Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyakit Toyota Great Corolla

AttailahPetir Toyota meruapakan salah satu brand mobil yang sudah sangat dikenal oleh kebanyakan masyarakat indonesia. Karena pada dasarnya, Toyota sudah hadir di indonesia sejak tahun 70-an lalu melalui mobil sejuta ummat saat itu yakni Toyota Kijang, yang sekarang sudah berevolusi menjadi Toyota Kijang Innova.

4 Penyakit Toyota Great Corolla

Namun yang menjadi fokus pembahasan kita pada postingan kali ini bukanlah Toyota Kijang Innova, akan tetapi seperti yang sudah admin tuliskan pada judul diatas yakni Toyota Great Corolla. Toyota Great Corolla ini sendiri sudah masuk ke indonesia sejak tahun 1991 hingga tahun 1995 lalu.

Namun, yang mungkin menjadi gimic bagi sebagian orang adalah hadirnya Toyota Great Corolla  ini dipasaran pada tahun 1992 hingga tahun 1996 lalu. Sedangkan untuk varian Faceliftnya baru dirilis toyota pada tahun 1993.

Baca Juga
Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda
Penyakit Xpander

Sedikit informasi kalau dipasaran Toyota Great Corolla ini tersedia dalam 2 varian yakni varian SE dan juga varian SEG. Kedua varian tersebut sudah dibekali oleh toyota dengan fitur-fitur yang bisa dibilang lumayan lengkap untuk zamannya layaknya power windows, dan juga spion otomatis pada varian SEG.

Dari segi mesin, toyota juga sudah membekali Toyota Great Corolla ini dengan mesin 1,3 liter. Namun, dikarenakan mesin tersebut merupakan mesin yang tergolong jadul, maka tidak aneh kalau teknologinya belum secanggih sekarang karena masih menggunakan sistem karburator.

Tapi, untuk urusan tenaga, mesin karburator tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 82HP yang bisa didapat pada putaran mesin 6000 Rpm.

Sedangkan untuk tahun keluaran 1994 dan tahun-tahun keluaran selanjutnya, Toyota Great Corolla ini sudah menggunakan mesin berteknologi injeksi dengan kode mesinnya 4A-FE dengan kapasitas 1,6 liter DOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 HP pada putaran mesin 6000 Rpm. Memang bukan yang terbesar jika dibandingkan dengan mobil-mobil modern zaman sekarang, tapi sudah termasuk salah satu yang terbesar di zamannya.

Tapi walau sesempurna apa pun Toyota Great Corolla tersebut, bukan berarti kalau mobil ini tanpa penyakit. Dari sekian banyak penyakit yang terdapat pada mobil ini 4 diantaranya akan coba kita bahas pada dengan lebih detail di bawah ini.

Sulit Untuk Langsm
Sulit Langsm

Langsam ini sendiri merupakan aktivitas memperlambat sebuah kendaraan yang berjalan pada kecepataan yang lumayan tinggi. Dalam hal ini, Langsm ini sendiri merupakan aktivitas memperlambat laju mobil, terutama mobil yang sedang kita coba bahas yakni Toyota Great Corolla.

Namun yang menjadi masalah dan paling sering ditemui pada unit Toyta Great Corolla adalah sulit untuk melakkan langsm. Padahal, seperti yang kita tahu kalau pada kondisi-kondisi tertentu kita pasti akan membutuhkan keadaan untuk melakukan langsam mobil guna memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Selain itu, ada juga beberapa forum toyota corolla yang ada di indonesia yang menyabutkan kalau ada banyak orang yang mengeluhkan penyakit yang sama yakni sulit untuk melakukan langsam, terutama untuk yang menggunakan Toyota Corolla yang varian mesin Injeksi.

Meskipun memang, penyakit tersebut sudah menjadi penyakit yang paling umum terjadi pada mobil-mobil yang masih mengadopsi sistem injeksi yang sudah lumayan berusia. 

Pada dasarnya penyakit yang satu ini bisa diatasi dengan cara menyetel ulang RPM dengan memutar sebuah baut yang berada di bagian atas throtle gas baru kemudian lakukan pelepasan socket kabel ISC-nya.

Jika pada saat pelepasan soket kabel tersebut mesin Toyota Great Corolla ini mati, maka bisa dipastikan kalau langsam mobil ini masih belum sempurna. Dimana hal tersebut bisa jadi sebuah petunjuk kalau ISC mobil ini masih dalam kondisi macet ataupun tertutup, maka satu-satunya cara untuk masalah ini adalah dengan membersihkan ISC hingga benar-benar bersih ( Bisa anda lakukan sendiri jika anda mengerti, akan tetapi lebih baik untuk membawanya ke bengkel jika memang dirasa anda kurang mengerti tentang komponen tersebut ).

Sebenarnya masalah sulit langsam ini tidak hanya terjadi akibat dari tersumbatnya ISC saja, akan tetapi juga bisa berasal dari beberapa komponen lain layaknya selang yang bocor dan juga masalah-masalah lainnya yang bisa saja terjadi.

Kaki-kaki Lemah
Kaki-kaki Toyota Great Corolla

Sedikit informasi, kalau kaki-kaki mobil ini merupakan sekumpulan komponen utama yang ada dibagian bawah body mobil yang memiliki kegunaan untuk menopang body dan juga mesin mobil serta memberikan rasa nyaman pada pengendara kendaraan tersebut.

Begitu pula halnya pada Unit Toyota Great Corolla ini yang notabennya merupakan sebuah mobil sedan yang juga punya kaki-kaki pastinya. Seperti yang sudah pernah admin jelaskan pada beberapa postingan sebelumnya kalau bagian kaki-kaki ini terdiri dari beberapa bagian utama tersebut diantaranya seperti yang tertera di bawah ini.

  • Bagian Roda & Ban Mobil.
  • Bagian Suspensi ( Shockbreaker ).
  • Tie Rod.
  • Ball Joint.
  • Busing.
  • Bearing.

Adapun masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengguna Toyota Great Corolla ini ada pada bagian kaki-kaki, terutama pada beberapa komponen yang sudah admin sebutkan diatas tadi. Hal ini memang terasa wajar-wajar saja, mengingat Toyota Great Corolla ini merupakan sebuah mobil yang sudah lumayan berumur.

Sehingga komponen layaknya kaki-kaki mobil ini akan menjadi longgar hingga memunculkan bunyi-bunyi yang mengganggu pada saat digunakan dijalanan yang kurang rata. Sebenarnya bunyi-bunyi aneh pada bagian kaki-kaki Toyota Great Corolla ini bisa saja berasal dari beberapa bagian ( Komponen lain ), namun yang paling umum terjadi adalah akibat dari kaki-kakinya yang sudah mulai melemah atau bahkan sudah mulai bermasalah.

Bagian yang paling rawan kenak pada Toyota Great Corolla ini ada pada bagian ball joinnya, namun bukan berarti bagian lain layaknya bagian bushing rem nya tidak pernah mengalami trouble. Karena memang setiap komponen yang terdapat pada mobil ini punya usia pakainya masing-masing.

Baca Juga
Penyakit Toyota Calya & Daihatsu Sigra
Cara Merawat Ban Mobil

Bagi anda yang memiliki Toyota Great Corolla sudah pasti tahu dengan bagian yang satu ini, yakni karet bushing yang berada di bagian sayap mobil ini, adapun tugas dari karet bushing ini adalah untuk menahan beban dari mobil, maka jika karet tersebut getas, bisa saja memunculkan bunyi-buni aneh pada saat melakukan pengereman.

Bagian lainnya seperti link Stabil juga masih bisa rusak yang ditandai dengan adanya gejala yang lebih kurang hampir-hampir sama dengan gejala yang ditimbulkan dari kerusakan Ball Join yang sudah kita bahas diatas.

Adapun untuk solusinya sendiri adalah dengan mengganti komponen yang sudah mulai bermasalah tersebut dengan komponen yang barunya. Untuk harganya sendiri berkisar pada angka Rp 200 ribuan saja, sedangkan untuk kerusakan Link Stabilnya berkisar antara 150 ribuan saja.

Booster Rem Rentan Rusak
Booster Rem Toyota Great Corolla

Booster REM sendiri merupakan komponen yag berada di bagian roda mobil yang berguna untuk mebantu memberikan sedikit keringanan ke pengemudi mobil pada saat melakukan pengereman. Booster Rem ini sendiri punya peranan yang sangat penting pada Toyota Great Corolla ini, dikarenakan sistem pengereman akan terganggu jika terjadi Trouble pada bagian yang satu ini.

Adapun gejala yang paling terasa akibat dari kerusakan yang terjadi pada bagian Booster Rem ini adalah Pedal Rem akan terasa berat pada saat di injak, hingga bisa berujung pada kejadian Rem Blong. Bagi orang yang biasa mengemudikan mobil terutama Toyota Great Corolla ini, sebenarnya mudah saja untuk mendeteksi apakah terjadi kerusakan pada bagian Booster Rem ini.

Karena pengemudi hanya perlu menginjak rem mobil pada saat sedang berjalan lalu memperhatikan apakah ada suara yang mendesis atau tidak? Jika ada suara yang mendesis pada bagian sistem pengereman Great Corolla ini, maka bisa saja penyebabnya adalah booster rem yang berada di ruang vakum mengalami kebocoran.

Karena logikanya adalah pada saat melakukan pengereman ( menginjak pedal rem ), maka yang terjadi adalah hisapan udara bebas dari luar ke dalam booster rem, dan hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya bunyi mendesis yang lumayan kuat hingga bisa terdengar ke bagian dalam ruang kabin mobil.

Speedometer Mati
Speedomter Toyota Great Corolla

Speedometer merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan laju sebuah kendaraan. Pada mobil sendiri perangkat ini sudah sangat umum digunakan karena memang sudah menjadi perlengkapan yang bisa dibilang standar.

Dengan adanya Speedometer ini, tentu kita bisa memantau kecepatan kendaraan yang dalam hal ini adalah mobil Toyota Great Corolla agar tidak melebihi kecepatan laju yang dibolehkan oleh pemerintah saat berada dijalanan.

Pada mobil-mobil modern, bentuk dari Speedometer ini sudah sangat beragam dan sudah terlihat modern, karena memang sudah dibuat dengan bentuk yang begitu futuristik dan enak untuk dilihat.

Namun pada Toyota Great Corolla, Speedometer yang dimiliki ini sering kali bermasalah. Hal tersebut memang terasa wajar, karena memang mengingat usia dari mobil ini yang sudah lumayan berumur, jadi wajar kalau bagian tersebut menjadi penyakit yang hampir bisa dijumpai pada Great Corolla tersebut.

Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah speedometer yang mati ini bisa dibilang lumayan gampang, karena berdasarkan informasi dari Laman Forum Geco Club, anda hanya perlu mengganti kapasitor elektrolitnya saja.

Namun yang perlu diperhatikan pada saat hendak menggantinya adalah kaki-kaki dari kapasitor ini sendiri harus dipasang sesuai degan jalur dari pcb pada speedometer ini sendiri. Jangan sampai salah memasang antara kaki + dan juga kaki -, karena bisa berujung pada kejadian arus pendek dan bisa membuat mobil anda terbakar.

Adapun tegangan untuk kapasitor ini sendiri adalah 25 Volt/3,3uF. Komponen ini juga terbilang sangat mudah didapat, karena anda bisa membelinya di toko-toko yang menjual komponen elektronik dengan harga berkisar antara Rp 2 ribuan saja.

Nah, itu dia 4 Penyakit Toyota Great Corolla yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, sebenarnya masih ada beberapa penyakit lainnya yang terjadi pada mobil ini yang mungkin masih belum tersebutkan pada postingan ini.

Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Baca Juga
Penyakit Innova
Penyakit Vios

Posting Komentar untuk "4 Penyakit Toyota Great Corolla"