4 Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Attailah Petir - Tumbuhan merupakan komponen penting dari alam yang harus benar-benar dijaga dan juga dilestarikan dengan baik dikarenakan peran tumbuhan dalam jumlah banyak/besar ( Hutan ) sebagai tempat tinggal untuk berbagai macam makhluk hidup.
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan
Selain itu, peran hutan ini juga sangat banyak terutama untuk manusia dan juga hewan yang tinggal di dalamnya, walaupun memang hutan yang ditinggali manusia bukanlah hutan belantara, dikarenakan hutan yang terlalu lebat atau hutan belantara tersebut merupakan tempat tinggal bagi hewan-hewan buas.

Namun hutan yang tidak terlalu lebat bisa menjadi tempat tinggal yang baik bagi manusia. Dikarenakan hutan yang tumbuh beberapa tempat saja di area pemukiman bisa menjadi penetral keadaan, baik ketika sedang terjadinya musim kemarau maupun ketika musim penghujan tiba.

Akhir-akhir ini hutan sudah banyak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri saja tanpa memikirkan akibat yang timbul dari kerusakan hutan tersebut, tentu saja hal tersebut akan sangat memprihatinkan, bahkan beberapa waktu lalu dapat dilihat bahwa tidak ada tanggapan serius dari pemerintah bagi si perusak hutan yang ada di bumi pertiwi ini.

Hutan yang dibakar oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab adalah salah satu nya, pembakaran hutan besar-besaran tersebut tentunya akan beribas pada orang-banyak, tidak hanya untuk si pembakar saja, dikarenakan asap dari kebakaran hutan tersebut bisa di bawa angin kemana saja, tidak hanya di daerah pembakaran hutan saja, namun ke berbagai daerah lainnya yang ada di sekitar.

Dan yang lebih lucunya lagi, saat kebakaran tersebut terjadi, seakan menutup mata dan telinga tidak menganggap terjadi apa-apa. Namun kembali lagi ke tiap-tiap pribadi masing-masing, dikarenakan tidak ada yang bisa diharapkan lagi dari pemerintahan zaman sekarang, digaji oleh rakyat untuk menjalankan sistem pemerintahan, makan dari hasil jerih payah rakyat dan selalu membohongi rakyatnya.

Yang perlu dilakukan sekaranga adalah rakyat masih punya kesempatan untuk saling membantu bahu-membahu untuk saling berbagi agar kedamaian dan juga kesejahteraan bisa tercapai, dikarenakan jika hal tersebut sudah tewujud maka tidak ada yang perlu di khawatirkan.

Baca Juga


Kembali lagi ke kebakaran hutan, dampak dari kebakaran hutan ini sangatlah banyak, namun kali ini admin akan mencoba untuk menyebutkan 4 saja dan berikut adalah 4 Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan.

Terancamnya Habitat Flora Dan Fauna
Flora & Fauna
Flora & Fauna
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa flora dan fauna habitatnya adalah hutan, dan jika hutan tersebut dibakar, maka tempat untuk mereka tinggal sudah tidak ada, dan yang lebih parahnya lagi, jika hutan tersebut dibakar dengan keadaan masih ada hewan-hewan didalamnya, tentu hewan-hewan tersebut akan terjebak di dalam hutan yang sedang dilanda kebakaran tersebut.

Dimana ekosistem dari hewan yang dimaksud akan berkurang yang jika dibiarkan, lama kelamaan hewan-hewan yang berkurang tersebut akan punah secara perlahan, dan salah satu cara untuk mencegah hal tesebut terjadi adalah dengan tidak mebakar hutan dan tetap menjaga kelestarian hutan.

Hewan yang terjebak didalam hutan yang terbakar akan mati, dan bagi hewan yang masih selamat tentu akan turun ke pemukiman-pemukiman warga yang ujung-unjungnya akan mresahkan warga, dan menyebabkan warga yang bercocok tanam menjadi terganggu.

Meningkatnya Potensi Bencana
Bencana
Bencana
Dampak kedua yang akan timbul dari kebakaran hutan tersebut tidak lain adalah meningkatnya potensi untuk terjadinya bencana, dikarenakan hutan memiliki sejuta manfaat bagi manusia yang hidup di permukaan bumi.

Di pinggir laut hutan menjadi pengikat tanah agar tidak terjadi abrasi air laut yang merembes ke daratan dan dapat menjadi masalah baru di daratan, jika air laut merembes ke daratan, maka yang akan terjadi adalah air laut akan bercampur dengan air tawar, yang mana air tawar tersebut dikonsumsi oleh manusia, hutan yang dimaksud adalah hutan mangroove, dan bisa dibayangkan yang akan terjadi jika hutan mangroove ini terbakar.

Selain itu, peran hutan di perbukitan atau pengunungan juga sangat penting, dikarenakan pengunungan tersebut adalah tumpukan tanah dalam jumlah yang besar, tentu dibutuhkan pengikat agar tanah tersebut tidak ambruk dan jatuh begitu saja ke bagian lereng bawahnya, maka jika hutan-hutan sudah mulai dibakar dengan begitu saja, maka tidak heran jika pada saatnya nanti tidak akan ada lagi yang bisa menahan tanah untuk ambruk yang akhirnya akan merugikan manusia itu sendiri.

Baca Juga

Hutan juga menjadi penentu bagi iklim global untuk sekarang ini, jika hutan tersebut dibakar, maka bisa dibayangkan cuaca ekstrim seperti apa yang akan melanda dunia.

Timbulnya Kabut Asap dan Polusi Udara
Kabut Asap
Kabut Asap
Saat kebakaran hutan terjadi, asap akan menutupi langit dan membuat udara menjadi tidak layak untuk dihirup oleh manusia, asap kendaraan saja sangat tidak baik untuk dihirup oleh hidung manusia, apa lah lagi asap dari hasil kebakaran hutan.

Jika kebakaran hutan besar-besaran terjadi, bahaya asap tentunya akan mengancam banyak jiwa di berbagai belahan bumi yang terkena dampak asap tersebut, terutama di wilayah kebakaran hutan itu sendiri yang membuat banyak nyawa tidak berasalah melayan begitu saja.

Udara yang tidak bersih yan di hirup oleh banyak orang akan membuat orang tersebut menjadi menderita penyakit ispa yang bila tidak ditangani dengan serius, maka bisa berujung pada kematian.

Beberapa waktu lalu kita bisa lihat contohnya yang tejadi di jambi dan juga kalimantan, dimana tempat kebakaran hutan terjadi, langit menjadi merah pada siang hari, orang-orang harus di efakuasi, muncul protes dari negara tetangga dan masih banyak lagi kasus yang timbul dari akibat kebakaran hutan ini.

Dalam hal ini, hutan juga bisa berfungsi untuk menciptakan udara segar yang dihirup oleh manusia, maka tidak heran jika manusia merusak hutan yang akan terjadi adalah udara segar yang biasanya didapatkan di hutan mulai berkurang yang ujung-ujungnya akan membuat manusia harus menghirup udara kotor yang dapat mengganggu kesehatan manusia itu sendiri.

Meningkatnya Resiko Pemanasan Global
Pemanasan Global
Pemanasan Global
Pemanasan global menjadi polemik tersendiri bagi dunia di zaman sekarang ini, hal tersebut terbukti dari efek-efek yang mulau muncul satu persatu yang ujung-ujungnya akan merugikan banyak orang.

Kebakaran hutan menjadi salah satu penyebab pemanasan global ini selain dari meraknya pembangunan rumah kaca, pemanasan global membuat naiknya permukaan air laut akibat dari cairnya es yang terdapat di kutub, es yang mencair di kutub juga menyisakan hewan-hewan langka yang sudah mati namun tetap awet juga bisa mengalir laut yang mana hal tersebut akan memunculkan masalah baru yakni penyakit.

Selain itu, pemanasan global juga membuat suhu udara di permukaan bumi menjadi meningkat, cuaca ekstrim yang datang tidak menentu, dan masih banyak lagi bahaya-bahaya yang dapat muncul dari akibat pemanasan global. 

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya pemanasan global adalah dengan cara menanam pohon agar bumi yang kita tinggali ini menjadi hijau dan bisa kembali segar, bukan malah sebaliknya, hutan dibakar secara membabi buta yang menyebabkan masalah muncul di masyarakat.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »