Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

AttailahPetir Berbicara tentang komputer maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak membahas salah satu bagian yang penting untuk setiap pengguna komputer untuk sekarang ini. Bagian tersebut tidak lain adalah perangkat GPU (Grphic Processing Unit).

4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

Dipasaran indonesia saat ini GPU yang paling banyak digunakan dan dikenal oleh kebanyakan pengguna PC dekstop ataupun laptop adalah VGA Nvidia. Walaupun memang AMD Radeon juga merupakan saingan terberatnya Nvidia, tapi sayangnya unitnya hingga sekarang masih di anggap Ghoib.

VGA Nvidia itu sendiri untuk saat ini yang paling banyak digunakan baik oleh para Desainer, Creator maupun Gamer adalah VGA Nvidia dari seri GTX dan juga dari Seri RTX. Walaupun berasal dari brand yang sama tapi pada beberapa bagian Nvidia dari seri RTX masih lebih unggul dibandingkan dengan Seri GTX.

Walaupun memang untuk bagian-bagian tertentu layaknya kompatibility serti GTX juga bisa dibilang masih jauh lebih unggul karena kompotibel dengan berbagai macam Game maupun aplikasi untuk saat ini.

Akan tetapi untuk saat ini dan kedepannya nanti Nvidia dari seri RTX mungkin akan jauh lebih unggul, hal tersebut dikarenakan serti tersebut merupakan VGA yang lebih muda dibandingkan degan seri GTX. Sebenarnya ada banyak sekali keunggulan VGA Nvidia dari Seri RTX yang bisa didapatkan oleh setiap pengguna hingga sekarang ini, namun 4 keunggulan VGA Nvidia dari Seri RTX ini akan coba kita ulas pada postingan ini.

Bagi anda yang penasaran keunggulannya apa-apa saja. Langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Teknologi Arsitektur GPU
4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

Dikarenakan VGA Nvidia Seri RTX ini merupakan VGA dengan kategori lebih muda dari Seri GTX maka akan sangat wajar jika Teknologi Arsitektur yang digunakan pada VGA tersebut yang juga lebih baru dibandingkan dengan teknologi arsitektur pada Nvidia Seri GTX.

Nvidia Seri RTX sudah menggunakan Teknologi Arsitektur Turing punya, dimana teknologi arsitektur tersebut merupakan teknologi GPU tercanggih yang ada saat ini. Selain itu, teknologi yang satu ini juga akan sangat cocok untuk digunakan oleh mereka baik desainer, conten creator maupun para gamer sekalipun.

Hal tersebut admin utarakan karena visual yang disajikan oleh VGA Nvidia Seri RTX yang memang benar-benar sangat memanjakan mata setiap penggunanya.

Selain itu Nvidia juga membenamkan teknologi AI dan juga pelacakan sinar yang bertujuan untuk membuat efek gradasi bayangan menjadi lebih nyata pada saat menjalankan game maupun aplikasi-aplikasi tertentu yang sudah mendukung.

Tapi walaupun teknologi Arsitektur tersebut tidak terdapat pada VGA Nvidia seri GTX, Seri GTX punya keunggulan tersendiri di bidang lain seperti yang sudah pernah admin siggung diatas tadi, yaitu dari sektor kompatibilitas, dimana Seri GTX sudah kompatibel dengan semua aplikasi yang ada saat ini, sedangkan Nvidia Seri RTX masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan.

Graphics Quality
4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak mengakui akan kualitas yang dihasilkan oleh VGA Nvidia baik untuk Seri GTX maupun untuk seri RTX. Namun, jika diharuskan untuk meilih salah satu dengan kualitas yang paling baik tentu admin akan memilih VGA Nvidia dari seri RTX.

Dalam hal ini bukan karena alasannya kartu grafis tersebut merupakan kartu grafis terbaru yang diperkenalkan Nvidia akhir-akhir ini, akan tetapi karena kualitas yang mampu diberikan oleh VGA Nvidia dari Seri RTX tersebut yang jauh lebih baik dibandingkan dengan VGA Nvidia dari seri GTX.

