Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia

AttailahPetir Banyak dari kita yang sering mendengar kata yang satu ini, Pembangkit listrik ini merupakan sekumpulan generator yang di putar dengan memanfaatkan energi alam baik itu berupa Angin, Air, Udara, Uap maupun energi-energi alam lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan generator tersebut.

4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia

Pada dasarnya pembangkit listrik ini sendiri ada hampir di berbagai belahan dunia, namun yang menjadi permasalahan biasanya adalah seberapa besar pembangkit listrik tersebut dibangun dan seberapa besar daya yang mampu dihasilkan.

Daya yang didapatkan dari pembangkit listrik nantinya akan di supplay ke berbagai daerah di sekitar pembangkit listrik tersebut berada. Dan jika kebutuhan di sekitar area pembangkit listrik tersebut tercukupi biasanya perusaan akan menjual daya tersebut keluar daerah.

Tidak hanya keluar daerah saja, jika sebuah negera punya daya yang lebih biasanya negara tersebut bisa menjual energi listrik yang mereka miliki ke negara lainnya yang membutuhkan melalui sambungan SUTET ( Sumber Tegangan Ekstra Tinggi ) dan hal tersebut pastinya akan menjadi keuntungan sendiri bagi negara yang mampu menghasilkan energi listrik tersebut.

Manfaat yang bisa di dapatkan dari energi listrik ini sendiri sebenarnya sangat banyak karena hampir semua kegiatan yang dikerjakan oleh kebanyakan orang sekarang ini tidak akan lepas hubungannya dari yang namanya Listrik baik itu di masyarakat hingga di Industri pun membutuhkan energi listrik dalam jumlah yang besar untuk bisa beroperasi.

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau pada dasarnya hampir semua negara punya pembangkit listriknya sendiri, ada yang punya pembangkit listrik dalam skala kecil dan ada juga yang punya pembangkit listrik dalam skala besar.

Sesuai dengan judul yang sudah admin tuliskan diatas, pada postingan kali ini kita akan coba bahas tentang 4 Pembangkit listrik terbesar di dunia ( yang admin tahu ). Penasaran pembangkit-pembangkit listrik mana saja? Langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Tiga Ngarai di China ( 18.460MW )
4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia
Sumber: vo.id

Bagi anda yang senang atau bahkan mempelajari tentang kelistrikan pasti sudah pernah mendengar tentang pembangkit listrik yang satu ini, pasalnya pembangkit listrik yang dibangun di bendungan Tiga Ngarai di Negeri tirai bambu ini menjadi pembangkit listrik terbesar di dunia hingga pada saat admin buatkan postingan ini.

Bagaimana tidak, bendungan terbesar di China ini pernah beberapa kali masuk berita karena sempat dikabarkan bengkok ( Hampir jebol akibat banyaknya air yang harus di tampung oleh bendungan yang satu ini.

Tapi, diluar dari resiko yang lumayan fatal tersebut, China berhasil membangun sebuah pembangkit listrik yang mampu menghasilkan daya hingga 700MW.

Dari limpahan air tahunan di bendungan yang satu ini yang rata-ratanya mencapai 415M3 yang menggerakkan 26 generator di bendungan yang satu ini. Sebenarnya masih ada 32 generator utama yang masih dalam tahapan pembangunan dengan 2 generator kecil yang mampu menghasilkan daya sebesar 50MW.

Jadi kalau di totalkan daya yang mampu dihasilkan oleh pembangkit listrik yang satu ini mencapai 22,5GW. Sedangkan untuk bendungannya sendiri terbuat dari beton dengan panjang mencapai 7.761 kaki dan tingginya mencapai 607 kaki.

Dikarenakan panjang volume pembangunan bendungan ini yang sangat besar, maka tidak aneh rasanya jika proyek pembangunan Bendungan Tiga Ngarai di china ini memakan 300.000 yard beton, 463.000 ton baja dan harus memindahkan sekitar 134.200.000 yard bumi.

Ketika permukaan air mencapai maksimum yakni pada 574 kaki bendungan Tiga Ngarai ini akan terlihat mengerikan apalagi untuk mereka yang berada di bawah bendungan tersebut.

