Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia


AttailahPetirJika pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang 4 daerah penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia. Maka pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia.

4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia

Karena seperti yang kita tahu kalau kebanyakan dari para penduduk indonesia ini yang umumnya berprofesi sebagai petani sawit, terutama mereka yang tinggal di seputaran Riau dan kalimantan. Bagi anda yang penasaran tentang fakta menarik apa saja? Langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Sudah Ada Lebih Dari 1 Abad Yang Lalu
4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia

Percaya atau tidak, perkebunan kelapa sawit yang ada di indonesia ini sebenarnya sudah berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama. Pasalnya pertanian kelapa sawit yang ada di indonesia ini sudah berlangsung lebih dari 1 abad yang lalu.

Tentu hal yang satu seakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi indonesia dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang bahkan ada yang baru mulai bergerak di bidang pertanian kelapa sawit ini.

Selain itu, indonesia ini juga sudah menjadi Raja Minyak sawit dunia sejak tahun 2006 lalu, yang mana pada saat itu indonesia berhasil menyalip Malaysia, bahkan Amerika Serikat sekalipun selaku penghasil minyak nabati tertinggi di tahun tersebut.

Pastinya dengan adanya kelebihan dari sisi yang satu ini akan membuat nama indonesia dikenal dunia. Maka akan terasa wajar kalau ada beberapa negara yang iri dengan negeri tercinta kita ini, selain punya sejarah kelapa sawit yang sudah sangat lama, tpai juga pernah menjadi menjadi raja minyak sawit dunia di tahun 2006 lalu.

Berdasarkan informasi yang admin dapat dari beberapa sumber ada yang menyatakan bahwa minyak sawit indonesia akan di banned di beberapa negara di eropa dengan dalih indonesia merupakan paru-paru dunia. Jadi dengan kata lain jika hutan di babat untuk ditanami kelapa sawit maka jumlah hutan yang ada di permukaan bumi ini akan semakin berkurang pula.

Yang mana hal tersebut akan berdampak tidak baik bagi bumi saat ini hingga masa depan nanti. 

Indonesia Sebagai Produsen & Eksportir Sawit Terbesari di Dunia
4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas kalau indonesia ini merupakan salah satu negara yang punya kekayaan alam yang sangat luar biasa yang mana salah satu nya berasal dari sektor kelapa sawit ini.

Karena pada dasarnya, selain mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, indonesia juga mampu menjadi produsen & mengekspor sawit ke luar negeri dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal ini tentu membuat setiap negara melirik indonesia karena kebutuhan akan minyak sawit yang punya fungsi dan kegunaan yang sangat banyak.

Tahukah anda bahwa luas lahan kelapa sawit di indonesia ini mencapai 16,83 juta hektar yang tersebar di berbagai pelosok di seluruh nusantara? Benar saja indonesia merupakan salah satu negara yang punya lahan kelapa sawit terluas di dunia.

Maka tidak akan terasa aneh kalau indonesia mampu memenuhi kebutuhan minyak sawit dalam negeri hingga mampu untuk mengeksport keluar. Tapi yang sangat di sayangkan adalah masyarakat indonesia hanya hanya menguasai 40% dari total luas lahan kelapa sawit tersebut.

Tapi diluar dari itu semua tentu kita harus mengacungi jempol karena indonesia merupakan negara pertama yang 

Yang berhasil mengimplementasikan B30 yakni 30% Bahan Bakar Nabati yang berbasis minyak sawit. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari Pengimplementasian tersebut diantaran adalah:

  • Bisa menghemat Devisa Negara.
  • Mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.
  • Meningkatkan nilai tambah CPO menjadi Biodiesel.
  • Mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Dan juga peningkatan konsumsi domestik CPO.

Terjadi Peningkatan Setiap Tahunnya
4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi kalau produksi kelapa Sawit di indonesia ini yang semakin lama semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dari peningkatan hasil panen kelapa sawit indonesia dari tahun ke tahun.

Sebagai contoh sederhananya pada tahun 2015 lalu produksi CPO indonesia mencapai 31,07 juta ton dan pada tahun 2019 lalu Produksi kelapa sawit di indonesia meningkat menjadi 51,8 juta ton. Untuk peningkatan nya sendiri juga tidak hanya terjadi dari jumlahnya saja akan tetapi juga terjadi peningkatan dari jenis produksinya.

Beberapa jenis produksi unggulan dari kelapa sawit yang di ekspor ke luar negeri diantaranya adalah:

  • Oleochemicals
  • Biodiesel
  • LauricRefained
  • Croude 

Dari sekian banyak kelapa sawit yang dihasilkan indonesia, sebenarnya lebih banyak yang dialokasikan untuk di ekspor ke luar negeri dengan tujuan untuk menambah devisa negara. Dan tambahan devisa negara dari hasil ekspor kelapa sawit ini sendiri mencapai US$ 20.000.000.000 setiap tahunnya. Tentu angka tersebut merupakan angka yang sangat besar untuk indonesia.

Lebih dari 1.700 Lahan Kelapa Sawit ( Tersebar di Seluruh Indonesia )
4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia

Terakhir Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah betapa banyaknya lahan kelapa sawit yang ada di Bumi Nusantara kita ini. Dari total 1.700 lahan kelapa sawit tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 2 kategori paling besarnya yakni PNB ( Perusahaan Besar Negara ) dan juga PBS ( Perusahaan Besar Swasta ).

Untuk PNB itu sendiri pun masih juga terdapat sekitar 162 perusahaan yang tersebar di 25 provinsi di seluruh indonesia. Sedangkan PBS jumlah perusahaan nya masih lebih banyak dibandingkan dengan PNB yakni mencapai 1.569 perusahaan yang juga tersebar di 25 persusahaan di seluruh indonesia.

Jika dihitung dengan menggunakan persentasenya, mayoritas perusahaan kelapa sawit ini ada di pulau sumatera yakni mencapai 57% dari total lahan kelapa sawit di seluruh indonesia, sedangkan Kalimantan merupakan pulau kedua di indonesia yang punya lahan kelapa sawit terluas setelah pulau sumatera yakni mencapai 38%.

Sedangkan sisanya tersebar di daerah-daerah lain di indonesia. Jadi bisa disimpulkan kalau pulau sumatera merupakan daerah penghasil sawit terbesar di indonesia, maka tidak akan terasa aneh kalau jumlah perusahaan kelapa sawit yang aktiv beroperasi di indonesia ini yang mencapai 329 perusahaan yang tersebar di berbagai pelosok pulau sumatera.

Bagi sebagian orang yang pernah touring keliling pulau sumatera pasti sadar akan hal tersebut, karena di beberapa daerah terutama riau, di bagian kiri dan kanan jalan terdapat sangat banyak kebun kelapa sawit, dan wajar memang mengingat kebanyakan masyarakat Riau yang berprofesi sebagai ptani sawit.

Nah, itu dia sedikit banyaknya informasi tentang 4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan mudah-mudahan bisa memperluas wawasan anda selaku para pengunjung.

Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai jumpa pada postingan selanjuntya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Fakta Menarik Tentang Sawit di Indonesia"