Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Smartphone Gaming Terbaik 2021

AttailahPetir Berbicara tentang smartphone untuk sekarang ini, maka tidak akan lepas dari yang namanya gaming, karena untuk sekarang ini sebuah perangkat smartphone tidak hanya mampu menjalankan  satu tugas saja. Akan tetapi sudah mampu untuk menjalankan berbagai tugas yang dibutuhkan oleh setiap penggunanya.

4 Smartphone Gaming Terbaik 2021
Source Image: theverg.com

Salah satu kebutuhan dari pengguna smartphone untuk sekarang ini adalah untuk menjalankan game. Tidak hanyag game-game yang ringan saja, akan tetapi mampu untuk menjalankan beberapa game dengan kategori berat yang ada saat ini.

Jika dilihat secara fungsi, ada 5 fungsi utama sebuah smartphone yang mana diantaranya adalah:

  • Sebagai alat komunikasi.
  • Sebagai alat bantu dalam keadaan darurat.
  • Sebagai salah satu sarana penyimpan nomor hp.
  • Sebagai alat bantu hitung dalam keadaan darurat.
  • Sebagai media penunjuk waktu.

Sebenarnya masih ada beberapa fungsi lain dari sebuah smartphone yang masih belum tersebutkan. Tapi menurut admin 5 fungsi tersebut merupakan fungsi utama dari sebuah smartphone yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk saat ini.

Namun dikarenakan waktu yang terus bejalan dan perkembangan yang terjadi di bidang teknologi yang semakin pesat. Fungsi utama dari sebuah smartphone seakan sudah terabaikan, karena kebanyakan orang yang punya smartphone untuk saat ini lebih mengutamakan untuk menggunakan smartphone tersebut sebagai salah satu sarana hiburan.

Baik itu untuk bermain game, nonton film, mendengar music, hingga mencari referensi berbagai macam bahan dengan cara browsing di internet. Tapi salah satu dari sekian banyak fungsi dari smartphone tersebut, yang paling banyak digunakan adalah untuk kebutuhan bermain game dengan berbagai alasan.

Tapi seperti yang kita tahu kalau ada sejumlah game yang masuk kedalam kategori berat saat ini yang tidak akan mampu dijalankan pada semua smartphone. Mungkin hanya mampu di jalankan pada smartphone-smartphone tertentu saja.

Pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Smartphone Gaming Terbaik di tahun 2021 ini menurut admin pribadi. Bagi anda yang penasaran smartphone-smartphone mana saja, langsung saja kita ulas satu per satu di bawah ini.

Asus ROG Phone 5 Ultimate
4 Smartphone Gaming Terbaik 2021
Source Image: engadget.com

Bagi sebagian besar orang indonesia sudah pasti tidak terdengar aneh lagi dengan perangkat smartphone yang satu ini, pasalnya smartphone buatan asus yang satu ini tidak hanya punya desain yang khas gaming saja akan tetapi Asus ROG Phone 5 Ultimate ini juga punya spek monster yang mampu melibas berbagai macam aplikasi hingga game berat sekalipun.

Tanpa mengabaikan fungsi utamanya sebagai sebuah smartphone seperti aplikasi untuk komunikasi baik voice, video hingga tex sekalipun tetap masih bisa dilakukan dengan lancar jaya oleh smartphone yang satu ini.

Untuk spesifikasinya sendiri Asus ROG Phone 5 Ultimate ini sudah menggunakan prosessor terbaru saat ini ( saat pembuatan postingan ini ) yakni Qualcomm Snapdragon 888 yang ditemani RAM dengan kapasitas 18GB yang tentunya sudah sangat-sangat mencukupi bahkan lebih untuk kebanyakan pengguna sekarang ini.

Selain itu penggunaan kartu grafis Adreno 660 juga akan sangat membantu pada saat menjalankan game berat dengan grafis yang tinggi.

Walaupun Asus ROG Phone 5 Ultimate ini merupakan sebuah smartphone gaming, tapi Asus tidak melupakan kamera pada smartphone gaming yang satu ini. Karena meskipun kamera bukan merupakan nilai jual utama pada ROG Phone 5 Ultimate ini, tapi tetap saja asus masih membekali smartphone gaming mereka yang satu ini dengan Triple Camera untuk kamera utamanya.

Masing-masing lensanya punya resolusi 64+13+5MP sebagai kamera utama dari Asus ROG Phone 5 Ultimate ini. Sedangkan untuk kamera selfienya sendiri juga sudah lumayan yakni sudah punya resolusi 24 MP yang seharusnya sudah sangat-sangat mencukupi untuk kebutuhan setiap pengguna untuk sekarang ini.

Untuk layarnya sendiri Asus juga membekali Asus ROG Phone 5 Ultimate ini dengan layar yang berukuran 6,78 Inch dengan resolusi 1080 X 2448 pixel. Layar yang digunakan tersebut juga merupakan layar AMOLED lengkap dengan Refresh Rate 144Hz dan tentunya juga sudah mendukung HDR 10+.

Dikarenakan smartphone yang satu ini merupakan sebuah smartphone yang ditargetkan untuk para gamer, maka baterai yang ditanamkan juga pastinya sudah punya kapasitas yang besar. Hal tersebut juga bisa ditemukan pada Asus ROG Phone 5 Ultimate ini karena baterai yang digunakan pada smartphone ini yang sudah punya kapasitas 6000mAh dan seharusnya sudah sangat-sangat mencukupi untuk kebutuhan setiap gamer saat ini.

Dengan segenap keunggulan yang ditawarkan Asus pada smartphone gaming mereka yang satu ini maka tidak akan terasa aneh kalau harga smartphone yang satu ini yang menyentuh harga dari sebuah smartphone Flagship. Harga dari Asus ROG Phone 5 Ultimate ini berdasarkan pantauan admin pada saat pembuatan postingan ini dimulai dari angka Rp 22 jutaan saja ( Note: Harga bisa berubah sewaktu-waktu ).

Table Spek

Dimensi

Bobot

 

172.8 x 77.3 x 10.3 mm 

238 gram

Layar

 

Ukuran

Resolusi

Fitur

 

 

 

6,78 inch ( AMOLED )

1080 x 2448 pixel

144 Hz

HDR 10+

Bightness Maksimal 1200 nits

Performa

 

Prosessor

RAM

GPU

 

 

 

Qualcomm Snapdragon 888 (5G)

18 GB

Adreno 660

 

Memori Internal

Memori External

512 GB

Tidak Tersedia

Kamera Utama

Lensa Utama

Lensa Kedua

Lensa Ketiga

 

Kamera Selfie

Triple Camera

64 MP, f/1.8, 26mm (wide)

13 MP, f/2.4, 11mm (ultriwide)

5 MP, f/2.0, (macro)

 

24 MP, f/2.5, 27mm (wide)

Kapasitas Baterai

6000 mAh

 ZTE Nubia Red Magic 6 Pro

4 Smartphone Gaming Terbaik 2021
Source Image: phonesdata.com

Selanjutnya Smartphone Gaming Terbaik di tahun 2021 ini yang mungkin bisa menjadi salah satu smartphne yang patut untuk anda pertimbangkan adalah ZTE Nubia Red Magic 6 Pro. Dimana secara desain, smartphone gaming yang satu ini juga tampil dengan bentuk dan model khasnya smartphone gaming lain yang beredar di pasaran saat ini.

Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan spesifikasi badak guna mendukung setiap orang yang hendak menjalankan berbagai macam game berat pada ZTE Nubia Red Magic 6 Pro dengan lancar jaya tanpa ada masalah sama sekali.

Pada dasarnya ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini merupakan salah satu smartphone yang bisa dikatakan sangat populer di hongkong. Walaupun untuk pasaran indonesia Asus masih mendominasi pasar smartphone gaming melalui ROG Phone buatan mereka.

Dibekali dengan prosessor Snapdragon 888 yang punya fabrikasi 5 nm tentu akan sangat membantu mendongkrak performa dari smartphone yang satu ini. Selain itu, berkat teknologi terbaru yang lebih canggih dari generasi sebelumnya dan ukuran prosessornya yang sedikit lebih kecil yang membuat performa dari ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini menjadi lebih ngebut meskipun konsumsi daya baterainya lebih awet dibandingkan dengan prosessor Snapdragon generasi sebelumnya.

Performa yang kencang tersebut juga di imbangi dengan penggunaan RAM yang tergolong sudah sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan untuk saat ini, karena ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini sudah dibekali dengan RAM yang berkapasitas 8 atau 12 GB.

Dikarenakan ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini merupakan smartphone yang ditargetkan untuk pasar gaming, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak membahas GPU yang digunakan pada smartphone gaming yang satu ini. GPU yang digunakan pada smartphone ini pun merupakan salah satu GPU terbaik untuk smartphone gaming saat ini yakni GPU Adreno 660.

Selain itu, untuk mendukung setiap penggunanya melakukan Recording game yang mereka mainkan secara langsung di smartphone melalui software bawaan dari ZTE ini, ZTE juga membekali ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini dengan internal storage yang sudah mencukupi untuk sekarang ini. Dengan 3 pilihan internal Storage yang ditawarkan yang masing-masing berkapasitas 128, 256 dan juga 512 GB pastinya sudah sangat memumpuni untuk kebutuhan pengguna smartphone gaming yang satu ini untuk menyimpan berbagai macam file terutama file video hasil Recording game di smartphone tersebut dalam jumlah yang lumayan banyak.

Selanjutnya yang mungkin merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan pada ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini ada pada bagian layarnya, dimana layar yang digunakan pada smartphone gaming ini sudah memiliki Refresh Rate 165 Hz, yang mana itu artinya layar yang digunakan pada smartphone gaming ini masih lebih canggih dibandingkan dengan beberapa monitor gaming yang ada di pasaran saat ini.

Sama seperti Asus ROG Phone yang sudah kita bahas tadi, ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini juga sudah dibekali dengan Triple camera sebagai kamera utamanya ( meski nilai jual utama dari smartphone ini bukan berasal dari sektor kamera ). Masing-masing lensanya punya konfigurasi 64 +8+2MP yang seharusnya sudah cukup untuk aktivitas para gamer mengambil gambar dan untuk kamera selfie nya ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini juga hanya dibekali dengan 1 buan lensa kamera saja yakni dengan resolusi 8 MP saja.

Walaupun tidak sebesar kapasitas baterai Asus ROG Phone yang sudah kita bahas pada posisi pertama tadi, tapi ZTE Nubia Red Magic 6 Pro ini punya kapasitas baterai yang tergolong cukup meski lagi-lagi bukan yang terbesar dikelas nya, dengan dibekali baterai berkapasitas baterai 5.050 mAh Admin rasa sudah standarnya kapasitas baterai di tahun 2021 ini.

Dari sisi harga, ZTE Nubia Red Magic 6 Pro dijual pada rentang harga Rp 15 jutaan rupiah saja.

Table Spek

Dimensi

Bobot

 

169.9 x 77.2 x 9.7 mm

220 gram

Layar

 

Ukuran

Resolusi

Fitur

 

 

 

6,8 inch ( AMOLED )

1080 x 2400 pixel

165 Hz

1 Milliar warna

Bightness Maksimal 630 nits

Performa

 

Prosessor

RAM

GPU

 

 

 

Qualcomm Snapdragon 888 (5G)

8/12GB

Adreno 660

 

Memori Internal

Memori External

128/256/512 GB

Tidak Tersedia

Kamera Utama

Lensa Utama

Lensa Kedua

Lensa Ketiga

 

Kamera Selfie

Triple Camera

64 MP, f/1.8, 26mm (wide)

8 MP, f/2.0, 13mm (ultriwide)

5 MP, (macro)

 

8 MP, f/2.0 (wide)

Kapasitas Baterai

5.050 mAh

Xiaomi Blackshark 4 Pro
4 Smartphone Gaming Terbaik 2021
Sumber: Bludiode.com

Kebanyakan orang indonesia hanya mengenal ROG Phone sebagai smartphone gaming terbaik yang ada dipasaran indonesia saat ini, dan memang wajar-wajar saja kalau Asus sudah mampu mendominasi pasar perangkat gaming saat ini mulai dari perangkat PC atau laptop, Smartphone hingga perangkat Headset pun mereka produksi khusus edisi gaming.

Maka tidak akan terasa aneh kalau lantas orang lebih mengenal asus sebagai rajanya perangkat gaming di pasaran indonesia, tapi walau bagaimana pun masih ada pesaing ketatnya yang sama sekali tidak bisa diremehkan dalam hal smartphone gaming yang memang benar-benar bisa diandalkan saat ini. Perangkat tersebut merupakan smartphone gaming andalan Xiaomi yang selalu dipercaya sebagai perusak harga pasaran smartphone lain saat ini.

Produk tersebut adalah berupa smartphone gaming mereka yakni Xiaomi Blackshark 4 pro. Hal tersebut sudah mulai terlihat dari desain smartphone yang satu ini yang sangat kental dengan desain perangkat-perangkat gaming lain saat ini.

Dikarenakan desain dari Perangkat yang satu ini sudah terlihat look gamingnya, maka seharusnya Blackshark 4 Pro ini juga sudah dibekali dengan spesifikasi yang gahar guna mendukung para calon pengguna nantinya untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan game berat di smartphone gaming buatan Xiaomi yang satu ini.

Xiaomi dengan amannya menyematkan prosessor kencang layaknya ke 2 smartphone gaming yang sudah kita bahas di atas tadi yakni Prosessor Snapdragon 888 dengan fabikasi 5 nm seperti yang sudah admin jelaskan diatas tadi. Prosessor yang kencang tersebut dipadukan dengan pilihan RAM yang masing-masing punya kapasitas 8,12 dan 16 GB yang seharusnya sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan gaming saat ini.

Adapun untuk kartu grafis yang disematkan Xiaomi pada Blackshark 4 Pro ini pada dasarnya sama dengan kartu grafis yang digunakan pada kedua smartphone gaming yang sudah kita bahas diatas tadi yakni GPU Adreno 660.

Untuk urusan layar juga Xiaomi juga tidak main-main, mereka membekali Blackshark 4 Pro ini dengan layar berukuran 6,67 inch dengan Resolusi 1080 X 2400 pixel yang sudah sangat memadai untuk kebutuhan gaming di smartphone bagi kebanyakan orang sekarang ini. Layar tersebut juga sudah punya Refresh Rate 144 Hz pastinya.

Walaupun Xiaomi Blackshark 4 Pro ini merupakan smartphone kelas gaming. Tapi Xiaomi juga masih membekali perangkat gaming mereka yang satu ini dengan Triple camera untuk kamera utamanya yang masing-masing punya resolusi 64+8+5 MP dan untuk kamera selfienya hanya dibekali dengan 1 lensa kamera saja yakni dengan resolusi 20 MP f/2.5.

Yang mungkin sedikit kekurangan dari Xiaomi Blackshark 4 Pro ini ada pada bagian kapasitas baterai yang ditawarkan, karena Xiaomi hanya membekali Blackshark 4 Pro ini dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh saja. Tapi walaupun baterai tersebut tidak tergolong besar untuk sebuah smartphone gaming, proses pengisian ulang daya baterainya juga sangat-sangat cepat karena sudah mendukung fastcharging 120 watt yang mampu mengisi baterai dari 0 ke 50% dalam jangka waktu 5 menit saja dan 0 ke 100% dalam jangka waktu 15 menit saja.

Dengan segenap keunggulan yang ditawarkan Xiaomi pada perangkat mereka yang satu ini, maka tidak akan terlalu mahal jika harga yang harus dibayar untuk bisa membawa pulang 1 unit Xiaomi Blackshark 4 Pro ini yang dimulai dari angka Rp 11,8 Jutaan saja.

Table Spek

Dimensi

Bobot

 

163.8 x 76.4 x 9.9 mm

220 gram

Layar

 

Ukuran

Resolusi

Fitur

 

 

 

6,67 inch ( Super AMOLED )

1080 x 2400 pixel

144 Hz

HDR 10+

Bightness Maksimal 1300 nits

Performa

 

Prosessor

RAM

GPU

 

 

 

Qualcomm Snapdragon 888 (5G)

8/12/16GB

Adreno 660

 

Memori Internal

Memori External

256/512 GB

Tidak Tersedia

Kamera Utama

Lensa Utama

Lensa Kedua

Lensa Ketiga

 

Kamera Selfie

Triple Camera

64 MP, f/1.8, (wide)

8 MP, f/2.2  (ultriwide)

5 MP, f/2.4, (macro), AF

 

20 MP, f/2.5, (wide)

Kapasitas Baterai

4.500mAh

Asus ROG Phone 5 Pro
4 Smartphone Gaming Terbaik 2021
Sumber: Gizmochina.com

Terakhir Smartphone Gaming Terbaik menurut admin pribadi dan mungkin bisa menjadi salah satu smartphone gaming anda yang sedang mencari smartphone untuk kebutuhan gaming kembali berasal dari Brand Asus yakni Asus ROG Phone 5 Pro.

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau Asus merupakan salah satu produsen perangkat gaming paling tenar saat ini. Hal tersebut terbukti dari angka penjualan perangkat-perangkat gaming mereka yang semakin hari semakin tinggi baik itu berasal dari perangkat berupa laptop, mouse, headset hingga smartphone gaming mereka yang tidak kalah menarik perhatian banyak orang.

Jika pada posisi pertama yang sudah kita bahas tadi adalah Asus ROG Phone 5 Ultimate, maka Asus ROG Phone 5 Pro ini merupakan smartphone gaming terbaik kedua yang mampu memberikan pengalaman bermain game di smartphone secara maksimal untuk pasaran smartphone gaming di indonesia saat ini.

Look Asus ROG Phone 5 Pro ini sebagai smartphone gaming sudah mulai terlihat di bagian luar bodynya layaknya kakak dari Asus ROG Phone 5 Pro ini yakni ROG Phone 5 Ultimate. Tapi dengan sedikit pegurangan di bagian spek admin rasa smartphone gaming yang satu ini masih sangat-sangat layak untuk anda pertimbangkan.

Dibekali dengan prosessor yang kencang seperti yang digunakan pada ketiga smartphone gaming yang sudah kita bahas diatas tadi yakni Snapdragon 888, Asus ROG Phone 5 Pro ini juga mampu menjalankan berbagai macam game berat yang ada di playstore saat ini dengan lancar jaya tanpa ada kendala sama sekali, apalagi RAM yang dibenamkan pada smartphone gaming yang satu ini yang punya kapasitas 16 GB yang admin rasa sudah lebih dari cukup sebenarnya.

Jika pada Asus ROG Phone 6 Ultimate RAM yang digunakan sudah yang paling mentok punya, maka Asus ROG Phone 5 Pro ini juga hanya terdiri dari 1 pilihan RAM dan 1 pilihan storage saja yakni dengan kapasitas RAM 16 GB dengan internal storage 512 GB.

Selebihnya mungkin akan sama saja dengan ROG Phone 5 Ultimate yang punya spesifikasi yang gahar. Memang pada dasarnya hampir semua bagian sama-sama saja dengan ROG Phone 5 Ultimate, yang mungkin jadi pembedanya ada pada bagian RAM dan harga yang ditawarkan.

Jika Asus ROG Phone 5 Ultimate dijual pada rentang harga Rp 22 Jutaan, maka Asus ROG Phone 5 Pro ini dijual pada rentang Harga Rp 20,5 Jutaan saja. Untuk spesifikasi yang lebih lengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Table Spek

Dimensi

Bobot

 

172.8 x 77.3 x 10.3 mm

238 gram

Layar

 

Ukuran

Resolusi

Fitur

 

 

 

6,78 inch ( AMOLED )

1080 x 2400 pixel

144 Hz

HDR 10+

Bightness Maksimal 1200 nits

Performa

 

Prosessor

RAM

GPU

 

 

 

Qualcomm Snapdragon 888 (5G)

16GB

Adreno 660

 

Memori Internal

Memori External

512 GB

Tidak Tersedia

Kamera Utama

Lensa Utama

Lensa Kedua

Lensa Ketiga

 

Kamera Selfie

Triple Camera

64 MP, f/1.8, 26mm, (wide)

13 MP, f/2.4, 11mm, (ultriwide)

5 MP, f/2.0, (macro), AF

 

24 MP, f/2.5, 27mm, (wide)

Kapasitas Baterai

6.000mAh

 

Nah, Itu dia 4 Smartphone Gaming Terbaik di tahun 2021 ini menurut pribadi yan berhasil admin rangkum dan admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk mereka yang sedang mencari smartphone terbaik untuk kebutuhan Gaming. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Smartphone Gaming Terbaik 2021"