Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau

AttailahPetir - Printer berasal dari kata print yang dalam Bahasa Indonesianya Pint ini bermakna Cetak, dari namanya tersebut kita pasti juga mengerti fungsi printer ini yang bisa diguankan untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer ini tergolong ke dalam Hardware ( perangkat keras ) yang menyajikan representasi baik itu berupa tulisan ataupun grafis pada selembar kertas ataupun media semacamnya.

4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau

Printer elektronik sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 oleh sebuah perusahaan asal Jepang bernama Epson dan menjadi brand salah satu printer terbaik yang ada dipasaran indonesia saat ini. 

Mereka berhasil memproduksi printer elektronik pertama nya dengan nama EP-101. Pada mulanya Printer komersial masih menggunakan mekanisme dari mesin ketik elektrik, tapi karena banyaknya permintaan untuk kecepatan yang lebih tinggi akhirnya para perusahaan pembuat printer tersebut untuk mengembangkan printer komersial menjadi printer yang lebih baik seperti yang banyak beredar saat ini.

Untuk jenisnya sendiri printer ini pada dasarnya ada 3 jenis yaitu:

  1. Printer Injek
  2. Printer Laser Jet
  3. Printer Dotmatrik

Tapi seiring berkembangnya zaman, maka perkembangan di bidang teknologi pun terjadi dengan semakin pesat. Printer yang tadinya hanya bisa diguanakn untuk mencetak tulisan atau grafis pada sebuah kertas, saat ini sudah mampu mencetak sebuah objek 3 dimensi atau yang lebih dikenal dengan istilah Printer 3D.

Memang di indonesia printer 3D ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum, tapi bagi sebagian orang yang suka bereksperimen membuat sebuah objek baru, printer 3D ini merupakan salah satu peralatan yang harus ada.

Untuk harga dari Printer 3D ini sendiri pastinya lebih mahal dibandingkan dengan Printer-printer biasa pada umumnya karena kalau dilirik lebih jauh juga peruntukkan nya yang juga berbeda. Biasanya printer 3D ini digunakan untuk mencetak objek-objek atau pun prototipe yang dibutuhkan. 

Tapi pada postigan kali ini admin akan coba membahas tentang 4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau yang admin tahu. Bagi anda yang penasaran Printer-printer 3D mana saja, Langsung saja kita bahas satu per satu di bawah ini.

Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3
4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau
Sumber: Aliexpress.com

Jika biasanya kita memilih printer untuk digunakan sehari-hari berasal dari brand Epson, Canon ataupun sejenisnya, maka kali ini kita akan coba bahas sebuah printer 3D dari Brand yang berbeda yang berasal dari brand Anet yang tidak lain adalah Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3.

Printer 3D yang satu ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2017 lalu, namun memang tidak banyak orang yang tahu dan mengerti akan printer 3 Dimensi yang satu ini. Pasalnya printer yang satu ini merupakan Printer 3D yang sangat jarang digunakan apalagi oleh orang indonesia yang memang tidak terlalu membutuhkan printer 3 Dimensi yang satu ini.

Tapi secara keseluruhan, hasil cetakan dari Printer 3D yang satu ini patut untuk diacungi jempol karena mampu mencetak dengan kualitas yang sangat baik untuk ukuran sebuah printer dengan harga yang lumayan terjangkau.

Walaupun printer yang satu ini merupakan sebuah printer 3 Dimensi dengan harga yang lumayan terjangkau, tapi fitur yang ditawarkan sudah lumayan lengkap. Yang mana Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3 ini sudah dibekali dengan LCD berukuran kecil lengkap dengan Slot SD Card yang bisa digunakan untuk mengisi File STL.

Jadi dengan kata lain, Pengguna printer 3D yang satu ini bisa dengan mudah mencetak Project yang telah mereka buat di PC mereka masing-masing pada printer 3D ini. Budget yang harus di siapkan untuk bisa memboyong 1 unit Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3 ini dimulai dari angka Rp 3.600.000 saja.

Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer
4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau
Sumber: tevousa.com

Selanjutnya pilihan Printer 3Dimensi dengan harga yang menurut admin lumayan terjangkau adalah Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer. Dimana printer 3D yang satu ini sering kali menjadi alat bantu cetak Objek 3 Dimensi yang digunakan oleh para ilmuan dan juga para Desainer.

Pasalnya Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer ini punya ukuran yang tergolong ringkas dengan bentuknya yang sangat sederhana. Selain itu harga dari Printer 3D ini juga tergolong terjangkau untuk ukuran sebuah printer 3D.

Biasanya para ilmuan akan menggunakan printer ini untuk mencetak Objek untuk mereka jadikan Prototipe yang sedang mereka teliti. Berkat ukuran dari Printer 3D ini yang tergolong ringkas yang akan sangat membantu untuk calon pengguna yang punya ruang yang tergolong pas-pasan untuk meletakkan Printer 3 Dimensi yang satu ini.

Untuk menjalankan Printer 3D ini tegangan yang dibutuhkan adalah sebesar 12V dengan daya input nya sebesar 600 watt saja. Mungkin yang menjadi kendala dari kebanyakan calon pengguna Printer 3D ini ada pada bobotnya, dimana bobot dari Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer ini yang mencapai 7Kg.

Tapi hal tersebut terasa wajar-wajar saja menurut admin, karena memang bahan yang diguankan pada printer 3D ini yang berupa Besi, dan dikarenakan sudah menggunakan bahan besi, maka hal positif lainnya yang bisa didapatkan calon pengguna nantinya adalah Build Qualitynya yang tergolong kokoh dan juga solid.

Kecepatan cetak objek dari Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer ini menurut admin pribadi juga tergolong kencang karena mencapai 100mm/detik. Harga yang harus dibayar untuk bisa memboyong 1 unit Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer ini dimulai dari angka Rp 2.800.000 saja.

Sunhokey 3D Printer Prusa i3
4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau
Sumber: 3dprinterunivers.com

Pada posisi ketiga Printer 3Dimensi yang akan coba admin rekomendasikan untuk anda yang sedang mencari Printer 3D berasal dari Brand Sunhokey yakni Sunhokey 3D Printer Prusa i3. Selain dari Tarantula Prusa i3 3D Printer yang sudah kita bahas tadi, masih ada printer 3Dimensi yang menurut admin masih cocok untuk dipertimbangkan yakni Sunhokey 3D Printer Prusa i3.

Pada dasarnya Sunhokey 3D Printer Prusa i3 ini punya ukuran Layout yang lebih kurang sama dengan Printer 3D Tevo Tarantula Prusa i3 3D Printer yang sudah kita bahas tadi, namun yang mungkin akan menjadi perbedaan dari Printer 3D ini ada pada bagian frame nya yang terbuat dari bahan Acrylic.

Dengan diameter Nozzle 0,4 mm ukuran objek yang mampu dicetak oleh printer 3D yang satu ini maksimalnya berukuran 20 X 20 X 18mm. Tidak hanya itu, Sunhokey 3D Printer Prusa i3 ini juga sudah menggunakan LCD yang berguna untuk mempermudah setiap pengguna Printer 3D yang satu ini pada saat akan mencetak Objek yang mereka inginkan.

Jika kedua printer 3D yang sudah admin sebutkan tadi masih berbentuk rangka yang belum dilapisi dengan casing dan membuatnya terlihat kurang rapi. Maka hal tersebut sudah pasti berbeda dengan printer 3D yang satu ini.

Dimana Sunhokey 3D Printer Prusa i3 ini sudah memiliki bentuk yang rapi dan lebih enak untuk dilihat. Yang mungkin jadi kelemahan dari printer 3D ini ada pada kecepatan cetaknya, karena dibandingkan dengan ke 2 printer 3D yang sudah kita bahas tadi, Printer 3 Dimensi ini punya kecepatan Cetak yang paling lambat.

Selain itu, bobot dari Printer 3D yang satu ini juga sering kali menjadi keluhan bagi kebanyakan pengguna printer 3D. Dimana Bobotnya mencapai 13Kg yang bisa admin bilang lumayan berat untuk ukuran bobot dari sebuah printer, meskipun lagi-lagi hal tersebut bisa dimaklumi karena ini merupakan sebuah Printer 3D.

Adapun harga yang harus dibayar untuk bisa menebus 1 unit Sunhokey 3D Printer Prusa i3 ini dimulai dari angka Rp 4.900.000 saja.

Da Vinci 3D Mini Maker Printer
4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau
Sumber: xzprinting.com

Terakhir pilihan printer 3D Dengan Harga Yang Paling terjangkau yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini berasal dari Brand Da Vinci, yakni Da Vinci 3D Mini Maker Printer. Printer 3D yang satu ini merupakan sebuah printer 3D yang lebih diperuntukkan untuk para pemula.

Karena jika dibandingkan dengan ke 3 Printer 3D yang sudah kita bahas sebelumnya, Da Vinci 3D Mini Maker Printer ini merupakan Printer 3 Dimensi yang bisa dibilang paling User Friendly dan bisa menjadi printer 3D yang paling ideal untuk membuat semua cetakan kreatif baik itu berupa barang-barang rumah tangga hingga mainan anak-anak pun masih bisa dicetak dengan menggunakan 3D Printer yang satu ini.

Keunggulan lainnya yang bisa ditemukan pada Da Vinci 3D Mini Maker Printer ini adalah sudah menggunakan Fabrikasi Filamen Fused yang berukuran 150 X 150 X 150mm. Sedangkan untuk bobotnya sendiri juga sama dengan bobot printer 3D yang sudah kita bahas sebelumnya yakni 7Kg.

Dibandingkan dengan Sunhokey 3D Printer Prusa i3 yang sudah kita bahas tadi, Printer 3D yang satu ini mampu mencetak objek sedikit lebih kencang yakni mencapai 120mm/detik. Harga yang harus dibayar untuk bisa membawa pulang 1 unit Da Vinci 3D Mini Maker Printer ini dimulai dari angka Rp 4.900.000 saja.

Perlu menjadi catatan bahwa semua harga yang admin sebutkan tadi merupakan harga yang admin update pada saat pembuatan postingan ini, yang mana ini artinya harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun. Selalu pantau harga terbarunya di Website Resmi printer tersebut.

Itulah 4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali inil, semoga informasi tersebut berguna untuk anda dan bisa menjadi referensi serta pertimbangan untuk anda yang hendak membeli printer 3D untuk anda gunakan nantinya.

Semoga bermanfaat Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Printer 3D Dengan Harga Paling Terjangkau "