Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Berkendara Ketika Hujan

AttailahPetirPada saat kondisi sedang terjadi hujan otomatis membuat kondisi jalan yang dilalui oleh setiap orang menjadi basah  licin, yang mana hal tersebut tentu berlaku untuk berbagai medan baik itu aspal maupun medan yang dilalui nantinya berupa medan Off road yang pasti akan membuat setiap orang yang menggunakan kendaraan kesulitan untuk mengendari kendaraan yang mereka miliki masing-masing.

4 Tips Berkendara Ketika Hujan

Pada dasarnya berkendara dalam kondisi hujan sangat-sangat tidak dianjurkan, tapi dalam beberapa keadaan berkendara pada saat sedang terjadi hujan tidak akan bisa di hindari. Maka dari itu, pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk memberikan 4 Tips berkendara ketika hujan yang admin tahu.

Penasaran Tips-tips nya apa-apa saja? Langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Kondisikan Kecepatan
4 Tips Berkendara Ketika Hujan

Pada saat kondisi sedang hujan, jalanan yang dilalui oleh setiap orang pastinya dalam keadaan basah, yang mana hal tersebut akan membuat kendaraan yang melalui jalanan yang basah tersebut kewalahan ( licin ).

Tidak sedikit dari kita yang menyadari hal yang satu ini, tapi tidak sedikit juga dari kita yang menganggap remeh bahkan menyepelekan poin yang satu ini. Yang mana hal tersebut akan membahayakan diri kita pribadi dan juga para pengguna jalan lainnya.

Banyak orang yang malah menambah kecepatan kendaraan yang sedang mereka kemudikan ketika hujan dengan tujuan agar mereka bisa melewati daerah yang sedang hujan tersebut dengan cepat. Namun tidak banyak yang menyadari kalau hal yang satu ini akan sangat-sangat berbahaya karena selain kondisi jalanan yang licin, visibiltas ke arah depan kendaraan juga sangat-sangat berkurang.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menkondisikan kecepatan kendaran yang dimiliki, guna menjaga jarak aman antara kendaraan yang kita miliki dengan kendaraan-kendaraan lainnya yang ada di jalan. Memang anda akan sangat dikejar waktu karena kalau biasanya anda bisa mengendarai kendaraan dengan kecepatan 80 kmpj tapi pada saat kondisi sedang hujan anda hanya bisa berkendaran dengan kecepatan dibawah 50 kmpj.

Tapi walau bagaimana pun tetap saja faktor safety merupakan faktor yang terpenting yang harus anda ingat baik-baik.

Pastikan Kondisi Kendaraan Dalam Keadaan Baik
4 Tips Berkendara Ketika Hujan

Selanjutnya Tips Berkendara Ketika Hujan yang mungkin bisa membantu anda adalah anda harus memastikan kendaraan yang anda miliki dalam kondisi yang baik, baik itu kendaraan roda 2 maupun kendaraan yang akan anda kendarai tersebut merupakan kendaraan roda 4.

Hal ini bertujuan agar anda tidak kerepotan mendorong kendaraan yang anda miliki pada saat sedang terjadi hujan. Karena akan sangat melelahkan jadinya jika kendaraan yang anda miliki mogok di sewaktu berjalan pada saat kondisi sedang hujan, tidak hanya ketika sedang turun hujan, pada saat kondisi sedang normal saja kendaraan mogok bisa membuat emosi seseorang meningkat apalagi pada saat kondisi sedang terjadi hujan.

Jika kendaraan tersebut mogoknya saat sedang berada di jalan umum mungkin masih tidak terlalu berbahaya layaknya kendaraan yang mogok secara tiba-tiba saat berada di jalan tol dan kendaraan yang dijalankan tersebut masih dalam kecepatan tinggi. Yang mana hal tersebut akan sangat-sangat berbahaya, tidak hanya bagi pengendara itu sendiri tapi juga bagi pengendara-pengendara lainnya.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memeriksa kendaraan yang dimiliki tersebut terlebih dahulu sebelum berangka. Pastikan performa dan kondisi kendaraan yang akan anda kendarai tersebut dalam kondisi yang baik guna menjaga diri dan orang-orang yang anda boncengi lebih aman, lebih-lebih ketika sedang dalam kondisi hujan.

Pastikan Kondisi Lampu Dalam Keadaan Yang Baik
4 Tips Berkendara Ketika Hujan

Selain dari kedua poin yang sudah admin sebutkan diatas tadi, poin yang satu ini juga tidak kalah penting mengingat lampu merupakan Faktor utama keselamatan setiap kendaran yang berjalan baik pada siang lebih-lebih lagi pada malam hari.

Pada malam hari bahkan kendaraan tidak akan memungkinkan untuk dijalankan jika kondisi dari kendaraan tersebut tidak memiliki lampu. Selain itu, pada saat sedang terjadi hujan lampu ini juga punya peranan yang sangat penting bahkan menjadi salah satu fitur penyelamatan bagi setiap pengendara yang ada di jalanan.

Karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, kalau kondisi jalan pada saat sedang terjadi hujan biasanya sangat licin dan membuat kendaraan yang dikendarai oleh seseorang tergelincir. Tidak hanya itu visibilitas ke bagian depan kendaraan juga akan sangat-sangat terbatas karena tertutup tebalnya hujan yang turun.

Maka satu-satunya fitur yang bisa digunakan pada saat kondisi seperti itu adalah dengan menyalakan lampu pada kendaraan yang dimiliki. Setidaknya anda sudah memiliki feeling kalau ada cahaya di bagian depan anda sudah harus berhati-hati untuk mengontrol kendaraan yang anda miliki tersebut, karena cahaya yang dihasilkan dari kendaraan terutama dari arah yang berlawanan tersebut punya jangkauan yang lebih jauh dibandingkan visibilitas pemandangan manusia ketika sedang dalam kondisi hujan.

Untuk mereka yang sering berkendara di Tol dengan kecepatan tinggi, lampu merupakan perangkat yang wajib untuk mereka nyalakan. Karena dengan kondisi kendaraan yang berjalan pada kecepatan tinggi, jarak panda kedepan juga harus sangat-sangat terjaga dan harus benar-benar fokus. Karena sedikit saja kendaraan luput dari kontrol si pengemudi, kendaraan tersebut bisa saja menabrak kendaraan lain maupun properti lain yang terdapat pada Tol yang dilalui.

Apalagi ketika sedang terjadi hujan namun kendaraan yang dilajukan di Tol dengan kecepatan tinggi yang membuat pengemudi kewalahan mengontrol kendaraan tersebut. Maka dari itu, salah satu penyelamat yang anda miliki adalah dengan menyalakan lampu agar pengendara yang berjalan dari arah yang berlawanan atau pengendara yang berada dibagian belakang kendaraan anda tahu kalau di depan mereka masih ada kendaraan yang sedang berjalan.

Menjaga Jarak Aman Antar Kendaraan
4 Tips Berkendara Ketika Hujan

Terakhir Tips Berkendara Ketika Hujan yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah menjaga jarak aman antar kendaraan. Sebenarnya poin yang satu ini sudah pernah admin singgung di beberapa poin diatas tadi, tapi poin yang satu ini pula yang palin sering dilanggar dan di abaikan oleh kebanyaka pengendara dijalanan indonesia.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya kendaraan yang mengalami kecelakaan pada saat mereka sedang berkendara dijalanan. Tidak hanya pada kondisi hujan, akan tetapi juga pada kondisi-kondisi normal.

Hal tetrsebut dikarenakan jarak antar kendaraan yang di kemudikan oleh setiap driver yang terlalu berdempetan. Sebenarnya jarak aman antar kendaraan yang berjalan baik di bagian depan maupun di bagian belakang adalah sejauh 10 meter pada saat berkendara dengan kecepatan rendah dan 50 meter pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi.

Hal tersebut bertujuan agar pengendara tidak terlalu terkejut dan shock pada saat kendaraan yang berada di bagian depan kendaraan mereka berhenti secara mendadak. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga jarak antar kendaraan agar bisa berkendara dengan lebih aman ketika sedang terjadi hujan.

Nah, itulah 4 Tips Berkendara Ketika Hujan yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjuntya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Tips Berkendara Ketika Hujan"