Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

AttailahPetir Ada banyak sekali jenis dan model laptop yang tersedia di pasaran saat ini, Laptop-laptop tersebut  punya beberapa keunggulan dari beberapa segi yang tentunya masing-masing laptop tersebut punya keunggulan dan kekurangan nya masing-masing.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Seperti yang kita tahu Kalau laptop untuk zaman sekarang ini seakan sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama untuk mereka yang bekerja sebagai seorang karyawan, desainer, editor dan masih banyak lagi orang-orang yang membutuhkan perangkat bantu kerja ini sebagai alat untuk mendukung ( mempermudah pekerjaan mereka ).

Kategori dari laptop itu sendiri juga lumayan banyak yang tentunya akan membuat setiap orang yang hendak membeli laptop mereasa bingung saking banyaknya tawaran dari laptop itu sendiri. Maka dari itu, pada postingan kali ini admin ingin memberikan Tips Tentang 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop menurut admin pribadi.

Penasaran Hal-hal apa saja? Mari langsung saja kita bahas di bawah ini.

Kebutuhan Laptop
4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan sebelum membeli sebuah laptop adalah kebutuhan akan laptop tersebut nantinya akan digukanan untuk apa? Jika kebutuhan anda hanya untuk sekedar mengetik, mengedit dokumen di word dan beberapa tugas ringan lainnya. Maka anda tidak perlu mencari laptop dengan spesifikasi yang terlalu tinggi.

Karena seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini harga dari perangkat komputer maupun laptop ini sedang meroket sangat tinggi. Bahkan ada beberapa jenis laptop yang tersedia dipasaran indonesia saat ini yang harganya bisa menyamai harga dari sebuah LCGC ( Low Cost Green Car ). Maka dari itu, ada baiknya bagi anda untuk menentukan terlebih dahulu untuk apa laptop tersebut akan digunakan nantinya.

Karena seperti yang kita tahu kalau fungsi dari laptop untuk saat ini sudah sangat banyak, jika dulunya laptop tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan kerja. Maka hal tersebut akan sangat berbeda untuk sekarang ini karena untuk sekarang ini fungsi dari laptop tersebut sudah merambah ke beberapa sektor, baik itu Working, Browsing, Chatting, Watching dan masih sangat banyak lagi fungsi dari sebuah laptop untuk sekarang ini.

Bahkan tidak sedikit juga dari mereka yang memang menggunakan laptop tersebut khusus untuk bermain game, walaupun harga yang harus dibayar untuk laptop gaming tersebut bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tapi tentu harga tersebut sudah diimbangin dengan performa yang super kencang yang ditawarkan pada Laptop yang harganya luar biasa mahal tersebut.

Tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan yang menggunakan laptop sebagai perangkat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka karena kopatibilitasnya, karena seperti yang kita tahu kalau laptop memang dirancang untuk memudahkan setiap orang dalam hal penggunaan, ukurannya yang ringkas, mudah untuk dipindahkan, tidak memakan banyak tempat, bobot ringan dan masih sangat banyak lagi kemudahan yang ditawarkan untuk setiap unit laptop.

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau Laptop yang tersedia di pasaran saat ini sudah sangat banyak dari berbagai merek dan tipe. Untuk anda yang bekerja sebagai seorang konten kreator, desainer, ataupun beberapa pekerjaan yang membutuhkan sebuah laptop dengan performa yang tinggi, maka admin lebih menyarankan anda untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi, minimal yang menggunakan prosessor core i7 gen terbaru, bahkan jika budget mendukung pilih yang menggunakan intel i9 atau Ryzen 9.

Ram juga penting tapi RAM tersebut masih bisa anda Upgrade nantinya jika anda memilih laptop yang menggunakan sistem RAM Dual Channel. Tapi jika kebutuhan anda hanya untuk kebutuhan ringan baik itu browsing, aplikasi office, nonton dan beberapa kebutuhan ringan lainnya maka ada baiknya untuk memilih laptop dengan spesifikasi yang rendah saja, maksimal yang menggunakan prosessor itel core i3, Ram nya pun tidak masalah jika tidak terlalu besar karena laptop tersebut bukan digunakan untuk kebutuhan kerja.

Selanjutnya hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli laptop adalah Spek dari laptop yang sedang anda incar. Karena seperti yang kita tahu kalau untuk saat ini sudah ada sangat banyak sekali laptop yang beredar dipasaran dengan spek yang sangat beragam.

Yang mana untuk laptop yang menggunakan Spesifikasi yang tinggi harganya bisa menyentuh angka Ratusan Juta Rupiah dan menjadikan laptop tersebut sangat tidak worth it jika hanya digunakan untuk browsing semata.

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau Spek sebuah laptop sangat penting untuk diperhatikan untuk anda yang memang benar-benar ingin memboyong sebuah laptop untuk anda gunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Walapun pada dasarnya laptop tersebut tidak akan worth it jika digunakan untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun, bahkan dibeberapa negara ada orang-orang yang memang membuat standarisasinya sendiri untuk jangka waktu penggunaan sebuah laptop yang mereka beli.

Karena pada dasarnya, Komputer punya performa yang lebih baik dibandingkan dengan laptop walaupun spek dari perangkat tersebut sama persis, sedangkan untuk Digunakan dalam jangka waktu yang lama, komputer sangat-sangat rekomended karena hampir 90% komponen dari komputer itu sendiri yang bisa Upgrade sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya.

Berbeda halnya dengan laptop yang mana komponen yang bisa di Upgrade hanya 2 komponen yaitu HDD dan RAM nya saja.

Semakin tinggi Spesifikasi dari sebuah laptop maka akan semakin tinggi pula harga yang harus dibayar, maka dari itu. Sebelum anda membeli laptop, ada baiknya untuk menentukan kebutuhan dari laptop tersebut akan digunakan nantinya seperti yang sudah admin sebutkan pada point diatas tadi.

Karena akan sangat percuma anda membeli Lapto berlogo mata melotot yang harga puluhan juta kalau hanya anda gunakan untuk mengetik script semata. Maka dari itu, tentukan terlebih dulu kebutuhan dari laptop tersebut baru kemudian cari spesifikasi yang cocok untuk laptop tersebut.

Ketersediaan Budget
4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Kemudian hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop impian anda masing-masing adalah memperhatikan Budget terlebih dulu. Karena akan sangat percuma kalau kedua poin diatas sudah anda pahami dan sudah anda siapkan tapi Budget nya tidak ada ( tidak mencukupi ).

Jika spesifikasi laptop yang anda incar sudah dapat, Budget punya peranan yang sangat menentu karena tanpa budget yang mencukupi anda tidak akan bisa membawa pulang laptop yang sudah anda incar tersebut. 

Jika Budget yang anda miliki kurang, maka ada 2 pilihan yang bisa anda pilih, yang mana diantaranya menunggu harga laptop incaran anda tersebut turun ataupun mencari laptop lain dari brand lain dengan sedikit perbedaan spesifikasi tapi masih bisa anda Upgrade nanti kedepannya secara perlahan. 

Pentingnya peranan Budget ini yang menjadi penyebab bagi setiap orang yang ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang dibutuhkan menjadi tertunda. Maka dari itu ada baiknya untuk menyiapkan Budget jauh-jauh hari sebelum membeli laptop tersebut agar harapan anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Kemudahan Dalam Penggunaan
4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kemudahan dalam penggunaannya, karena pada dasarnya fungsi utama dari sebuah laptop adalah untuk memudahkan setiap orang untuk bekerja.

Karena seperti yang kita tahu kalau ada banyak sekali orang yang untuk sekarang ini bekerja di lapangan ( Outdoor ) yang membutuhkan peralatan berupa komputer untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka kerjakan tersebut, dan hal tersebut tidak akan mungkin untuk dilakukan karena ukuran dari perangkat komputer yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan laptop.

Maka dari itu ada baiknya untuk memilih menggunakan laptop yang mudah untuk dibawa kemana pun dan masih bisa dikerjakan seperti yang bisa dikerjakan pada sebuah komputer, meski tanpa harus setiap saat menggunakan catu daya.

Laptop-laptop itu pun punya sangat banyak jenis dan modelnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna. Mereka para profesional yang selalu berpindah tempat dan dalam perjalanan jauh, maka ada baiknya untuk memilih Ultrabook yang punya desain premium, performa yang tinggi, ukuran yang ringkas dan juga bobot yang ringan.

Namun jika anda seorang gamer atau video editor maka ada baiknya untuk memilih Laptop High End yang sebutannya berbeda dari masing-masing brand. Karena performa yang ditawarkan hampir-hampir menyamai performa dari PC tapi dengan ukuran yang lebih ringkas, bobot yang tidak seberat PC dan juga lebih mudah untuk dibawa kemana pun yang tidak mungkin bisa dilakukan PC.

Tapi kalau anda merupakan seorang pelajar yang hanya menggunakan laptop tersebut untuk mengerjakan tugas, nonton, browsing maupun pekerjaan-pekerjaan ringan lainnya, laptop dengan spek yang rendah saja sudah sangat mencukupi, selain itu harga yang harus dibayar juga tidak akan semahal laptop yang digunakan untuk kebutuhan berat seperti Gaming, Desain dan lainnya.

Nah, itulah 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop"