4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya


Attailah Petir Pulau merupakan sebidang daratan tanah yang lebih kecil dari sebuah benua akan tetapi masih lebih besar dari karang yang berada di lautan lepas, di indonesia sendiri jika masih dalam hitungan satu buah pulau orang-orang masih menyebutnya pulau tapi jika sudah lebih dari satu buah pulau maka sebutan orang untuk pulau yang lebih dari satu adalah pulau-pulau dan malah jika pulau tersebut berjumlah sangat banyak maka sebutan yang cocok untuk pulau tersebut adalah kepulaua.
4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya
Sebelum pulau tersebut terbentuk, kebanyakna lokasi dimana pulau akan ada merupakan parairan laut yang dangkal, namun saat lumpur dan pasir dalam jumlah yang besar terkumpul dan membentuk daratan barulah pulau tersebut ada dan tumbuh menjadi sebuah daratan yang dapati dihuni oleh makhluk hidup baik manusia maupun hewan.

Namun beberapa pulau yang ada dipermukaan bumi ini memang sudah ada dari dulunya hanya penemuannya saja yang waktunya berbeda-beda, pulau-pulau tersebut pada dasarnya belum memiliki nama, dan juga masih belum memiliki penghuninya sama sekali. Saat seseorang melakukan ekspedisi untuk mengunjungi tempat-tempat atau kepulauan yang sama sekali belum pernah terjamah oleh manusia datang ke pulau tersebut, maka tidak akan mustahil bagi orang tersebut untuk bisa mengklaim bahwa pulau tersebut adalah pulau yang mereka temukan.

Baca Juga

Setiap pulau yang ditemukan pasti punya sejarahnya masing-masing dan tidak sedikit pulau-pulau yang baru ditemukan tersebut punya sejarah yang unik, 4 Pulau yang akan admin coba sebutkan berikut ini merupakan pulau yang punya sejarah unik menurut admin. Berikut adalah pulau-pulau yang admin maksud:

Pulau Bouvet
4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya

Pulau Bouvet ini merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di tempat paling terpencil di dunia, letak dari pulau ini sendiri yang berada pada titik paling selatan dari samudera atlantik membuatnya menjadi salah satu pulau yang paling terpencil di dunia.

Bahkan menurut beberapa informasi yang admin dapat dan unik menurut admin adalah Pulau Bouvet ini sudah pernah ditemukan dan bahkan hingga di klaim penemuannya hingga beberapa kali oleh orang-orang yang pertama kali menginjakkan kaki mereka di Pulau Bouvet ini.

Untuk nama dari pulau Bouvet ini diambil dari nama penemunya yang pertama kali yakni Charles Bouvet De Lozier yang mana pulau tersebut pertama kalinya ditemukan pada tahun 1739 lalu, akan tetapi pada tahun 1808 Pulau Bouvet ini kembali diklaim penemuannya oleh seorang pemburu dari inggris bernama James Landsay dikarenakan informasi tentang pulau ini dari penemu sebelumnya tidak terlalu akurat.

Selang 17 tahun kemudian orang lain yang datang ke pulau ini kembali mengubah nama pulau bouvet ini dengan nama pulau Liverpool. Nah, dikarenakan sudah terlalu banyak orang yang menemukan dan mengubah nama dari pulau ini maka akhirnya pada tahun 1971 nama dan Credit dari pulau ini secara resmi diberikan kepada James Baptiste.

Baca Juga
4 Jenis Tanaman Yang Paling Cocok Ditanam Pada Daerah Berpasir

Pulau Clipperton
4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya

Selanjutnya pulau kecil yang memiliki sejarah unik didunia yang akan kita bahas kali ini adalah pulau Clipperton. Mungkin jika dilihat dari namanya pulau yang satu ini merupakan pulau yang sudah tidak terasa asing lagi bagi kebanyakan telinga kita, pasalnya pulau ini punya nama yang unik dan mudah untuk diingat oleh kebanyakan orang.

Namun untuk lokasinya Pulau Clipperton ini juga hampir-hampir sama dengan letak dari pulau Bouvet yang sudah kita sebutkan diatas, dikarenakan keberadaannya yang jauh dari darata yakni di samudera pasifik. Namun walaupun pulau ini adalah sebuah pulau dengan lokasi yang sangat terpencil dari permukaan bumi dan menjadi salah satu pulau misterius yang menyimpan sejarah dunia, namun Pulau Clipperton ini tetap masih memiliki penghuninya.

Pada tahun 1910 silam sebuah mercusuar dibangun di pulau ini, dengan ukuran pulau lebih kurang sebesar 6 kilometer persegi, pulau ini dihuni oleh sekitar 100 orang yang terdiri dari beberapa keluarga dan juga anak-anak.

Setiap 2 bulan sekali kapal dari daratan akan berlabuh ke Pulau Clipperton ini untuk memasukkan pasokan makanan, dan juga kebutuhan-kebutuhan harian lainnya untuk mereka yang tinggal disana, namun semenjak terjadinya perang saudara di Meksiko Pulau Clipperton ini perlahan mulai ditinggalkan para penduduknya dikarenakan kapal yang tadinya memasok makanan ke daerah tersebut tidak beroperasi lagi seperti biasanya.

Pulau Ernst Thalmann
4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya

Pulau ketiga yang punya sejarah unik yang akan kita bahas adalah Pulau Ernst Thalmann, pulau ini merupakan sebuah pulau yang berukuran lebih kurang sekitar 15km persegi dengan lebarnya yang hanya sekitar 500 meter berlokasi di dekat kuba.

Tidak ada kejelasan tentang pulau ini dengan lebih detail, namun dulunya pulau ini diketahui sebagai bagian terakhir dari jerman timur, lucunya pulau ini tidak pernah tersebutkan didalam dokumen apa pun yang menjadikan Pulau Ernst Thalmann ini sebagai pulau yang terasingkan.

Namun pada tahun 1972 lalu pemimpin kuba Fidel Castro mengadakan kunjungan langsung ke pulau ini. Pemberian nama pulau ini sebagai Pulau Ernst Thalmann adalah sebagai penghormatan kepada Ernst Thalmann.

Pulau Palmyra Atoll
4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya

Pulau Kecil Dengan Sejarah Unik Terakhir yang akan admin sebutkan kali ini adalah sebuah pulau yang bagi beberapa orang pulau ini merupakan tahayul atau tidak ada, pulau tersebut tidak lain adalah Pulau Palmyra Atoll.

Pulau ini berada di bagian utara samudera pasifik, pulau ini sendiri terbentuk dari karang dan menjadi salah satu pulau yang paling terpencil yang ada di permukaan bumi ini. Walaupun pada dasarnya pulau ini punya laguna yang begitu indah yang ditutupi oleh hutan hujan lebat dan juga konsentrasi kehidupan laut tertinggi.

Tai walau seindah apa pun pulau ini anda tetap tidak akan bisa masuk sembarangan ke pulau ini dikarenakan untuk masuk ke pulau Palmyra Atoll ini memerlukan izin khusus, dan yang lebih mengerikannya lagi adalah sebuah informasi yang mengatakan kalau di pulau ini pernah menghilang sebuah kapal secara misterius.

Nah, itulah 4 Pulau Kecil Dengan Sejarah Uniknya Masing-masing yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan tonton video di bagian bawah ini. Semoga Bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »