4 Daerah Penghasil Bijih Besi Terbesar di Indonesia

Attailah Petir - Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam, begitulah kata kebanyakan orang, salah satu kekayaan alam yang dimiliki indonesia tidak lain berupa bijih besi. Bijih besi itu sendiri di indonesia terdapat di beberapa wilayah yang berbeda-beda.
 Pertambangan Bijih Besi
Pertambangan Bijih Besi
Seperti yang kita tahu bersama bahwa kebutuhan akan besi untuk zaman sekarang ini sudah sangat tinggi, maka tidak hal tersebut juga menjadi sebuah keuntungan bagi negara kita ini, dikarenakan dengan adanya pertambangan bijih besi di negeri sendiri, kita tidak akan perlu lagi mengimport besi dari luar dengan harga yang lebih mahal.

Berikut merupakan 4 Daerah Penghasil Bijih Besi Terbesar di Indonesia yang berhasil admin rangkum.
Pulau Sumatera
Lautan Pulau Sumatera
Lautan Pulau Sumatera
Seperti yang diketahui kebanyakan orang, bahwa pulau sumatera merupakan salah satu pulau yang memiliki kandungan bijih besi dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal teresbut terbukti dari adanya cadangan bahan tambang bijih besi dalam jumlah yang luar biasa banyak.

Cadangan bijih besi yang tersedia di pulau sumatera diperkirakan mencapai 158 Juta Ton dengan diameter 62.800  M3 pada tahun 2007 lalu, daerah-daerah penghasil bijih besi tersebut diantaranya berada di tanah datar, pasaman, pasaman barat, solok, pada pariaman, sijunjung, agam, dan juga ketiangan pasaman.

Tidak hanya di beberapa daerah yang tersebut di atas, penambangan bijih besi juga di bagian lain pulau sumatera seperti di provinsi lampung atau lebih tepatnya di kabupaten tanggamus dan juga gunung tegak.

Pulau Jawa
Pulau Jawa
Pulau Jawa
Pulau jawa juga menyimpan berbagi kekayaan alam yang berlimpah ruah, dimana salah satunya adalah kandungan bijih besi nya dalam jumlah yang tidak sedikit, pasir dengan campuran bijih besi tertinggi bisa didapatkan di sepanjang pantai pulau jawa.

Bahkan di jawa barat saja masih bisa ditemukan sebuah penambangan pasir besi yang berlokasi di cipatujuh. Selain dilokasi tersebut, daerah lainnya yang memiliki kandungan bijih besi dalam jumlah yang tidak sedikit bisa dilihat di Tasikmalaya dan juga cilacap.

Eksploitasi pasir besi tersebut dikelolang langsung oleh PT. Aneka Tambang mulai dari tahun 1960 hingga tahun 1972 yang menghasilkan bijih besi dalam jumlah yang sangat besar, yakni sebanyak 2.655.236 Ton dengan kandungan Fe rata-ratanya yang mencapai 51,7%.

Tahun 1971 hingga 1978, jumlah bijih besi yang berhasil di ambil sebanyak 300.000 Ton untuk satu tahunnya, dimana dengan jumlah tersebut, indonesia mampu memenuhi target ekspor bijih besi hingga ke jepang.

Baca Juga
4 Situs Pengganti Aplikasi Komputer
4 Negara Tanpa Hutang Pada Bank Dunia

Kepulauan Sulawesi
Kepulauan Sulawesi
Kepulauan Sulawesi

Tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata pulau sulawesi juga menyimpan kandungan bijih besi dalam jumlah yang besar di indonesia. Sulawesi ini memiliki arti yang unik yang terdiri dari 2 kata, yakni Sula yang berti pulau, dan Wesi yang berarti Logam.

Jadi, dengan kata lain pulau sulawesi ini bisa diartikan sebagai sebuah pulau yang kaya akan sumber daya alam yang berupa logam. Dan belum lama ini, sulawesi dilanda musibah yang maha dahsyat, yakni gempa dan tsunnami yang melanda palu.

Namun diluar dari konteks tersebut, pulau sulawesi ini menyediakan kandungan bijih besi dalam jumlah yang banyak, terutama di kabupaten Bone, kabupaten Toli-toli, Dusun pake, Luwu Timur, Lengkabana, Pengunungan vebrik, dan juga kabupaten Tojo una-una di palu.

Pulau Kalimantan
Kalimantan
Kalimantan saat ini sedang dilanda musibah kebakaran hutan yang merajalela, hingga saat ini pemerintah masih berusaha untuk memadamkan api agar api tersebut tidak semakin meluas dan menghasilkan asam dalam jumlah yang luar biasa banyak yang bila tidak ditangani dengan serius bisa sampai ke negara-negara tetangga.

Selain dari fakta tersebut, kalimantan ini memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah, yang paling banyak diketahui orang sumber daya alam yang paling banyak ada di kalimantan ini tidak lain adalah Batu bara dalam jumlah yang sangat banyak yang sedang dikeruk habis oleh oleh pihak pengeruk.

Selain kaya akan sumber daya alam berupa batu bara, kalimantan juga kaya akan Sumber daya alam berupa bijih besi, beberapa daerah pertambangan bijih besi yang ada di pulau kalimantan ini tidak lain adalah kota baru, tanah laut, tapin, tanah bumbu dan juga balangan.
Dan tidak lama lagi, pulau kalimantan ini akan menjadi lebih maju lagi dikarenakan sudah menjadi Ibu Kota baru bagi negara indonesia, jadi semestinya pembangunan menjadi lebih banyak dan lebih komplete lagi dari yang sudah ada.

Baca Juga
4 Laptop Asus ROG Paling Recommended 2019
4 Laptop Paling Sesuai Untuk Pelajar



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »