4 Tanaman Paling Cocok di Tanam Pada Tanah Yang Berpasir

Attailah Petir - Di permukaan bumi ini kita dapat menemukan banyak sekali jenis tumbuhan yang tumbuh dengan subur diatas tanah, terutama untuk karakter-karakter tanah yang berhumus, namun tidak semua karakter tanah bisa dikatakan subur, dikarenakan banyak juga karakter tanah yang tidak memiliki zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman yang tumbuh diatas nya.
 Karakter Tanah Berpasir
Karakter Tanah Berpasir
Salah satu jenis tanah yang masuk dalam karakter tanah yang termasuk ke dalam kategori kurang subur adalah karakter tanah yang bercampur pasir. Akan tetapi, jenis tanah yang satu ini sangat cocok ditanami oleh tanaman-tanaman tertentu, terutama untuk 4 tanaman berikut ini:

Baca Juga

Kelapa
Pohon Kelapa
Pohon Kelapa
Kelapa merupakan jenis tanaman monokotil atau berkeping satu, jika anda pernah perkunjung ke pantai, maka anda tidak akan asing lagi dengan tanaman  yang satu ini, dikarenakan daerah yang karakter tanahnya bercampur pasir seperti di pinggir-pinggir pantai tersebut adalah tempat yang paling cocok untuk ditumbuhi oleh tanaman kelapa ini.

Banyak sekali masyarakat yang tinggal di pinggir pantai yang membudidayakan tanaman kelapa ini, walaupun pada dasarnya, tanaman kelapa ini masih bisa tumbuh dengan baik hingga ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut, namun memang tanaman kelapa ini bisa tumbuh di semua jenis tanah kecuali batu, akan tetapi karakter tanah yang paling cocok untuk ditanami pohon kelapa ini adalah pada karakter tanah yang bercampur pasir.

Hampir semua bagian dari tanaman kelapa ini bisa dimanfaatkan, mulai dari buah, akar, daun hingga batangnya bisa dimanfaatkan sebagai papan untuk membangun rumah impian. Masa tumbuh dari pohon kelapa ini juga membutuhkan waktu yang lumayan lama, dikarenakan dari mulai proses penanaman hingga kelapa tersebut berbuah setiknya akan membutuhkan waktu hingga 5 tahun lamanya.

Kurma
Pohon Kurma
Pohon Kurma
Tanaman yang satu ini berasal dari timur tengah yang sebagian besar wilayahnya merupakan tanah yang bercampur pasir. Kurma menjadi barang wajib ketika datangnya bulan ramadhan bagi ummat muslim, seakan kurma merupakan simbol bulan ramadhan.

Karakter tanah yang paling cocok untuk ditnami tanaman kurma ini adalah karakter tanah yang bercampur dengan pasir. Nama latin dari kurma ini adalah Phoenix Dactylifera, pohon kurma ini sendiri juga bisa tumbuh menjulang tinggi ke atas layaknya pohon kelapa yakni setinggi 12 hingga 25 meter tergantung umur dari pohon kurma ini juga.

Tanaman kurma ini juga termasuk ke dalam golongan tanaman monokotil atau berkeping satu layaknya tumbuhan kelapa. Untuk buahnya sendiri tentu banyak dari kita yang sudah tidak terlihat asing lagi dikarenakan sangat banyak beredar di pasaran, harganya pun sangatlah bervariasi yang bergantung pada kualitas dari buah kurma ini.

Manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan dari buah kurma ini sendiri sangatlah banyak, diantaranya adalah kurma bisa menurunkan berat badan, kurma juga bisa memenghilangkan sembelit dan melancarkan BAB, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit jantung, mengatasi diare, mengatasi anemia difisiensi besi, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan otak, dan masih sangat banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari buah kurma ini.

Singkong
Daun Singkong
Daun Singkong
Hampir semua daerah di indonesia ini bisa ditumbuhi oleh tanaman yang satu ini, dan tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang paling mudah untuk ditanam, bahkan bagi orang yang paling malas seklipun, karena anda hanya perlu memotong lalu menancapkan batang dari singkong ini pada karakter tanah yang lembab saja.

Selebihnya, singkong akan tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu mendapatkan perawatan khusus, namun kembali lagi ke hasil yang akan didapatkan nantinya, jika anda menginginkan hasil yang didapatkan nantinya dalam jumlah diatas rata-rata, maka tentu saja singkong yang ditanam tersebut harus dirawat dan di jaga dengan baik.

Dan pada masa penjajahan belanda dulu, singkong menjadi makan pokok untuk dikonsumsi oleh masyarakat indonesia, dikarenakan pada saat itu tidak tersedianya beras. Semua stock beras yang tersedia diambil oleh para penjajah, dan satu-satunya jalan yang harus ditempuh adalah mengganti beras dengan singkong yang direbus.

Baca Juga

Singkong ini sendiri juga bisa tumbuh dengan sangat mudah di semua karakter tanah, namun karakter tanah yang paling cocok untuk membudidayakan singkong ini tidak lain adalah karakter tanah yang bercampur pasir. Dikarenakan karakter tanah tersebut akan memper mudah dalah hal pengerukan dan juga bisa mempermudah pada saat proses pembersihan pada masa panen.

Sejuta manfaat bisa didapatkan dari buah singkong ini, dikarenakan singkong kaya akan kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, zat besi, lemak, dan juga vitamin B1. Dan seperti yang kita tahu bahwa daun dari tanaman singkong ini pun bisa menjadi sayuran untuk di masak di rumah masing-masing.

Buah Naga
Tanaman Buah Naga
Tanaman Buah Naga
Buah yang satu ini banyak diminati oleh para pembuat jus, selain itu, buah naga ini juga sudah mulai di budidayakan oleh beberapa negara di asia tenggara ini seperti taiwan, filipina, vietnam, indonesia dan juga malaysia yang membuat harga dari buah naga ini lebih terjangkau bila dibandingkan dengan pada saat sebelum di budidayakan di negara sendiri.

Asal muasal buah naga ini adalah dari amerika tengah dan juga amerika selatan yang mana suhu rata-rata di negara tersebut adalah suhu panas. Dan untuk negara kita ini, daerah yang paling cocok untuk membudidayakan tanaman buah naga ini adalah di daerah pesisir pantai yang kebanyakan karakter tanahnya adalah tanah bercampur pasir dan memiliki suhu yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan karakter tanah biasa.

Sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari buah naga ini sendiri diantaranya adalah mampu untuk menyembuhkan penyakit kanker, memilki kandungan vitamin C, menyembuhkan penyakit diabetes, kaya akan kandungan anti oksidan, mencegah osteoporosis, dan juga sangat manjur untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tumbuhan buah naga ini sangat mirip dengan pohon kaktus, dikarenakan pohonnya yang hijau dan terlihat berduri, namun pohon buah naga ini lebih tinggi di bandingkan dengan pohon kaktus. Di indonesia sendiri buah naga ini banyak di budidayakan di daerah sumatera, mojokerto, malang, jember, pasuruan, banyuwangi, ponorogo, wonogiri, kalibawang, kulon progo, batam, dan juga di beberapa daerah di bandung.

Baca Juga 


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »