Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Harddisk Internal Terbaik 2021

AttailahPetirHarddisk merupakan sebuah perangkat yang terdapat pada PC atau Laptop jadul yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file. Harddisk itu sendiri punya ragam yang sangat banyak dan seperti yang kita tahu kalau kapasitas dari Harddisk itu sendiri yang juga sangat beragam.

4 Harddisk Internal Terbaik 2021

Pada dasarnya Harddisk itu punya ragam yang sangat banyak dan masih terus dikembangkan hingga saat ini. Ada 4 jenis harddisk yang paling umum dan paling mudah dijumpai dipasaran saat ini yang diantara adalah:

  • Harddisk 3,5”
  • Harddisk 2,5”
  • SSD ( Fungsi Yang Sama Seperti Harddisk )
  • Harddisk IDE
  • Harddisk ATA
  • Harddisk SATA
  • SCSI

Dari kesemua harddisk tersebut ukuran terbesar dari harddisk sudah pasti Harddisk 3,5” ( 3,5 Inch ) ketebalan nya dan jika dilihat dari yang paling cepat, SSD merupakan pilihan yang paling tepat mengingat kecepatannya yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan Harddisk.

Maka tidak heran kalau ada banyak orang yang pindah dari yang tadinya menggunakan Harddisk sebagai storage mereka untuk menggunakan perangkat SSD ini. Tapi sekali lagi ada rupa tentu ada harga, dimana harga dari SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga dari sebuah Harddisk.

Pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik Harddisk yang masih cocok untuk anda gunakan pada perangkat komputer anda masing-masing. Sebenarnya lebih ke penyimpanan saja bukan digunakan untuk menginstall windows atau pun aplikasi, karena untuk storage sistem windows jelas SSD belum ada tandingannya.

Harddisk yang admin maksudkan disini pun adalah harddisk 3,5 Inch yang ditempatkan bagian dalam komputer. Penasaran Harddisk-harddisk mana saja? Langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Seagate IronWolf
4 Harddisk Internal Terbaik 2021

Pada posisi pertama Harddisk internal yang paling admin rekomendasikan untuk anda yang sedang mencari sebuah Harddisk yang masih cocok untuk digunakan sebagai storage untuk menyimpan data saja adalah Harddisk IronWolf. 

Sebenarnya Harddisk yang satu ini merupakan Harddisk yang memang diperuntukkan untuk mereka yang sedang merakit NAS ( Network Attached Storage ) yang merupakan sebuah perangkat storage berbasis jaringan. Yang mana kegunaan dari NAS ini sendiri sama persis seperti fungsi dari sebuah Harddisk yakni untuk menyimpan data.

Hanya saja NAS ini merupakan kumpulan dari beberapa Harddisk 3,5 Inch yang disatukan di dalam sebuah perangkat yang dinamakan dengan NAS ini dan bisa diakses via internet. Jadi dengan kata lain, anda bisa mengambil data dari Harddisk anda yang sudah anda masukkan ke dalam NAS ini dimanapun anda berada dengan syarat anda terhubung ke internet.

Pada dasarnya fungsi dan kegunaan dari NAS ini sangatlah banyak, namun yang palin umumnya adalah untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar karena bisa menggabungkan beberapa Harddisk dan bisa mengambil data tersebut dari jarak yang sagat jauh sekalipun selama tersedia koneksi internet.

Adapun harddisk yang paling cocok untuk anda gunakan pada perangkat NAS Tersebut adalah Seagate IronWolf ini, dimana Harddisk yang satu ini punya beberapa keunggulan yang jarang dimiliki oleh harddisk-harddisk lain pada umumnya.

Seagate IronWolf ini adalah sebuah harddisk yang sudah dibekali dengan kapasitas yang tinggi yang mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar. Dengan adanya kapasitas storage yang besar tentu akan sangat membantu anda untuk menyimpan data yang besar untuk anda ambil sewaktu anda butuhkan nantinya.

Selain itu Harddisk Seagate IronWolf juga sudah didukung dengan software IHM ( IronWolf Health Management ) yang akan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja sistem dari Harddisk yang satu ini. Tidak hanya itu, pada software IHM ini juga terdapat fitur untuk menampilkan opsi pencegahan, intervensi dan juga recovery data yang bisa ditindak lanjuti untuk mencegah terjadinya kehilangan data pada harddisk tersebut.

Performa yang konsisten dan juga apik, bisa juga menjadi salah satu alasan bagi setiap orang untuk memilih harddisk yang satu ini sebagai storage yang mereka gunakan para perangkat PC atau NAS mereka masing-masing.

Seagate IronWolf ini juga sudah dibekali dengan Teknologi Agile Array yang berguna untuk mendukung kehandalan dan juga Skalabilitas Sistemnya. Maka sangat wajar jika harga yang harus dibayar untuk bisa membawa pulang 1 unit Seagate IronWolf ini dimulai dari Angka Rp 1.350.000 untuk yang kapasitas 2 TB hingga Rp 5.599.000 untuk yang kapasitas 10 TB.

Seagate Baracuda Pro
4 Harddisk Internal Terbaik 2021

Selanjutnya harddisk internal terbaik 2021 yang bisa untuk anda jajal adalah Seagate Baracuda Pro. Bagi sebagian besar pengguna PC mungkin sudah tidak terdengar asing lagi dengan brand yang satu ini, pasalnya brand Seagate ini sudah pernah memperkenalkan beberapa harddisk internal terbaik yang pernah ada hingga saat ini.

Untuk ukurannya sendiri Seagate Baracuda Pro ini punya ukuran yang sama dengan harddisk Seagate IronWolf yang sudah kita bahas di atas tadi yakni sama-sama 3,5 Inch.  Harddisk internal yang satu ini lebih cocok untuk digunakan pada perangkat PC di kalangan para Profesional. 

Baik mereka yang bergerak di bidang gaming maupun mereka yang berprofesi sebagai konten kreator yang membutuhkan storage berupa harddisk dengan kapasitas masif baik untuk digunakan untuk menyimpan video dengan resolusi 4K yang punya ukuran yang tidak main-main ataupun untuk menyimpan foto dengan format mentah dari kamera yakni dengan format RAW yang juga punya kapasitas yang sangat besar. 

Keunggulan lainnya yang dimiliki Harddisk internal yang satu ini adalah adanya teknologi MTC ( Multi-Tier Caching )  yang mana teknologi yang satu ini akan sangat berguna untuk memaksimalkan performa dari Harddisk Seagate Baracuda Pro ini melalui lapisan cerdas NAND Flash DRAM dan juga Teknologi Cache Media.

Tidak hanya itu, Harddisk internal yang satu ini juga sudah dibekali dengan fitur Rescure Data Recovery yang punya peranan yang sangat penting untuk melindungi data yang ada di dalam Harddisk tersebut pada saat terjadi kerusakan.

Harga yang harus dibayar untuk bisa membawa pulang 1 unit Harddisk Seagate Baracuda Pro dengan kapasitas 8 TB dimulai dari angka Rp 5.050.000 dan untuk kapasitas 14 TB nya dijual pada rentang harga Rp 6.599.000.

Toshiba X300
4 Harddisk Internal Terbaik 2021

Jika kedua harddisk yang sudah kita bahas tersebut masih kurang cocok untuk anda pertimbangkan karena beberapa hal. Mungkin harddisk internal yang satu ini cocok untuk anda gunakan pada perangkat komputer anda masing-masing, Harddisk yang admin maksud tidak bukan dan tidak lain adalah Toshiba X300.

Salah satu keunggulan dari Harddisk Toshiba X300 ada pada bagian performa yang ditawarkan, hal tersebut bisa didapat oleh Harddisk internal yang satu ini karena speed rotasi yang terjadi pada bagian piringan harddisk ini yang mencapai 7200rpm.

Tidak hanya itu, Cache yang digunakan pada Toshiba X300 ini pun juga sudah tergolong besar yakni dengan kapasitas 256MB, maka tidak heran kalau banyak dari mereka kalangan profesional yang memilih untuk menggunakan Harddisk yang satu ini sebagai storage untuk menyimpan file kerja mereka dalam ukuran yang besar.

Tidak sedikit juga mereka dari kalangan profesional yang menggunakan Harddisk yang satu ini pada perangkat komputer mereka masing-masing baik itu Animator, Desainer hingga Editor pun juga masih memilih menggunakan harddisk Toshiba X300 ini sebagai Storage nya. Walaupun memang untuk storage sistemnya tetap harus menggunakan SSD karena perbedaan Speed.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting pada Toshiba X300 ini adalah adanya Internal Shock Sensor yang akan sangat berguna untuk memperkecil kemungkinan kehilangan data pada saat terjadi guncangan. Berkat adanya fitur tersebut, getaran yang terjadi pada Harddisk internal yang satu ini juga bisa untuk lebih diminimalisir.

Untuk harganya sendiri, kapasitas 4 TB dijual pada rentang harga Rp 1.635.000. sedangkan untuk kapasitas 10 TB dijual pada rentang harga Rp 4.045.000.

WD Black
4 Harddisk Internal Terbaik 2021

Terakhir Harddisk intenal terbaik di tahun 2021 ini menurut admin pribadi adalah WD Black. Walaupun harddisk WD Black yang satu ini hanya dibekali dengan kapasitas maksimal 10 TB saja, tapi beberapa fitur yang ditawarkan pada Harddisk Internal yang satu ini pasti akan sangat membantu untuk memaksimalkan performa dari WD Black yang satu ini.

Kinerja Harddisk WD Black ini juga sudah 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan harddisk-harddisk lain pada umumnya. Hal tersebut bisa dilakukan WD Black ini berkat penggunaan prosessor yang berinti ganda.

Selain itu WD Black ini juga punya speed rotasi yang kecang layaknya harddisk Seagate yang sudah kita bahas di atas tadi yakni dengan speed rotasi 7200 rpm dan Cache nya yang punya kapasitas 64 hingga maksimal 256 MB.

Teknologi lainnya yang bisa didapatkan pada WD Black ini adalah teknologi Cache Dinamis WD yang berguna untuk mempercepat proses baca tulis pada Harddisk Internal yang satu ini. 

Dengan segenap keunggulan yang ditawarkan pada Harddisk yang satu ini maka tidak akan terlalu mahal jika harga yang harus dibayar untuk membandrol Harddisk WD Black ini yang dimulai dari angka Rp 1.090.000, hingga harga tertingginya yang dijual pada rentang harga Rp 2.030.000.

Semua harga yang admin sebutkan pada postingan ini merupakan harga yang admin update pada pertengahan menuju akhir tahun 2021 ini dan harga tersebut masih bisa berubaha kapan pun dan dimana pun. Tergantung tingginya permintaan dan ketersediaan unitnya.

Sebenarnya kalau dilirik lebih jauh lagi, harddisk untuk sekarang ini sudah mulai jarang digunakan sejak adanya SSD yang punya performa hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan Harddisk. Tapi harga dari SSD tidak murah sama sekali dan kapasitas dari SSD itu sendiri untuk sekarang ini yang masih sangat terbatas.

Dimana yang admin tahu kalau Maksimal kapasitas SSD untuk jenis NVMe M.2 baru menyentuh 2TB saja. Harganya pun juga tidak main-main karena untuk kapasitas 1 TB saja harganya bisa menyentuh angka Rp 2 Jutaan tergantung brand dan teknologi yang ditawarkan pada SSD tersebut.

Tapi untuk budget 2 Jutaan, anda masih bisa mendapatkan Harddisk dengan kapasitas 4 TB bahkan lebih. Maka dari itu ada baiknya untuk mempertimbangkan Harddisk yang admin sebutkan tadi untuk sistem penyimpanan pada PC yang anda miliki masing-masing.

Nah itu dia 4 Harddisk Internal Terbaik 2021 yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Harddisk Internal Terbaik 2021"