4 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia


AttailahPetir Kelapa sawit merupakan salah satu jenis tanaman yang paling mudah tumbuh, karena pada dasarnya kelapa sawit ini bisa tumbuh hampir di berbagai  daratan di seluruh dunia terutama untuk wilayah Asia. Selain itu, kelapa sawit ini sendiri juga menjadi salah satu tanaman yang paling menggiurkan di idonesia dimana hal tersebut sudah mulai terlihat dari pertumbuhan ekonomi masyarakat yang sudah mulai bangkit.
4 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Memang tidak semua provinsi di indonesia yang masyarakatnya berprofesi sebagai petani kelapa sawit, akan tetapi kebanyakan provinsi di indonesia adalah provinsi-provinsi penghasil kelapa sawit.

Pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia, bagi anda yang penasaran mari kita ulas pada postingan di bawah ini:

Baca Juga

Provinsi Riau

4 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Sebagai salah satu provinsi provinsi penyumbang asap ke beberapa negara yang ada di dunia, ternyata provinsi riau ini merupakan provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia. Kebakaran hutan yang pernah melanda riau beberapa tahun yang lalu ini dikarenakan kebanyakan lahan yang ada di provinsi tersebut yang merupakan lahan gambut yang sangat mudah untuk terbakar.

Akan tetapi sejak tahun 2017 yang lalu, lahan gambut teresbut terus dimanfaatkan oleh para penduduk setempat menjadi lahan aktif produksi, dimana salah satunya adalah tanaman kelapa sawit ini.

Pada tahun 2017 lalu, luas area perkebunan kelapa sawit di riau ini mencapai 2,7 juta hektar namun pada tahun 2019 kemarin berdasarkan data yang admin dapat dari beberapa sumber menyatakan bahwa luas lahan area kelapa sawit di riau mencapai 2,8 juta hektar.

Yang mana itu artinya, luas area perkebunan kelapa sawit ini mencapai seperempat dari luas total provinsi riau yakni 8,7 juta hektar.

Provinsi Sumatera Utara

4 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Selanjutnya provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia masih dari pulau yang sama yakni pulau sumatera dan lebih tepatnya berada di sumatera utara. Luas area perkebunan kelapa sawit di provinsi sumatera utara ini memang tidak seluas area perkebunan kelapa sawit yang ada di provinsi riau.

Akan tetapi, untuk sebuah provisi yang menghasilkan bebrapa jenis tanaman lain dan juga sayuran, provinsi sumatera utara ini juga menjadi salah satu provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia.

Hal tersebut terbukti dari peningkatan lahan kelapa sawit yang mana pada tahun 2016 kemarin, luas pekebunan kelapa sawit di provinsi sumatera utara ini yang hanya berkisar 1,34 juta hektar. Namun pada tahun 2019 kemarin, luas area perkebunan kelapa sawit yang ada di provinsi riau ini yang tumbuh menjadi 1,77 juta hektar.

Baca Juga

Selain perluasan area perkebunan kelapa sawit, permintaan akan eksport lemak dan juga minyak nabati dari CPO juga lumayan mengalami peningkatan, maka tidak akan terasa aneh jika banyak dari para penduduk di provinsi sumatera utara ini yang ber profesi sebagai petani kalapa sawit.

Provinsi Kalimantan Barat

4 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Walaupun pulau kalimantan akan menjadi pulau untuk ibu kota yang baru bagi indonesia, kalimantan barat ini merupakan salah satu provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia. Pada dasarnya perkebunan kelapa sawit yang ada di provinsi kalimantan barat ini sudah ada sejak tahun 1980-an, yang pertama kali dikelola langsung oleh pemerintah melalui Program PTPN 13.

PTPN 13 ini sendiri merupakan sebuah lembaga yang bekerja sama dengan masyarakat melalui program PIR ( Perkebunan Inti Rakyat ). Setelah menempuh berbagai macam kendala yang sama sekali tidak mudah, akhirnya usaha yang dilakukan oleh pemerintah tersebut mulai membuahkan hasil.

Karena pada tahun 2019 kemarin, luas area perkebunan kelapa sawit di provinsi Kalimantan Barat ini sudah mencapai 1,57 juta hektar. Walaupun usaha dari pihak pemerintah sudah bisa dikategorikan berhasil, namun terdapat satu hal yang sangat di sayangkan dan tidak kalah pentingnya bagi masyarakat.

Hal tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah masih banyaknya masyarakat di provinsi kalimantan barat ini yang masih belum tersejahterakan, secara bukti, BPS tingkat kemiskinan di provinsi sumatera utara ini masih berada pada angka 7,49%.

Provinsi Kalimantan Tengah

Sabangau National Park

Provinsi penghasil kelapa sawit terebsar di indonesia yang terakhir juga masih berada di pulau kalimantan, namun kali ini bukan dari kalimantan barat, akan tetapi dari provinsi kalimantan tengah.

Ada sekitar 183 perusahaan kelapa sawit yang masih aktiv produksi hingga saat ini di provinsi tersebut, maka bagi anda yang sudah pernah ke provinsi tesebut tidak akan terasa aneh lagi jika anda ke provinsi lain namun menemukan banyak perusahaan kelapa sawit yang masih aktiv, karena provinsi kalimantan tengah ini merupakan provinsi dengan jumlah perusahaan kelapa sawit aktiv terbesar di indonesia.

Dari sisi luas area perkebunan kelapa sawit itu sendiri berdasarkan data yang admin dapat, pada tahun 2017 yang lau luas area perkebunan kelapa sawit di provinsi kalimantan tengah ini adalah sekitar 1,48 juta hektar, namun pada tahun 2019 kemarin, luas area perkebunan kelapa sawit di provinsi kalimantan tengah ini mencapai 1,53 jtua hektar.

Jadi, bukan hal yang terasa aneh lagi jika provinsi kalimantan tengah ini mampu menyumbangkan CPO hingga 9 juta ton dari keseluruhan Produksi CPO di indonesia.

Nah, itu dia 4 provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini, pada dasarnya masih ada sangat banyak provinsi penghasil kelapa sawit lainnya di indonesia yang masih belum tersebutkan.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, jangan lupa juga untuk berkunjung ke channel youtube admin di channel Attailah Petir, mohon bantu subscribe dan like videonya dengan tujuan untuk mendukung pengembangan situs dan channel admin. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »