Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kuliner Khas Kota Sibolga

AttailahPetir - Kota Sibolga merupakan salah satu kota madya yang adaa di provinsi Sumatra Utara. Kota ini sendiri beradai di pantai barat pulau Sumatra dan membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan yang berada pada kawasan Teluk Tapian Nauli. 

4 Kuliner Khas Kota Sibolga

Untuk Jaraknya sendiri sekitar 350 km dari kota Medan atau sekitar 8 jam perjalanan menggunakan Jalur darat. Kota Sibolga ini juga merupakan salah satu kota terkecil yang ada di indonesia karena hanya memiliki luas 10,77 km², Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Sibolga 2021, kota ini memiliki penduduk sebanyak 89.584 jiwa di tahun 2020 lalu dengan kepadatan penduduk 8.318 jiwa/ km².

Sebagai sebuah kota sudah seharunya Sibolga ini punya keunikan-keunikannya tersendiri baik dari segi adat dan budaya hingga ke Kuliner Khas dari Kota tersebut. 4 Kuliner Khas Sibolga tersebut akan coba kita bahas pada postingan kali ini. Bagi anda yang penasaran Kuliner tersebut apa-apa saja, langsung saja kita bahas satu persatu di bawah ini.

Ikan Panggang Pacak 
4 Kuliner Khas Kota Sibolga

Ikan Panggang Pacak merupakan jenis ikan bakar tepuk, dimana ikan ini dibakar yang diberi bumbu dan dibakar layaknya ikan bakar lain pada umumnya. Namun yang membedakannya ikan Panggang Pacak dengan ikan-ikan bakar lain pada umumnya adalah Ikan Panggang Pacak ini ditepuk-tepuk secara lembut dengan menggunakan batang serai yang sudah terlebih dahulu dicampur ke dalam bumbu. 

Masyarakat Sibolga sendiri pertama kali menemukan racikan Ikan Panggang seperti ini dan Hampir semua rumah makan di daerah Sibolga menyuguhkan masakah yang sangat enak ini. Tapanuli Tengah sendiri merupakan salah satu Kabupaten Sumatera Utara yang punya wisata keramba karang atau yang lebih dikenal dengan wisata bawah laut yang berada di kecamatan Tapian Nauli. 

Para pengunjung bisa menikmati kuliner yang satu ii hampir di semua rumah makan atau restoran yang berada di kawasan yang tersebar di pusat jajanan pesisir pantai. Jadi, tidak heran kalau Ikan Panggang Pacak yang enak tersebut dapat ditemukan di pesisir pantai Tapian Nauli ini.

Selain itu, Ikan pacak ini juga punya aroma yang cukup melekat di hidung. Alhasil, tidak sedikit orang yang mencium aroma kuliner yang satu ini ngiler dan ingin mencobanya langsung.

Pada dasarnya jenis ikan yang digunakan untuk membuat Ikan Panggang Pacak ini adalah berupa ikan kakap, ikan Gabu atau bahasa terkenalnya giant traveling/ Kembung dan ikan Mas,ikan kue, baronang, atau senangin. 

Untuuk membuat kuliner ini sendiri sebenarnya gampang-gampang susah, karena anda harus bersabar dan telaten membolak balikan ikan sekitar 30 menit lebih yang telah dilumuri oleh bumbu khasnya. Namun bagi anda yang tidak mau ribet membuatnya, anda cukup merogoh kocek senilai Rp 15 Hingga 20 ribu saja untuk 1 Porsi Ikan Panggang Pacak ini.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Sibolga, rugi rasanya jika anda tidak menyempatkan diri unuk menyantap Kuliner Khas Sibolga yang satu ini.

Mie Gomak
4 Kuliner Khas Kota Sibolga

Bagi yang belum tahu, Mie Gomak ini merupakan mie yang diaduk langsung dengan tangan alias gomak.  Anda juga akan melihat para penjual memasaknya dengan tungku tradisional demi menjaga rasa dan aroma bumbu Andalimannya yang terkenal enak.

Andaliman yang merupakan Penyumbang rasa spesial yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Anda juga akan merasakan tekstur mie yang kenyal-kenyal gurih dengan sentuhan pedas dan asam yang terasa pas. 

Sebenarnya ada banyak sekali jenis menu olahan mie gomak ini yang bisa dinimkati layaknya mie gomak kuah, mie gomak goreng hingga mie gomak bumbu kacang. Untuk keistimewaan dari Mi Gomak ini sendiri ada pada rasa pedas ketir dari percampuran cabai, bawang dan andaliman seperti yang sudah admin singgung tadi. 

Mie gomak ini juga kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan pagi di daerah-daerah tepian Danau Toba, mulai dari daerah Porsea, Laguboti, Balige, Tarutung hingga ke daerah Tapanuli Selatan. Bahkan di sibolga saja, di Kota Medan dan Deli Serdang juga untuk sekarang ini sangat mudah menemukan menu sarapan pagi mi gomak ini di warung makan.

Walaupun lagi-lagi bagi yang ingin menikmati langsung di Kota Sibolga juga tidak akan kalah nikmatnya. Biasanya, mi gomak ini akan disajikan dengan gorengan, laykanya ubi goreng, pisang goreng, godok-godok, tempe goreng, tahu goreng dan juga telur rebus.

Hanya dengan merogoh kocek senilai Rp 5.000 saja pengunjung sudah bisa menikmati 1 porsi Mie Gomak ini, bagi anda yang berkunjung ke Kota Sibolga jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Nasi Teu
4 Kuliner Khas Kota Sibolga

Jika kedua Kuliner yang sudah kita bahas diatas mnasih terasa kurang untuk anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini yang tidak lain adalah Nasi Teu. Nasi Tue ini sendiri menjadi menu andalan saat berbuka puasa pada saat bulan Ramadan dan hari-hari besar, serta syukuran pada saat peringatan kelahiran.

Di kalangan masyarakat Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, Kuliner yang satu ini seakan sudah menjadi budaya yang turun temurun diwariskan. Sehingga, peran makanan ini sangat penting bagi adat istiadat masyarakat sekitar kota sibolga.

Biasanya, Nasi Tue disajikan sebagai makanan penutup saat diadakan nya acara-acara tertentu. Makanan yang punya rasa yang manis, di mana paduan dari ketan yang legit yang disiraman dengan kuah manis yang di campur dengan buah durian akan semakin menambah selera makan setiap orang yang mencobanya, apalagi jika orang tersebut ada pecinta duria.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Nasi Teu ini sendiri dantaranya terdiri dari beras ketan, durian dan juga bahan baku tambahan seperti santan, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan.

Sementara itu untuk cara pengolahannya sendiri adalah dengan cara mengisi ketan lalu dikukus selama 20 menit. Selanjutnya santan, garam dan daun pandan serta buah durian dimasak dan dicampur jadi satu.

Sedangkan Untuk cara penyajianya sendiri, baisanya pulut atau ketan yang sudah masak dibentuk bulat di atas piring dan disiram dengan kuah santan yang dimasak dengan durian tadi dan dari bayangannya saja sudah terasa enaknya kuliner yang satu ini.

Tapi bagi anda yang tidak ingin ribet-ribet memasak, anda masih bisa menyantap kuliner ini di beberapa tempat di Kota Sibolga yang memang menyediakan Nasi Tue ini dengan merogoh kocek yang cukup terjangkau, yakni dimulai dari Rp 5.000 saja.

Gulai Ikan
4 Kuliner Khas Kota Sibolga

Sebenarnya jenis kuliner khas sibolga ini ada juga yang berasal dari daerah-daerah lain di indonesia, tapi dikarenakan Gulai Ikan yang sedang kita bahas pada postingan kali ini merupakan kuliner khas sibolga, pastinya ada beberapa perbedaan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan Gulai Ikan lain pada umumnya.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap kualitas dan juga rasa dari Gulai Ikan Sibolga ini, mulai dari jenis bahan hingga cara penyakjiannya. Pemilihan bahan yang segar juga menjadi salah satu faktor agar Gulai Ikan Khas Sibolga ini punya rasa yang mantap.

Cara penyajiannya sendiri juga ada bermacam-macam, tergantung dari orang yang memasak kuliner ini sendiri yang ingin rasanya seperti apat, tapi kebanyakan orang yang memasak kuliner yang satu ini lebih mememilih untuk memasak Gulai Ikan Khas Sibolga ini dengan rasa Asam Pedas manis.

Beberapa bahan utama untuk membuat Gulai Ikan ini dinatarany ada kepala ikan, kelapa parut, cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, serai, daun salam, daun jeruk, ketumbar bubuk, kelapa gongseng, garam dan juga penyedap

Untuk cara penyajiannya sendiri sebenarnya akan berbeda-beda dari setiap orang, tapi yang paling umumnya bisa dilihat langsung di situs Coockpad. Karena berbeda cara penyajiah maka akan berbeda pula rasa yang ditawarkan nantinya.

Tapi bagi anda yang tidak ingin ribet memasak terlebih dahulu atau anda yang akan berkunjung ke Kota Sibolga, maka cukup merogoh kocek senilai Rp 10 ribu saja untuk bisa menimati kuliner yang satu ini, dan Rp 15 ribu untuk paket lengkap dengan nasinya.

Nah, itulah 4 Kuliner Khas Kota Sibolga yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa pada potingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Kuliner Khas Kota Sibolga"