Calon pengguna akan mendapatkan ketajaman gambar yang lebih baik pada saat menggunakan VGA Card Nvidia dari seri RTX, tampilan visual yang dihasilkan yang akan terasa lebih nyata, hingga bentuk dari gambar yang ditampilkan di layar monitor yang lebih sempurna yang mana ketiga hal tersebut belum mampu diberikan oleh VGA Nvidia dari Seri GTX.

Tidak hanya itu, pantulan objek yang ada di layar juga bisa menjadi lebih nyata berkat Ray Tracing yang terdapat Pada GPU Nvida seri RTX ini. Yang perlu menjadi catatan anda jika ingin membeli VGA Card buatan nvidia ini adalah Ray Tracing tersebut dulunya hanya digunakan pada industri film animasi saja, akan tetapi untuk sekarang ini Nvidia sudah mampu mengembangkan teknologi tersebut dan mereka berhasil mendominasi market GPU dunia hingga saat ini.

Performa
4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

Point yang satu ini mungkin tidak akan diragukan lagi baik anda yang sudah sangat tahu dengan GPU atau mereka yang baru terjun di dunia komputer. Setiap orang yang hendak merekit sebuah komputer jika mereka ditanya ingin menggunakan GPU apa pasti jawabannya adalah Nvidia RTX (Tergantung budget juga pastinya).

Namun saat mereka dimintai alasan mengapa memilih GPU tersersebut jawabannya sederhana, karena VGA Card Nvidia terutama dari seri RTX tersebut punya performa yang kencang yang bisa didajak untuk menjalankan berbagai macam aplikasi berat, proses rendering berat, hingga gaming berat dengan lancar jaya tanpa ada masalah sedikitpun.

Tentu hal tersebu juga dibarengi dengan penggunaan prosessor yang juga harusnya memadai dan RAM yang diberikan pada CPU yang sedang mereka bangun tersebut juga mendukung. Selain RAM utama pada unit komputer sebenarnya GPU tersebut juga punya RAM tersendiri untuk membantu RAM utama yang bekerja pada Motherboardnya.

Begitu pula halnya dengan Prosessor dimana pada VGA Card juga masih terdapat Prosessor yang digunakan untuk membantu memproses tampilan yang diteruskan dari motherboard ke monitor. Tapi sekali lagi tampilan yang dihasilkan oleh GPU Nvidia seri RTX tersebut tidak akan maksimal jika perangkat pendukung seperti kabel VGA dan Monitornya tidak mendukung.

Tapi secara keseluruhan VGA Nvidia dari seri RTX ini punya performa yang sangat-sangat kencang dan sangat-sangat bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan saat ini. Apalagi untuk RTX seri terbarunya saat ini yang sudah memiliki RAM GPU hingga 10GB, tentu hal ini akan sangat membantu untuk memaksimalkan performa GPU.

Fitur
4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX

Alasan terakhir kenapa GPU seri RTX lebih unggul dari seri GTX adalah ditur yang ditawarkan yang pastinya lebih lengkap. Tapi, hadirnya 2 fitur utama yakni RT Core dan Tenson Core pada GPU seri RTX membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan dengan seri GTX.

Adapun fungsi utama dari RT Core itu sendiri adalah untuk mempercepat, melacak cahaya, menampilkan bayangan iluminasi dan juga refleksi cahaya yang lebih akurat. Sedangkan Tenson Core juga sangat berguna untuk menghadirkan teknologi AI tambahan Ray Tracing yang membuat performa pada saat menjalankan beberapa aplikasi dan juga game berat menjadi lebih baik.

Hal tersebut tentu belum mapu dikerjakan oleh GPU Seri GTX. Walaupun memang jika dilihat dari segi tujuan, penggunaan GPU Add On dengan berbagai macam teknologi canggih tersebut sama-sama bertujuan untuk mendongkrak dan menghasilkan outputan gambar yang baik sesuai dengan harapan dari para pengguna PC itu sendiri.

Nah itulah 4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Ungul Dari Seri GTX yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Alasan GPU Seri RTX Lebih Unggul Dari Seri GTX"