Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

AttailahPetirIndonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari banyak sekali pulau, dan setiap pulau punya daerah dan adat istiadatnya masing-masing yang dijunjung tinggi oleh setiap penduduk di daerah tersebut.

4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

Tradisi di setiap daerah di indonesia itupun sangatlah beragam, mulai dari yang terlihat biasa-biasa saja hingga yang terlihat menyeramkan bagi sebagian besar orang. Selain itu, terdapat lebih dari 100 suku yang hidup di bumi nusantara ini, maka tidak akan terlihat terlalu aneh kalau setiap suku punya upacara ada di daerah mereka masing-masing.

Dari sekian banyak tradisi unik yang ada di indonesia ini, 4 diantaranya akan coba kita ulas pada postingan kali ini. Bagi anda yang penasaran tradisi unik mana saja. Langsung saja kita ulas satu persatu di bagian bawah ini.

Tradisi Ma’nene di Tana Toraja (Sulawesi Selatan)
4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu dengan tradisi unik yang satu ini, pasalnya tradisi unik yang satu ini bagian sebagian orang akan terasa ngeri-ngeri sedap. Karena pada dasarnya tradisi yang satu ini merupakan tradisi masyarakat Toraja untuk menghormati para leluhur mereka yang terlebih dulu meninggalkan keluarganya.

Karena masyarakat Toraja percaya kalau roh keluarga mereka yang telah meninggal belum sepenuhnya meninggalkan keluarga mereka masing-masing.

Maka dari itu, sangat terasa wajar kalau masyarakat toraja punya tradisi untuk mendandani dan juga mengganti pakaian keluarga mereka yang sudah meninggal tersebut untuk di bawa pulang kerumah mereka masing-masing.

Biasanya tradisi ma’nene ini dlakukan setelah panen besar lebih tepatnya pada bulan agustus, tapi meski demikian ada juga yang melakukannya pada bulan september. Dengan kata lain setidaknya tradisi ma’nene ini diadakan sebanyak 3 kali dalam setahun.

Tradisi Kebokeboan di Banyuwangi (Jawa Timur)
4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

Selanjutnya tradisi paling unik di indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Tradisi kebo-keboan di jawa timur. Tradisi yang satu ini memang terlihat mengerikan jika di saksikan oleh para anak kecil. 

Karena pada dasarnya tradisi yang satu ini merupakan tradisi yang berada di lumpur atau lebih tepatnya di sawah. Tradisi kebokeboan ini digelar dengan tujuan untuk memohon kesuburan sawah untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Tradisi yang satu ini telah dijalankan oleh Suku osing di banyuangi jawa timur setiap tahunnya dan bagi anda yang ingin melihat langsung upacara kebo-keboan ini bisa datang langsung ke Desa Alasmalang dan Desa Alian pada 10 Muharram atau Suro.

Dimulainya acara ini dengan mengarak orang-orang yang kerasukan Roh Ghaib yang akan dibawa ke rumah adat kebudayaan kebo-keboan ini dan akan berakhir ketika datangnya Dewi kesuburan & Dewi Sri yang akan menghamburkan benih padi kepada para Petani dan juga Kebo.

Tradisi Omed-omendan (Bali)
4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

Pada posisi ketiga Tradisi Paling Unik di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Tradisi Omed-omedan yang diadakan oleh para pemuda Denpasar, Bali. Kebanyakan orang hanya sekedar tahu kalau pulau dewata bali tersebut merupakan sebuah pulau yang punya keindahan alam yang sangat luar biasa.

Bahkan tidak sedikit orang luar negeri yang tahu akan bali tapi tidak tahu akan keberadaan bali di negara mana. Memang, bali punya keindahan alam yang sangat luar biasa, tapi tidak hanya sampai disitu saja. Bali juga punya Tradisi unik yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang sekarang ini.

Tradisi omed-omedan ini sendiri merupakan tradisi yang digelar oleh para pemuda bandar kaja, desa pakraman, denpasar, bali. Adapun waktu pergelaran tradisi omed-omedan ini sendiri yang diadakan pada saat akan menyambut tahun baru saka.

Menurut informasi dari beberapa sumber yang admin kutip menyatakan bahwa Tradisi Omed-omedan ini sudah ada sejak abad ke 18 Masehi.

Di media sosial Omed-omedan ini diartikan sebagai tradisi cium-ciuman, tapi kalau dilihat yang sebenarnya, omed-omedan ini merupakan tradisi tarik-tarikan yang hanya boleh dilakukan oleh anggota yang baru masuk ke perguruan tinggi hingga mereka yang belum menikah.

Bagi mereka yang sedang berhalangan pasti tidak akan dibolehkan ikut serta dalam Acara Omed-omedan ini.

Tradisi Ikipalin (Papua)
4 Tradisi Paling Unik di Indonesia

Terakhir tradisi Paling unik yang akan coba kita ulas pada postingan kali ini adalah Tradisi ikipalin yang berasal dari tanah papua. Sebenarnya tradisi yang satu ini merupakan salah satu tradisi yang sangat ekstrim yang ada di dunia.

Karena pada dasarnya Tradisi Ikipalini ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh Suku Dani di Lembah Paliem, papua. Tujuan dari para suku dani ini melakukan tradisi ikipalin ini adalah untuk mengungkapkan kesedihannya ketika ditinggal pergi (Meninggal) oleh salah satu anggota keluarganya.

Setiap ada seseorang dari anggota keluarga yang meninggal dari suku terebut mereka akan memoton 1 dari 10 jari yang mereka miliki. Hal tersebut mereka lakukan dengan alasan untuk menghindari malapetaka yang membuat nyawa yang hilang terlulang kembali.

Tradisi ikipalin ini dilakukan dengan menggunakan beberapa benda tajam layaknya pisau, kapak, parang maupun benda-benda tajam lainnya. Tapi seiring terbukanya suku dani ini dengan orang-orang luar daerah, mereka sudah lebih memahami akan kenyataan yang sebenarnya dan kebanyakan dari mereka yang sudah mulai meninggalkan tradisi paling mengerikan yang satu ini.

Nah, itulah 4 Tradisi Paling Unik di Indonesia yang sudah admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasti tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Tradisi Paling Unik di Indonesia"