sebutkan diatas? Kira-kira yang mana yang paling mantap untuk anda gunakan jika seandainya suatu saat nanti anda mampu memboyong laptop ini?

Semoga informasi yang sudah admin share pada postingan kali ini bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin membeli sebuah laptop untuk kebutuhan video editing. Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Rekomendasi Laptop Editing Video 2021"