4 Negara Islam Terkaya di Dunia

Attailah Petir Negara yang maju adalah negara yang memiliki sistem perekonomian yang baik, dikarenakan faktor yang paling utama untuk kemajuan sebuah negara berasal dari faktor ekonomi, biasanya jika perekenomian sebuah negara baik, maka rakyat akan sejahtera, dan jika perekonomian jelek maka biasanya sebuah negara akan kacau.

Tidak sedikit negara-negara yang berlomba-lomba untuk berkompetisi menambah peghasilan bagi negaranya masing-masing dengan tujuan untuk memakmurkan rakyatnya dan memajukan negaranya.

Tidak banyak yang tahu bahwa beberapa negara yang mayoritas penduduknya muslim menjadi negara terkaya di dunia versi bank dunia, kebanyakan orang mengira bahwa negara terkaya di dunia hanya beberapa negara saja seperti Amerika, Rusia, Italia dan beberapa negara lainnya.

Baca Juga
Namun berikut ini merupakan 4 Negara Islam Terkaya di Dunia.

Qatar
Qatar adalah sebuah negara Emirat di timur tengah yang berada di seenanjung kecil di Jazirah Arab, Negara Qatar ini berbatasan langsung dengan teluk persia dari negara bahrain, Bahasa resmi qatara adalah bahasa Arab dan Ibu Kota dari negara Qatar ini adalah Doha.

Qatar merdeka pada 1 September 1971 dan diakui pada 3 September 1971, negara islam yang satu ini memiliki populasi yang tidak sebanyak negara-negara lainnya, Populasi penduduk di qatar pada tahun 2017 lalu hanya sekitar 2,6 juta jiwa.

Tidak sepadat indonesia tapi penduduk Qatar hampir tidak ada yang miskin, banyak dari mereka yang kebutuhan hidupnya tercukupi. Kebanyakan dari penduduk Qatar ini beragama islam, pada awalnya negar qatar ini merupakan negara yang miskin, dimana penduduknya kebanyakan berprofesi sebagai peternak unta dan sebagai pencari kerang mutiara dan tidak sedikit juga yang bekerja sebagai nelayan untuk mencari ikan di laut.

Namun kehidupan di qatar berubah drastis sejak ditemukannya minyak dalam jumlah yang sangat besar di bawah tanah qatar, banyaknya persediaan minyak dan gas alam yang ada di qatar hingga bisa di supply ke amerika serikat yang membuat perekonomian negara ini berubah 180 derajat.

Qatar memiliki pendapatan perkapita sekitar $93.965 USD dengan pendapatan perkapitanya yang mencapai $210.002 Milliar USD dan menjadikan negara qatar ini sebagai salah satu negara islam terkaya di dunia.

United Emirates Arab
Jika berbicara tentang arab, mungkin yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah orang-orang islam yang menggunakan jubah putih dan menggunakan penutup kepala, namun dalam hal ini, United Emirates Arab merupakan sebuah negara federasi dari tujuh emirates yang kaya akan minyak bumi.

Memang benar bahwa negara ini merupakan negara islam yang kaya raya, dimana salah satu gedung pencakar langit yang paling mencolok dan dikenal oleh banyak orang di dunia yang tidak lain adalah Burj Khalifa sebagai gedung pencakar langit tertinggi di duniaberada di United Emirates Arab ini .

Baca Juga

United Emirates Arab ini merdeka pada 2 Desember 1971 dari britania raya dan bahasa nasional yang mereka gunakan sudah pasti bahasa Arab tentunya, luas wilayah United Emirates Arab ini mencapai 83.600Km persegi dengan populasinya yang mencapai 9,1 juta jiwa mampu membawa negara ini menjadi salah satu negara islam terkaya di dunia.

Pendapatan perkapita yang mampu dihasilkan oleh United Emirates Arab ini mencapai $44.770 USD dengan produk domestik bruto yang mencapai $440.181 Milliar USD dan mata uang yang digunakan adalah Dirham UEA, kekayaan alam terbesar di United Emirates Arab ini berasal dari Gas Alam dan Minyak bumi yang melimpah ruah.

Kuwait
Masih di timur tengah, Kwait juga masuk dalam kategori salah satu negara islam terkaya di dunia, Kuwait merupakan sebuah negara monarki yang kaya akan minyak bumi yang terletak di pesisir teluk persia di timur tengah.

Negara Kuwait berbatasan langsung dengan Arab saudi yang berada di sebelah selatannya dan irak di sebelah utaranya, pada 2014 lalu jumlah penduduk di Kuwait ini mencapai 4,2 Juta jiwa, dimana 1,3 Juta jiwa diantaranya merupakan warga negara asli kuwait, sedangkan 2,9 Juta jiwa lainnya merupakan pendatang yang tinggal di negara Kuwait ini.

Sistem pemerintahan di Kuwait ini adalah Monarki konstitusional, dan mata uang yang digunakan negara ini adalah Dinar Kuwait (KWD), sedangkan pendapatan perkapita yang mamu dihasilkan kuwait mencapai $43.103 USD pertahunnya dengan produk domestik brutonya yang mencapai $172.350 Milliar USD .

Brunei Darussalam
Negara islam terkayaa di dunia yang ke empat tidak lain adalah Brunei Darussalam, dimana negara ini meruapakan sebuah negara yang berdaulat di asia dan letaknya ada di bagian pantai utara pulau kalimantan.

Luas wilayah brunei darussalam ini hanya 5.765km persegi membuatnya menjadi salah satu negara islam terkaya di dunia, selain itu, wilayahnya  juga dipisahkan kedalam 2 bagian yakni Serawak, Malaysia dan Sabah. Dan berbeda dengan beberapa negara lainnya yang memiliki lagu kebangsaan, judul lagu kebangsaan Brunei Darussalam ini adalah Allah Peliharakan Sultan.

Sistem pemerintahan Negara Brunei Darussalam ini adalah sistem Kesatuan Islam Monarki Absolut dan negara ini merdeka dari protektorat britania raya pada 1 Januari 1984 dari protektat Britania raya dan Penduduk Jepang, mata uang yang digunakan adalah Dolar Brunei ( BND ).

Pendapatan perkapita Brunei Darussalam ini adalah sebesar $33,824 USD Per tahun dengan produk domestik bruto yang mencapai 14,695 milliar USD.

Baca Juga


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
August 12, 2019 at 10:16 AM delete

Terimakasih, artikelnya bagus,.
Kunjungi juga http://bit.ly/2JqdpQ5

Reply
avatar