4 Alasan Utama Membackup Data

AttailahPetir - Data merupakan sesuatu yang penting yang benar-benar harus dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Data itu pun sangat banyak sekali jenisnya, mulai dari data dalam bentuk video, data dalam bentuk audio, maupun data dalam bentuk dokumen.
4 Alasan Utama Membackup Data
Pada perangkat komputer data tersebut sudah berbentuk digital, dimana datanya sudah dalam bentuk file seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

File tersebutlah yang harus dilindungi baik-baik agar tidak terjadi kehilangan di kemudian harinya. Untuk melindungi data tersebut agar tidak mudah hilang, maka ada baiknya untuk membackup data tersebut.

Baca Juga

Pada dasarnya tujuan dari backup data itu sangatlah banyak yang mana salah satunya adalah untuk menjaga data tersusun dari resiko terjadinya kehilangan. Pada postingan kali ini admin ingin menyebutkan empat alasan paling utama membackup data.

Penasaran alasannya apa-apa saja? Mari kita ulas satu persatu di bawah ini:

Menghindari kerusakan storage

alasan yang paling utama membackup data pada setiap perangkat baik itu komputer maupun laptop, tidak lain adalah untuk menghindari kehilangan data akibat dari kerusakan storage.

Karena fungsi utama dari storage itu adalah untuk menyimpan data-data pada setiap perangkat, baik itu komputer, laptop, tablet maupun handphone yang kita miliki masing-masing.

Seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini data tidak hanya bisa disimpan di perangkat komputer atau laptop saja, akan tetapi smartphone pun sudah mampu untuk menampung data yang dibutuhkan bahkan mampu untuk menjalankan beberapa jenis data yang mampu dijalankan oleh perangkat komputer ataupun laptop.

Maka dari itu ada baiknya untuk membackup data yang anda miliki tersebut ke perangkat lain, baik itu harddisk, flash disk maupun memory card handphone dengan tujuan untuk mengambil kembali data tersebut pada saat dibutuhkan.

Karena seperti yang kita tahu kalau storage yang kita miliki tersebut tidak selalu dalam keadaan performa yang baik, bisa saja suatu waktu storage pada perangkat yang kita miliki tersebut mengalami kerusakan yang menyebabkan kehilangan data yang tersimpan di dalam perangkat yang kita miliki masing-masing.

Menghindari Kehilangan Data Karena Virus

Selanjutnya alasan paling utama membackup data adalah untuk menghindari kerusakan data akibat ulah dari virus yang menyerang perangkat baik itu komputer maupun laptop yang kita miliki masing-masing.

Karena seperti yang kita tahu bahwa untuk zaman sekarang ini sangat banyak jenis malware yang menyerang hampir semua peralatan elektronik yang memiliki prosesor memori dan storage.

Ada virus-virus tertentu yang memang menyerang setiap dokumen yang tersimpan pada perangkat baik itu komputer, laptop, tablet maupun smartphone yang kita miliki masing-masing.

Baca Juga

Biasanya data yang terinfeksi oleh virus akan mengalami kerusakan yang menyebabkan data tersebut tidak bisa dibuka. Bahkan dalam beberapa kasus data yang terinfeksi oleh virus tidak akan bisa digunakan lagi sama sekali.

Jadi, sebelum data yang kita miliki terinfeksi virus-virus berbahaya yang beredar di internet, maka ada baiknya bagi kita untuk mem-backup data tersebut ke perangkat lain yang lebih aman. Agar sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan kita bisa mengambil kembali data yang kita inginkan tersebut.

Menghindari Kehilangan Data Saat Terjadi Bencana
4 Alasan Utama Membackup Data

Sebagai seorang manusia normal tidak ada yang tahu kapan akan terjadi bencana. Manusia selaku makhluk hidup hanya bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana yang akan terjadi tersebut.

Begitu juga dengan data yang harus diselamatkan sebelum harga tersebut hilang akibat terjadi bencana. Karena bisa saja sewaktu-waktu komputer atau laptop yang yang kita miliki rusak akibat datangnya bencana.

Pagi untuk akhir-akhir ini sangat sering terjadi bencana di negeri tercinta kita ini, kayak gitu gempa, tanah longsor maupun angin topan yang membawa kerusakan parah untuk bangunan-bangunan yang terkena dampaknya.

karena seperti yang kita tahu bahwa data lebih penting dari apapun, jika data tersebut hilang maka bisa saja pekerjaan kita tidak akan bisa dilanjutkan. Akan tetapi, perbedaannya dengan perangkat keras yang bisa dibeli di toko-toko penyedia hardware.

Agar lebih safety
4 Alasan Utama Membackup Data

Terakhir alasan yang paling untuk membackup data adalah agar bisa memberikan rasa aman yang lebih dibandingkan dengan harus menerima resiko kehilangan data.

Dari pada harus merasa was-was dan takut kehilangan data dengan berbagai penyebabnya, maka ada baiknya untuk membackup data tersebut perangkat lain seperti beberapa perangkat yang sudah disebutkan di atas.

Karena backup data itu pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan pada setiap perangkat, namun hanya membutuhkan waktu yang memang sedikit lebih lama untuk membackup data tersebut hingga selesai.

maka dari itu, saran dari admin sebelum data tersebut hilang dikarenakan penyebab-penyebab tertentu maka ada baiknya untuk membackup data tersebut terlebih dahulu. Tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu untuk mem-backup data yang kita miliki dengan tujuan untuk memberikan rasa aman yang lebih.

Itulah 4 alasan utama membackup data yang bisa disebutkan pada postingan kali ini. Memang benar, masih ada sejumlah alasan-alasan lainnya yang masih belum tersebutkan pada postingan ini ya mungkin akan menjadi bahan untuk pada postingan selanjutnya. 

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Terima Kasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »