Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

AttailahPetirJika pada psotingan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Objek Wisata Terbaik di  Aceh, maka pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk mlirik oleh-oleh yang paling rekomended untuk dibawa pulang ke kampung halaman masing-masing. Tidak hanya bagi masyarakat Aceh sendiri tapi masih sangat Worth’it untuk mereka para pendatang dari luar aceh.

4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

Walaupun memang pada dasarnya ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang dari aceh, tapi 4 oleh-oleh yang akan kita bahas pada postingan  kali ini admin ingin merekomendasikan oleh-olah yang menurut admin pribadi paling Rekomended.

Walaupun memang seperti yang sudah pernah admin singgun diatas tadi jika anda datang ke suata daearh dan tiba saatnya balik, anda akan kebingungan dalam memilih oleh untuk anda bawa pulang. Begitu juga halnya saat anda berkunjung ke Aceh, anda akan kebingungan memilih oleh-oleh yang cocok untuk anda bawa pulang karena akan ada sangat banya sekali jenis oleh-oleh yang bisa anda dapatkan di pasaran di Aceh mulai dari kuliner, pakaian hingga cindera mata lainnya yang membuat orang yang berkunjung ke wilayah yang satu ini kebingungan memilihnya.

Untuk anda yang penasaran oleh-oleh apa saja yang akan admin rekomendasikan, mari kita bahas di bawah ini.

Kopi Gayo
4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

Tradisi minum kopi seakan sudah menjadi simbol bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Dan hal tersebut juga tidak terkecuali untuk wilayah paling barat indonesia yakni Aceh, selain menghasilkan beberapa jenis biji-bijian lain, aceh juga merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di indonesia dan salah satu kopi yang berasal dari aceh yang bisa dikatakan sudah mendunia adalah Kopi Gayo. 

Kopi gayo ini sendiri pada dasarnya adalah kopi yang ditanam di dataran tinggi Gayo yang terletak di kabupaten Aceh Tengah. Dataran tinggi tersebut memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi dan cocok untuk ditanami berbagai macam jenis tanaman yang menghasilkan yang mana salah satunya adalah tanaman kopi.

Kopi Gayo ini juga tidak hanya dikenal di indonesia saja, tapi ada beberapa eksportir bijih kopi yang memasarkan kopi gayo ini hingga beberapa negara lain seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Kambodja hingga ke India.

Sebagai salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di indonesia, Aceh juga merupakan satu-satunya provinsi yang punya banyak sekali warung kopi yang bisa ditemui hampir di berbagai pelosok di seluruh wilayah aceh. Bahkan jika anda datang ke daerah pedalaman sekalipun anda masih bisa menemukan warung yang menyediakan kopi yang siap untuk dinikmati.

Dikarenakan kopi merupakan salah satu minuman yang paling diminati karena aroma dan rasanya yang unik, maka tidak heran kalau Kopi Gayo ini pun menjadi salah satu jenis Oleh-oleh yang dipilih oleh kebanyakan para wisatawan yang datang ke tanah Aceh.

Maka dari itu, ada baiknya untuk anda yang sedang berkunjung ke Aceh untuk membawa oleh-oleh Kopi Gayo yang bisa didatangi langsung ke pengolah kopi tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Songket Aceh
4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

Selanjutnya oleh-oleh yang bisa anda pilih untuk anda bawa pulang ke kampung halaman anda masing-masing adalah Songket Aceh. Memang hampir di berbagai wilayah di indonesia ini punya songket yang mereka tenun sendiri dengan tangan-tangan terampil dari daerah mereka masing-masing dan hal tersebut juga tidak terkecuali untuk wilayah Aceh.

Yang mana songket Aceh ini menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati oleh para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia. Songket Aceh ini juga dibuat langsung oleh tangan-tangan terampil dari aceh dengan menggunakan alat tenun kaki tangan dan menggunakan alat bantu kayu yang punya warna beraneka ragam.

Motif dari Songket Aceh ini pun juga berbeda-beda dibandingkan dengan kebanyakan songket lain pada umumnya dan tentunya punya keunikan tersendiri yang menjadi nilai lebih. Meskipun harga yang harus dibayar sedikit lebih tinggi untuk jenis oleh-oleh yang satu ini, tapi admin rasa sangat wajar mengingat Songket Aceh ini memang di tenun langsung oleh tangan-tangan terampil dari Aceh.

Songket aceh ini punya beragam kegunaan yang mana diantaranya bisa dijadikan sebagai Taplak atau bagi anda yang ingin memamerkan ke orang-orang yang datang ke rumah anda. Anda juga masih bisa menjadikan Songket Aceh ini sebagai Hiasan dinding yang membuktikan bahwa anda sudah pernah datang langsung ke bumi Aceh.

Kue Keukarah
4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

Pada posisi ketiga oleh-oleh yang akan admin rekomendasikan ke anda kembali lagi ke oleh-oleh berupa kuliner yakni Kue Keukarah. Untuk yang belum tahu, Kue Keukarah ini merupakan salah satu jajanan khas aceh yang punya rasa yang unik, tidak terlalu manis, gurih dan berbentuk seperti sarang burung dan tentunya tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Jadi dengan kata lain Kue Keukarah ini merupakan salah satu jenis jajanan sehat yang sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat aceh. Selain itu, Keukarah ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang dibawa pulang oleh para wisatawan ke kampung halaman mereka masing-masing, karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau bentuk dari Kue Keukarah ini lebih unik dibandingkan dengan kebanyakan kue lain di pasaran.

Namun untuk anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh yang satu ini ke kampung halaman anda, maka ada baiknya untuk membawa pulang dalam jumlah yang banyak, pasalnya anda akan diserbu oleh anak-anak yang doyan jajan kue. Karena bentuk unik dari Kue Keukaran ini yang mungkin akan menarik perhatian mereka.

Adapun untuk bahan utama membuat Keu Keukarah ini diantaranya adalah tepung terigu dan juga santan, sedangkan untuk ukuran dari kue ini sendiri tidak bisa dibilang kecil karena bisa seukuran tangan orang dewasa. Jadi dengan kata lain, dengan mengonsumsi 1 Kue Keukarah ini saja bisa menyumbat perut anda dari rasa lapar.

Untuk masyarakat aceh sendiri sering menyantap Kue Keukarah ini dengan mencelupkan langsung ke dalam seduhan Kopi. Apalagi Kopi yang anda seduh tersebut merupakan Kopi Gayo yang memang sudah menjadi pasangannya Kue Keukarah ini.

Kue Ade Meureudu
4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh

Terakhir oleh-oleh yang admin rekomendasikan untuk anda bawa pulang dari tanah Aceh untuk orang-orang yang menunggu kepulangan anda di kampung Halaman adalah Kue Ade Meureudu. Jika Keukarah tadi punya tekstur yang renyah dan rapuh, maka akan sangat berbeda dengan Kue yang satu ini karena bentuk dan modelnya yang lumayan terlihat berbeda.

Kue Ade Meurudu ini sendiri terbuat dari bahan tepung terigu dan juga ubi yang membuat rasa dari Kue Ade Meurudu ini Manis dan juga Gurih. Dikarenakan kue yang satu ini punya tekstur yang lembut, maka Kue Ade Meurudu ini pun masih bisa dikonsumsi oleh mereka yang sudah berusia lanjut yang tidak cocok mengonsumsi jenis makanan yang punya tekstur keras.

Bagi sebagian besar masyarakat Aceh yang pernah melewati Meureundu pasti akan singgah di toko kue yang berjejer di sepanjang jalan Lintas Sumatera. Anda masih bisa membawa pulang Kue Ade Meureudu ke kampung halaman anda masing-masing 3 hingga 5 Unit dengan harga dimulai dari angka Rp 20.000 saja.

Namun perlu menjadi catatan bahwa Kue yang satu ini tidak akan mampu bertahan lama, karena maksimalnya hanya mampu bertahan selama 8 atau 9 jam jika berada di luar Lemari Es. Dan mampu bertahan selama 30 hari jika berada di dalam Lemari Es.

Nah, itu dia 4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh yang bisa admin Share untuk anda pada postingan kali ini. Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis oleh-oleh lainnya yang masih bisa dan sangat cocok untuk anda bawa pulang ke kampung halaman anda masing-masing saat beranjak balik dari Aceh ini.

Tapi yang paling rekommended adalah yang sudah admin sebutkan diatas tadi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Aceh "