4 Negara Dengan Hutang Terbanyak Pada Bank Dunia

Attailah PetirSemakin hari kemajuan dibidang pembangunan semakin berkembang dengan pesat dan hal tersebut terjadi di hampir semua negara, dan setiap negara yang ada di dunia tentu membutuhkan dana untuk membangun negara nya agar lebih maju dan lebih berkembang.
4 Negara Dengan Hutang Terbanyak Pada Bank Dunia
Untuk menunjang pembangunan gila-gilaan tersbut setiap negara harus menyiapkan anggaran dalam jumlah yang sangat besar yang tentunya, maka disinilah saatnya setiap negara harus meminjam dana dari bank dunia untuk mencukupi kebutuhan pembangunannya yang begitu besar.

Dan dikarenakan pembangunan dalam jumlah besar, maka tidak heran jika setiap negara-negara tersebut melakukan peminjaman kepada bank dunia dalam jumlah yang besar yang mana itu artinya hutang setiap negara akan bertambah dan menumpuk, bahkan negara maju sekalipun tetap saja harus meminjam dana dari bank dunia untuk mencukupi kebutuhan anggaran pembangunan negaranya.

Baca Juga

Maka dari permasalahan tersebut, kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 negara yang memiliki hutang terbanyak pada bank dunia, dan berikut adalah 4 Negara Dengan Hutang Terbanyak Pada Bank Dunia.

Amerika Serikat
Mata Uang Amerika Serikat
$ Dollar
Jika sebelumnya anda tidak akan pernah menyangka bahwa negara super power ini menjadi negara yang memiliki hutang paling banyak pada bank dunia, hal tersebut terbuktikan dari Hutang Nasional Amerika Serikat 2019 ini yang melebihi GDB negara sendiri yakni sebesar 108,1%.

Angka tersebut melabung hampir 2 kali lipat bila dibandingkan dengan hutang Amerika Serikat pada tahun 2007 lalu yang hanya sekitar 62,5% saja. Namun untuk mengatasi hal tersebut amerika telah memyisihkan 6% dari anggaran bulanan mereka untuk membayar bunga pinjaman agar hutang yang mereka miliki terus membengkak dan tidak terkontrol.

Dan hal tersebut tentu akan sangat berefek pada ketersediaan uang secara signifikan untuk mendanai program-program lainnya, dan seperti yang diketahui bahwa amerika serikat adalah sebuan negara yang maju yang mengedepankan perekonomiannya dari sektor-sektor industri yang mana hal tersebut didominasi oleh komponen-komponen aktif berdasarkan pengetahuan dan juga pelayanan.

Sistem pengelolaan anggaran negara yang cerdas di amerkan mampu untuk menekan pengeluaran anggaran negara dengan cara melakukan pembayaran pinjaman secara perlahan supaya tidak terlalu berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara mereka. Selain itu, solusi lain yang mereka miliki untuk mengatasai hal tersebut adalah dengan menaikkan pajak untuk menambah pendapatan negara mereka.

Walaupun hal tersebut bukan kabar yang baik, namun upah minimum Amerika Serikat juga sebanding dengan apa yang mereka bebankan kepada penduduknya, berbeda halnya dengan negara +62 tahun 2019 ini.

Jepang
Mata Uang Jepang
Yen Jepang
Banyak orang yang sudah lebih tahu dengan negara bunga sakura ini, namun tidak banyak dari mereka yang menyangka bahwa jepang masuk ke dalam salah satu negara dengan hutang terbanyak pada bank dunia.

Jepang ini sendiri merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di asia timur dengan 3 suku yang paling dominan dari orang-orang jepang, suku-suku tersebut tidak lain adalah suku yamato, suku ainu dan juga suku ryugu, sedangkan sisanya adalah orang-orang dari korea, tionghoa, dan dari beberapa negara lainnya yang sudah menetap di jepang ini.

Baca Juga

Beberapa tahun terakhir, perekonomin negara jepang menjadi semakin merosot, hal tersebut terlihat dari hutang nasional GDB jepang yang menembus angka 236% pada tahun 2019 ini, dan itu artinya peningkatan hutang jepang dari tahun-tahun sebelumnya lebih besar hingga 2 kali lipat.

Maka dari hal itu, bisa disimpulkan bahwa jepang sedang mengalami kesuliatan finansial, perekonomian negara jepang ini juga berkembang lebih lambat dari yang diperkirakan oleh para ahli dalam beberapa tahun terakhir ini, dan ujung-ujungnya bank pusat terpaksa menurunkan suku bunga dengan harapan perekonomian negara bunga sakura ini bisa untuk lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Yunani
Mata Uang Yunani
Euro
Yunani merupakan sebuah negara yang berlokasi di benua eropa bagian tenggara, lebih tepatnya lagi di ujung selatan semenanjung balkan, negara ini adalah negara dengan sistem pemerintahan republik parlementer dengan populasi penduduk yang mencapai 10 juta jiwa lebih berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pemerintah yunani ini pada tahun 2015 lalu.

Yunani masuk kedalam kategori negara dengan hutang terbanyak pada bank dunia dikarenakan peningkatan GDB negaranya yang serius, yakni mencapai 175%, dan belum sampai disitu, krisis ekonomi yunani ini juga masih bisa diperparah dengan tingginya angka pengangguran yang bertebaran di berbagai penjuru yunani ini.

Walaupun populasi negara ini hanya sekitar 10 juta jiwa, namun total pendapatan perkapita yang mampu mereka hasilkan hanya sebesar $25.954 pada tahun 2014 lalu juga  menjadi salah satu alasan mengapa negara ini bisa menjadi salah satu negara dengan hutang terbanyak pada bank dunia.

Italia
Mata Uang Italia
Euro Italy
Italia merupakan sebuah negara repulik parlementer yang berada di eropa, italia ini juga berbatasan langsung dengan negara-negara tangganya seperti prancis, swiss, austria dan juga slovenia, sedangkan populasi negara ini jauh lebih tinggi dari negara yunani tadi yakni mencapai 60 juta jiwa lebih pada tahun 2014 lalu.

Mata uang yang mereka gunakan pun adalah mata uang yang populer di dunia akhir-akhir ini, yakni mata uang Euro, dan dalam beberapa tahun terakhir ini, pengeluaran anggaran yang begitu tinggi menjadi dilema tersendiri bagi negara ini, dan ironinya , perekonomian italy untuk sekarang ini sudah tidak sebaik dulu.

Bank italia kini kembali menghadapi krisis setelah sebelumnya yang juga pernah menghadapi krisis. Hutang nasional negara italia ini mencapai 2.48 Trilliun Dollar amerka serikat dengan GDB nya sebesar 137.81%. Walaupun negara ini masuk kedalam kategori negara dengan hutang terbanyak pada bank dunia, tapi tetap saja negara italy ini masih dalam daftar negara dengan perekonomian tertinggi di dunia.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »