4 Negara Tanpa Hutang di Dunia

Attailah PetirSebuah negara yang maju dinilai dari beberapa hal diamana salah satu nya berasal dari sektor ekonomi, banyak negara yang bermasalah di sektor ini, dan membuat negara tersebut harus berhutang pada bank dunia untuk membangun perekonomian negaranya.
Negara Tanpa Hutang Pada Bank Dunia
Negara Tanpa Hutang Pada Bank Dunia
Bank Dunia atau yang lebih dikenal dengan istilah World Bank merupakan sebuah lembanga keuangan internasional yang memberikan pinjaman untuk negara berkembang atau dengan kata lain pemberian modal. Bank Dunia ( World Bank ) ini sendiri di dirikan pada tanggal 27 Desember 1945 yang bermarkas di washington DC, Amerika Serikat.

Hampir seluruh negara yang ada di dunia memiliki hutang dalam jumlah yang sangat besar pada Bank Dunia ini, namun 4 Negara berikut ternyata tidak memiliki hutang sama sekali kepada Bank Dunia.

Wallis & Fatuna
Pada dasarnya Wallis dan Fatuna ini merupakan sebuah komunitas seberang laut di prancis lebih tepatnya di Samudra pasifik bagian selatannya, populasi negara ini bisa dikatakan sangat sedikit dikarenakan hanya 13.135 jiwa saja yang terhitung pada 2013 lalu.

Baca Juga

Wallis dan fatuna ini merupakan 2 buah pulau yang berbeda, dimana luas wilayahnya hanya sekitar 142,4 km2 dan sisanya adalah perairan. Mata uang yang digunakan negara ini adalah Franch CFP dan negara ini masuk kedalam kategori negara yang bebas hutang pada Bank Dunia atau yang lebih dikenal dengan istilah Zero Credits.

Sekitar 80% penghasilan Wallis dan Fatuna ini berasal dari sektor pertanian walaupun negara ini tidak maju seperti negara lain di dunia, namun Wallis dan Fatuna ini unggul dari segi hutang piutang pada Bank Dunia, disaat negara lain berlomba-lomba untuk menambah hutang pada Bank Dunia, justru Wallis dan Fatuna ini tidak terbeban dengan hutang-hutang tersebut dikarenakan memang mereka tidak memiliki hutang sama sekali.

Keunikan dari Wallis dan fatuna ini justru ada pada Sumber Daya Manusianya yang kurang, dikarenakan banyak anak muda dari Wallis dan Fatuna ini yang lebih memilih untuk bekerja di negara lain, sehingga negara ini kekurangan sumber daya manusia yang produktif.

Kepulauan Virginia Britania Raya
Kepulauan Virginia Britania Raya ini lebih dikenal dengan sebutan British Virgins Islands merupakan sebuah wilayah di kawasan karibia yang berada disebelah timur Jamaika, Kepulauan Virginia Virginia Britania raya ini menganut sistem pemerintahan Dependensi Parlementer.

Bahasa resmi negara ini tidak lain adalah bahasa Inggris, Kepulauan Virginia Britania Raya ini memiliki wilayah yang independen dengan 60 pulau kecil, selain itu British Virgins Islands ini juga mampu menarik pengusaha untuk membangun usaha di negara ini pada zaman dulu dimasa panama papers.

Baca Juga

Negara ini masuk kedalam salah satu negara tanpa Hutang pada Bank Dunia, tidak hanya sampai disitu, British Virgins Islands ini juga memiliki keunggulan lain yakni tidak adanya pajak untuk hidup di negara kecil yang satu ini, dan siapa pun yang ingin berkunjung ke negara ini bisa masuk dengan leluasa tanpa harus memikirkan Visa untuk bisa berlama-lama, dan hal tersebut tidak akan pernah bisa ditemukan di negara lain, Mungkin.

Liechtenstein
Negara ketiga yang tergolong kedalam salah satu negara tanpa hutang pada Bank Dunia tidak lain adalah Liechtenstein, negara ini adalah sebuah negara yang berbtasan langsung dengan Swiss dan juga Austria.

Populasi Liechtenstein ini adalah sebanyak 35.000 jiwa membuat negara yang satu ini mampu memakmurkan setiap penduduknya, dikarenakan negara ini tercatat sebagai sebuah negara dengan angkat pengangguran yang paling rendah di dunia yang bahkan hampir tidak ditemui pengangguran di negara ini.

Dikarenakan rendahnya angka pengangguran dan perekonomian liechtenstein ini sangat baik, maka tidak heran jika Liechtenstein ini juga masuk dalam salah satu negara dengan ekonomi terbaik didunia.

GDP perorangan negara ini mampu mencapai angka $ 95.000 dan selain masuk ke dalam salah satu negara dengan ekonomi terbaik didunia, Liechtenstei ini juga tidak menjadi anggota di Bank Dunia.

Niue
Niue merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di samudra pasifik bagian selatan dan Niue ini juga dikenal dengan nama Karang Polinesia, walaupun berbeda negara dengan tetangganya yakni selandia baru, namun Niue ini berasosia secara bebas dengan selandia baru dimana ini berarti pemimpin selandia baru juga bisa berstatus sebagai kepala negara Niue ini.

Kebanyakan hubungan diplomatik Niue diatur oleh negara induknya yakni selandia baru atau yang lebih dikenal dunia dengan nama New Zeland, letak Niue ini sendiri juga jauh dari pulau-pulau besar di dunia yakni 2.400km sebelah timur laut selandia baru.

Dulunya Niue pernah memiliki hutang pada Bank Dunia yang berhasil mereka lunasi hingga $ 4 Juta USD, dan setelah mereka melunasi hutang tersebut, perdana menterinya Toke Talagi mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak tertarik lagi untuk meminjam dana dari Bank Dunia walaupun bisa.

Baca Juga


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »