Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

AttailahPetirIndustri kreatif merupakan jenis industri yang lebih berfokus pada penciptaan barang ataupun jasa, dengan mengandalkan keahlian, bakat dan juga kreativitas sebagai kekayaan intelektual yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Ekonomi Kreatif ini sendiri.

4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari industri kreatif ini, karena seperti yang kita tahu kalau ruang lingkup dari Industri Kreatif ini sangatlah luas. Tapi meskipun cakupan dari Industri Kreatif ini sangat luas, 4 Industri kreatif yang punya prospek yang baik di masa depan akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Bagi anda yang penasaran Industri Kreatif mana saja, Langsung saja kita coba ulas satu persatu dibawah ini.

Arsitektur
4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

Arsitektur merupakan proses perencanaan, perancangan, dan konstruksi bangunan atau struktur lainnya. Karya dari seorang arsitektur bisa dalam bentuk bangunan ataupun struktur dan dianggap sebagai simbol kultural dan juga sebagai karya seni. 

Arsitektur ini juga bisa diartikan sebagai seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, baik itu berupa jembatan, gedung bertingkat maupun jenis-jenis bangunan lainnya. Selain itu Arsitektur ini juga bisa diartikan sebagai metode ataupun gaya merancangan suatu konstruksi bangunan.

Orang yang merancang bangunan tersebut dikenal dengan nama Arsitek. Aktivitas merancang seorang arsitek dimulai dari level makro (perencanaan kota, arsitektur lansekap) hingga ke level mikro (detail konstruksi dan furnitur).

Adapun peran dari seorang Arsitek adalah untuk menciptakan suatu wadah atau ruang sebagai kelangsungan hidup manusia yang memungkinkan tercapainya kondisi optimal bagi pengembangan masyarakat sebagai pemakai dan juga terpeliharanya fungsi-fungsi alam dalam menjaga kesinambungan yang dinamis.

Wujud arsitektur ini sendiri sebenarnya bukan merupakan hasil ‘seni yang bebas’ ataupun kehendaknya dan melukis untuk dirinya sendiri. 

Akan tetapi, seni arsitektur ini merupakan ‘seni yang terikat’ oleh kaidah-kaidah tertentu sebagai seni terapan yang mampu dinikmati oleh berbagai pihak dan juga menjadi milik masyarakat, bangsa dan para pengamat yang berhak menikmati karyadari seorang arsitektur setempat (bukan impor dari luar).

Adapun tugas yang diemban oleh seorang arsitek ini pada dasarnya ada 6 yang diantaranya adalah:

  1. Membuat konsep rancangan
  2. Merancang
  3. Mengembangkan rancangan yang sudah direncanakan
  4. Memulai pengadaan pelaksanaan konstruksi
  5. Mengawasi secara berkala

Untuk jenis dari arsitektur ini sendiri pada dasarnya ada 5 jenis yang mana diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Design architect
  2. Technical architect
  3. Project manager
  4. Desainer interior
  5. Landscape architect

Sebagai salah satu industri kreatif Arsitek merupakan jenis industri kreatif dengan prospek yang baik ke depannya nanti. Maka tidak aneh rasanya kalau sampai kapan pun arsitektur ini masih tetap dibutuhkan guna membangun sebuah negara.

Walaupun memang kalau diperhatikan lebih detail banyak orang terutama di indonesia ini yang tidak memanfaatkan kemampuan dari seorang arsitek. Padahal jasa yang diberikan oleh seorang arsitektur sangatlah besar.

Desain Produk
4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

Selanjutnya jenis industri kreatif dengan prospek yang baik kedepannya nanti adalah Desain Produk atau yang lebih dikenal orang dengan istrilah desain kemasan. Secara umum, Desain Produk ini merupakan rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi calon pengguna nantinya (konsumen).

Biasanya, produk yang sebelumnya sudah dirancang dan akan diproduksi secara massal oleh suatau industri. Maka dari itu terkadang bidang studi yang satu ini juga dikenal dengan istrilah desain industri.

Atau bidang studi yang satu ini dikenal juga dengan istilah Industrial Design. Walaupun sebenarnya istilah tersebut tidak bisa diterjemahkan mentah-mentah menjadi desain industri, karena memang yang didesain itu bukanlah industrinya tapi produk yang dihasilkan oleh industri tersebut.

Adapun ruang lingkup dari Desain Produk ini sebenarnya sanga luas, namun 4 yang paling umum diantaranya adalah:

  1. Desain produk peralatan
  2. Desain perkakas lingkungan
  3. Desain alat transportasi
  4. Desain produk kerajinan (Kriya)

Untuk fungsi dari Desain Produk ini sendiri diantaranya:

  1. Menjadi identitas (brand) dari produk
  2. Melindungi produk (quality control)
  3. Menambah nilai produk

Jadi, secara keseluruhan Desain Produk ini bisa diartikan sebagai sebuah proses perancangan dan perencanaan suatu benda agar punya nilai lebih dalam berbagai aspeknya layaknya fungsi yang lebih efektif, tampilan yang lebih menarik hingga ke penggunaan yang lebih mudah dan juga nyaman, serta tidak sulit dirawat untuk kemudian diproduksi secara industri dengan lebih efisien pula, baik secara ekonomi maupun teknis sehingga mampu memberikan keuntungan bagi setiap calon konsumen (pengguna) dan produsen nantinya.

Desain Fashion
4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

Desain Fashion atau Design Mode merupakan sebuah seni merancang dan membuat pakaian serta  aksesoris lainnya, termasuk perhiasan, topi, sepatu, dasi dan juga ikat pinggang. Desain Mode ini sendiri adalah sebuah bidang yang sangat kompetitif, dengan hadirnya banyak desainer baru yang mencoba untuk memasuki pasar setiap hari. 

Industri Desain Fashion yang bisa dikatakan sukses adalah mampu mengkombinasikan antara keterampilan dan bakat yang ditambah dengan sedikit keberuntungan. Para pemula yang ingin menjadi perancang busana pastinya harus berfokus pada pengembangan keterampilan mereka dengan mendapatkan gelar desain mode mereka guna memberikan keunggulan dibandingkan dengan pesaing-pesaing yang lain.

Secara umum Desain Fashion ini bisa dibagi menjadi 2 yakni Design Structure ( Struktural Desain ) dan juga Decorative Design ( Desain Hiasan ). Design Structure ( Struktural Desain ) merupakan Desain struktur pada sebuah pakaian atau yang dikenal dengan sebutan siluet busana (silhoutte). 

Siluet ini sendiri merupakan garis luar dari suatu pakaian yang tampa bagian-bagian atau detail seperti lipit, kerut, kelim, kup dan lain-lain. Tapi, jika detail ini ditemukan pada desain struktur maka fungsinya hanyalah sebagai pelengkap saja.

Sedangkan Decorative Design ( Desain Hiasan ) merupakan jenis desain yang bertujuan untuk menambah keindahan desain struktur atau siluet. Decorative Desgin ini sendiri bisa berupa krah, saku, renda, sulaman, kancing hias, bis dan lain-lain.

Dengan sedikit banyaknya penjelasan yang admin paparkan diatas, maka bisa disimpulkan kalau Desain Fashion ini merupakan salah satu industri kreatif yang memang selalu dibutuhkan dan akan tetap Trend sampai kapan pun. Karena memang sampai kapan pun orang-orang tetap akan menggunakan Pakaian untuk melindungi tubuh mereka.

Hanya saja bentuk dan model dari pakaian itu sendiri seperti apa dan disitulah peran dari seorang Desainer pakaian.

Videography
4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik

Terakhir industri kreatif yang punya prospek yang baik kedepannya yang admin tahu adalah industri kreatif yang bergerak dibidang Videography. Mungkin sudah sangat umum orang tahu akan industri kreatif yang satu ini, pasalnya videography ini merupakan jenis industri kreatif yang bergerak dibidang visualisasi.

Orang yang menjalankan profesi di bidang Videografi ini disebut Videografer. Untuk sekarang ini profesi yang satu ini bisa dikatakan sedang naik daun bahkan bisa dibilang sedang sangat dibutuhkan, dimana platform penampung hasil karya videografer ini sudah sangat banyak.

Dalam ilmu sosial, videografi juga bisa mengacu pada metode penelitian khusus analisis video, yang menggabungkan antara etnografi dengan rekaman urutan interaksi yang dianalisis secara rinci dengan cara dikembangkan atas dasar analisis percakapan.

Untuk jenis dari Videografi ini sebenarnya sangatlah banyak, namun yang paling umum diantaranya adalah:

  1. Film Dokumenter
  2. Video Youtube
  3. Produksi Film Pendek
  4. Videografi Training
  5. Videografi Komunikasi Visual
  6. Videografi Jurnalistik
  7. Video Masak
  8. Video Dokumentasi Acara
  9. Video Biografi
  10. dll.

Dari sekian banyak jenis videografi diatas, yang paling banyak ditekuni oleh kebanyakan orang sekarang ini adalah video youtube, dimana setiap orang yang berkontribusi membuatkan video untuk d upload ke youtube di sebut content creator ( Youtuber ).

Jika video yang dibuat tersebut mampu menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya, maka tidak menutup kemungkinan kalau orang mengupload video tersebut nantinya bisa mendapat income. Maka dari itu, Industri kreatif yang satu ini bisa dibilang salah satu industri kreatif yang paling digemari saat ini hingga jangka waktu yang tidak menentu nantinya.

Itulah 4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik yang admin tahu dan bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk mereka yang ingin terjun dibidang industri kreatif.

Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Industri Kreatif Dengan Prospek Yang Baik"