4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker

AttailahPetir - Komputer merupakan sebuah alat bantu kerja yang sudah sangat familiar digunakan di zaman sekarang ini dikarenakan banyaknya fungsi yang bisa dikerjakan pada sebuah perangkat komputer yang membuat setiap orang bisa menggunakan komputer untuk berbagai hal.
4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker
Pada dasarnya ruang lingkup ilmu komputer itu sangatlah luas, ada yang membahas tentang program komputer saja ada juga yang membahas tentang software atau program dari komputer tersebut.

Di dalam dunia komputer itu sendiri kita mengenal yang namanya hacker dan juga cracker. Kedua istilah itu hampir-hampir menyerupai walaupun memang jika dilihat lebih dalam lagi, yang dikerjakan oleh kedua istilah tersebut jelas berbeda.

Baca Juga

Perbedaannya yang lumayan jauh membuat admin ingin membahas sedikit tentang perbedaan utama antara hacker dan juga cracker. Berikut adalah 4 perbedaan utama antara hacker dan cracker:

Definisi Hacker dan Juga Cracker
4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker

Hacker merupakan sekelompok orang yang punya hobi untuk mengotak-atik komputer dengan tujuan untuk belajar lebih jauh tentang ilmu komputer dan tidak bersifat merusak atau membawa kerugian untuk orang lain.

Sebagai contoh sederhananya saja seorang hacker yang mampu membobol sebuah website dengan tujuan untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik lagi tanpa mengganggu isi dari website tersebut.

Sedangkan penyair adalah sekelompok orang yang yang mampu untuk membobol sebuah website dengan tujuan untuk mengutak-atik website tersebut dan mereka akan mengambil apapun yang mereka butuhkan dari website yang mereka pohon tersebut.

Bukan untuk mengasah kemampuan dirinya sendiri namun lebih ke kepentingan pribadinya nya.

Pandangan Orang Terhadap Hacker dan Cracker
4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker

Banyak orang yang menyangka bahwa hacker dan cracker itu adalah 1 namun pada kenyataannya hacker dan cracker itu jelas berbeda jauh. Dikarenakan seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi kalau dari tujuan dan mereka saja sudah berbeda.

Dimana hacker punya tujuan yang lebih positif sedangkan cracker memiliki tujuan yang negatif yang bahkan merusak. Secara umum orang lawannya mengenal hackers mata.

Sebagai contohnya adalah ketika terjadi pembobolan pada sebuah situs orang awam pasti akan menyalakan hacker karena memang mereka tidak pernah kenal dengan yang namanya cracker. Padahal kalau diteliti lebih jauh pekerjaan pembobolan tersebut belum tentu dikerjakan oleh seorang hacker.

Karena bisa saja dikerjakan oleh para cracker dengan tujuan untuk mengambil data dari sebuah website yang mereka bobol tersebut. maka dari itu bagi Anda yang sudah tahu atau mengenal dengan istilah cracker tersebut maka ada baiknya untuk menyelidiki siapa yang membobol situs jika situs itu milik anda.

Kemampuan Hacker dan Cracker
4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker

Pada dasarnya kemampuan dari seorang hacker maupun cracker itu sama. Sama yang admin maksudkan disini dalam artian sama-sama mengerti ilmu dari komputer dan jaringan jaringan komputer tersebut.

Akan tetapi kembali lagi ke tujuan dari mereka masing-masing seperti yang sudah dijelaskan diatas kalo agar punya tujuan yang positif sedangkan tracker menggunakan ilmunya untuk tujuan yang negatif atau merusak.

Baca Juga

Seorang hacker mampu untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk perangkat komputer selain keahliannya yang mampu meretas sebuah situs atau website tertentu.

Begitu juga halnya dengan seorang cracker yang mampu membuat sebuah aplikasi atau tools yang akan digunakan pada perangkat komputer. Walaupun sama-sama mampu untuk menciptakan sebuah program untuk komputer tapi langkah untuk membuat program tersebut belum tentu sama.

Bisa saja agar menggunakan cara A untuk membuat sebuah program. sedangkan cracker menggunakan cara B untuk membuat program yang sama seperti yang dibuat oleh hacker.

Perbedaan tujuan
4 Perbedaan Utama Antara Hacker & Cracker

Sudah tidak terlihat asing lagi kalau tujuan dari hacker dan cracker itu jelas berbeda karena pada dasarnya memang karakter mereka pun sudah berbeda.

Secara tujuan hacker menciptakan program yang berguna untuk orang banyak akan tetapi berbeda halnya dengan para cracker. Di mana mereka juga bisa menciptakan sebuah tools atau program namun bukan untuk digunakan dengan tujuan yang baik.

Sebagai contoh yang paling mudah nya saja adalah saat seorang hacker membuat sebuah software dengan royalti yang mereka ambil sebagai upah atas software yang mereka buat tersebut.

Namun royalti tersebut bisa saja tidak bisa diambil oleh hacker selaku orang yang membuat program untuk perangkat komputer karena bisa sih dari program yang mereka buat tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan crack yang dibuat oleh para cracker untuk menghilangkan lisensi pada program-program tertentu yang dibuat oleh hacker.

Nah, itulah 4 perbedaan utama antara hacker dan juga cracker yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini. pada dasarnya masih ada sangat banyak perbedaan perbedaan lainnya antara hacker dan juga cracker yang masih belum tersebutkan.

Tindakan kita bahas pada postingan lainnya, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih & sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »