Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Membeli iPhone Bekas

AttailahPetirSebenarnya untuk saat ini ada banyak sekali orang yang ingin memiliki produk-produk Apple dengan berbagai alasan mereka masing-masing, baik itu berupa ipod, iPhone, iPad, iMac, Macbook, Air Pods hingga beberapa perangkat buatan Apple lainnya layaknya Apple Home.

4 Tips Membeli iPhone Bekas

Namun, seperti yang kita tahu kalau setiap barang yang dikeluarkan oleh Apple selalu harganya yang menjadi masalah karena memang tidak akan mampu dijangkau oleh semua orang terutama dari kalangan menengah kebawah.

Maka dari itu, satu-satunya solusi yang mungkin bisa dicoba oleh orang-orang tersebut adalah dengan membeli perangkat Apple dalam kondisi bekas. Salah satu produk Apple yang sedang ramai-ramai nya di buru oleh masyarakat terutama masyarakat indonesia adalah berupa perangkat iPhone.

Maka dari itu, pada postingan kali ini admin ingin memberikan 4 Tips Membeli iPhone Bekas menurut admin pribadi. Perlu menjadi catatan kalau semua Tips yang admin sebutkan pada postingan ini merupakan murni pendapat admin pribadi, mungkin akan banyak dari anda yang tidak akan setuju dengan Tips yang admin  berikan pada postingan kali ini.

Tapi harapan admin apa yang admin sampaikan pada postingan kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang memang sedang ingin membeli iPhone bekas. Bagi anda yang penasaran Tipsnya apa-apa saja, langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Telusuri & Bandingkan Harga Pasaran
4 Tips Membeli iPhone Bekas

Mungkin tips yang satu ini merupakan tips yang paling umum yang harus dilakukan oleh setiap orang yang hendak membeli sebuah iPhone dalam keadaan bekas. Karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau harga setiap perangkat keluaran Apple harganya selalu lebih mahal dibandingkan dengan kebanyakan smartphone-smartphone lain pada umumnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan smartphone android di kelas yang sama pun Smartphone buatan apple masih jauh lebih mahal. Maka dari itu, ada baiknya untuk anda yang sedang mengincar perangkat-perangkat Apple terutama iPhone untuk membandingkan harga smartphone yang anda incar tersebut.

Karena untuk sekarang ini harga setiap barang yang ada di pasaran sudah sangat mudah di dapat, anda hanya perlu membuka browser google lalu mengetik informasi yang akan anda cari, dan semuanya akan muncul di layar smartphone atau dekstop anda masing-masing.

Membandingkan harga pasaran iPhone yang akan dibeli bertujuan untuk mendapatkan harga yang ideal dari iPhone bekas tersebut. Harga yang akan anda dapatkan nantinya bukan merupakan harga yang paling mahal tapi bukan pula harga yang paling murah.

Karena jika harga iPhone yang ditawarkan untuk anda terlalu mahal maka bisa dipastikan kalau penjual iPhone tersebut tidak memiliki niat yang serius untuk menjual iPhone tersebut. Tapi jika harga iPhone tersebut terlalu murah maka patut dicurigai keaslian dari iPhone tersebut, karena akhir-akhir ini tidak sedikit iPhone KW super murah yang beredar di pasaran indonesia.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memilih harga iPhone bekas yang paling masuk akal untuk anda bandrol.

Cek Kondisi iPhone SeDetail Mungkin
4 Tips Membeli iPhone Bekas

Tips selanjutnya untuk anda yang hendak membeli iPhone bekas adalah untuk mengecek terlebih dahulu kondisi dari iPhone yang akan anda beli tersebut. Pastikan iPhone tersebut dalam kondisi yang baik.

Anda bisa meminta jaminan dari penjual kalau iPhone yang akan mejual iPhone ke anda tersebut merupakan barang yang masih layak untuk digunakan, dan patut dicurigai jike mereka menolak untuk memberikan jaminan walaupun selama beberapa hari saja jika iPhone tersebut merupakan sebuah iPhone yang sedang bermasalah.

Tips yang satu ini sebenarnya sangat-sangat penting, mengingat iPhone yang akan anda beli tersebut nantinya akan anda gunakan untuk kebutuhan anda pribadi bahkan anda akan gunakan sampai perangkat tersebut tidak layak digunakan lagi.

Tidak semua iPhone yang dijual oleh usernya dalam keadaan yang tidak layak lagi untuk digunakan, karena tidak sedikit dari Fansboy Apple yang menjual iPhone yang mereka miliki dengan alasan untuk Upgrade ke iPhone versi yang lebih tinggi.

Tapi tidak sedikit juga user iPhone yang menjual iPhone yang mereka punya karena kerusakan yang pernah mereka buat. Karena seperti yang kita tahu kalau barang-barang buatan Apple punya harga yang benar-benar mahal,  dan setiap ada kerusakan komponen iPhone tersebut terutama seri-seri iPhone yang baru, harga perbaikannya mungkin akan mencapai 40% hingga setengah dari harga iPhone baru.

Maka dari itu, ada baiknya untuk anda yang hendak membeli iPhone untuk mengajak teman anda yang sudah pernah atau sedang menggunakan iPhone dan mengerti tentang iPhone untuk mengecek smartphone tersebut sedetail mungkin dari yang mereka tahu, dengan tujuan iPhone yang akan anda boyong tersebut bisa lebih awet dan bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Cek IMEI
4 Tips Membeli iPhone Bekas

Poin ketiga yang harus anda lakukan pada saat hendak membeli iPhone bekas adalah mengecek IMEI iPhone bekas tersebut apakah sudah terdaftar di Kemenperindo atau belum. Sebenarnya Tips yang satu ini tidak hanya berlaku untuk pembelian iPhone bekas saja, akan tetapi juga berlaku untuk pembelian smartphone-smartphone lainnya.

Karena seperti yang kita tahu kalau akhir-akhir ini pemerintah sudah mulai memperketat jalur masuknya smartphone-smartphone luar secara ilegal. Maka dari itu, ada baiknya sebelum anda memboyong iPhone bekas tersebut untuk mengecek terlebih dahulu IMEI dari iphone bekas yang akan anda beli tersebut.

Pada dasarnya harga smartphone di luar negeri lebih murah dibandingkan dengan harga smartphone yang ada di indonesia, selisih harganya bisa sampai 30 hingga 40% dari harga pabrik dari negara asalnya. Maka tidak akan terasa aneh kalau ada orang yang pernah jalan ke negara-negara tertentu yang pabrik smarpthone ternama seperti iPhone di Amerika Serikat untuk membeli langsung iPhone tersebut di negara yang dimaksud.

Hal tersebut dilakukan oleh pembeli demi menghindari harga yang ada di indonesia yang terlalu mahal. Tapi sekali lagi, harga smartphone di luar negeri adalah harga smartphone yang belum dikenakan berbagai macam Pajak sehingga harganya bisa ditekan jauh lebih murah, sedangkan harga saat smartphone tersebut masuk ke indonesia adalah harga yang sudah siap terima ke tangan para calon konsumen walaupun harganya hampir setengah kali lipat lebih mahal.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengecek IMEI iPhone bekas yang ingin anda beli tersebut langsung pada saat anda pegang unit smartphonenya. Karena ditakutkan pada saat anda sudah membeli smartphone tersebut, anda tidak menggunakan SIM Card dari semua Operator yang ada di indonesia, walaupun memang anda masih bisa mengakalinya dengan menggunakan Theatering Hotspot dari smartphone cadangan anda bagi yang punya, tapi sekali lagi hal tersebut akan terasa sangat jauh berbeda jika anda menggunakan SIM Card langsung pada smartphone yang anda miliki tentunya.

Usahakan Untuk Meminta Garansi Walaupun Hanya Beberapa Hari
4 Tips Membeli iPhone Bekas

Poin atau Tips terakhir yang harus anda lakukan pada saat anda melakukan pembelian iPhone dalam kondisi bekas adalah untuk meminta Garansi dari pemilik iPhone sebelumnya walaupun hanya beberapa hari saja.

Karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau smartphone yang dijual ke anda tersebut merupakan smartphone yang masih layak untuk digunakan pastinya pemilik sebelumnya dari iPhone tersebut tidak akan merasa keberatan sama sekali.

Akan tetapi jika iPhone yang akan dijual ke anda tersebut merupakan sebuah iPhone yang memang sedang dalam keadaan bermasalah baik itu dari bagian Hardware maupun Software, mereka akan menolak poin yang satu ini dengan berbagai macam alasan.

Memang, garansi iPhone bekas tidak akan selama garansi dari iPhone baru. Namun pemilik sebelumnya harus memberikan jaminan kalau iPhone yang akan mereka jual tersebut dalam keadaan yang baik, hal tersebut bisa mereka buktikan dengan memberikan garansi walaupun hanya beberapa hari untuk menjamin bahwa iPhone bekas tersebut masih sangat layak untuk digunakan bahkan tidak ada PR sama sekali.

Nah, itulah 4 Tips Membeli iPhone Bekas yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebu bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Tips Membeli iPhone Bekas"