Itaipu di Brazil/Paraguay ( 8.370MW ) 
4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia
Sumber: Dictio.id

Beralih ke Brazil, Pembangkit Listrik terbesar kedua di dunia hingga tahun 2021 ini adalah pembangkit Listrik itaipu yang berlokasi diantara perbatasan Brazil dan juga Paraguay. Pembangkit Listrik yang satu ini sendiri pada dasarnya merupakan bendungan Hidroelektrik yang terletak di sungai parana.

Yang mana daya yang mampu dihasilkan oleh bendungan yang satu ini mencapai 14GW yang dihasilkan dari 20 unit generator pembangkit. Jadi dengan kata lain, setiap generatonya bisa menghasilkan daya sebesar 700MW.

Ditahun 2008 lalu daya yang mampu dihasilkan oleh pembangkit listrik itaipu di brazil ini mencapai 94,68 Kwh. Dikarenakan pemmbangkit listrik yang satu ini yang berada di perbatasan antara 2 negara yakni Brazil dan juga paraguay, maka sudah seharusnya energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik itaipu ini di supplay ke 2 negara tersebut.

Tapi 90% energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tersebut disupplay ke Paraguay 19% di supply ke Brazil dan sisanya digunakan untuk kebutuhan pada pembangkit itu sendiri.

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau total jumlah generator pada Pembangkit Listrik yang satu ini adalah sebanyak 20 generator 10 Unit diantaranya menghasilkan energi listrik dengan frekuensi 50 Hz yang di supply ke Paraguay dan 10 unit generator lainnya menghasilkan energi listrik dengna frekuensi 60 Hz yang di supply ke Brazil.

Sama seperti halnya membangun pembangkit listrik 3 Ngarai yang sudah kita bahas diatas tadi kalau untuk membangun sebuah Pembangkit listrik pastinya akan membutuhkan Beton yang kuat dalam jumlah yang besar dan juga baja dalam jumlah yang tidak main-main.

Benar saja, berdasarkan perhitungan para ahli, untuk membangun Pembangkit listrik Itaipu ini membutuhkan beton yang cukup untuk membangun 210 Stadion sepak bola, dan baja yang digunakan cukup untuk membangun 380 Menara Eiffel.

Panjang total dari bendungan Itaipu ini sendiri mencapai 7.235m dengan tinggi puncaknya mencapai 225m. Pada dasarnya bendungan yang digunakan untuk menampung air untuk membangun Pembangkit listrik ini sendiri terdiri dari 4 buah bendungan yang disatukan, yang mana diantaranya ada bendungan Isi Bumi di bagian kiri, bendungan pengisi bebatuan, bendungan putar beton dan juga bendungan sayap beton di sebelah kanannya.

Simon Boliviar atau Bendungan Guri di Venezuela ( 10,55MW )
4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia
Sumber: dunia.tempo.co

Venezuela merupakan salah satu negara yang berada di ujung utara Amerika selatan, negara ini berbatasan langsung dengan Laut Karibia, Samudra Atlantik di sebelah utara, Guyana di timur, Brasil di selatan, dan juga Kolombia di bagian baratnya.

Luas total Venezuela ini adalah mencapai 916,445 km2 dengan populasi penduduknya yang mencapai 30.620.404 di tahun 2015 lalu. Maka dari itu, dengan luas wilayah tersebut dan juga jumlah populasinya yang lumayan banyak, kebutuhan akan energi listrik untuk Negara ini pun juga lumayan besar.

Solusi dari semua itu adalah dengan membangun pembangkit listrik yang bisa menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang lumayan besar yang bisa digunakan untuk kebutuhan orang yang hidup di perkotaan maupun di berbagai pelosok di Venezuela ini.

Dan dari itu Pembangkit Listrik Simon Boliviar ini merupakan solusinya. Karena daya yang mampu dihasilkan oleh Pembangkit Listrik yang satu ini yang mencapai 10.200MW.

Konstruksinya sendiri sudah dimulai sejak tahun 1963 lalu dengan menutup bagian pertama yang dilakukan pada tahun 1978 lalu dan menutup bagian keduanya pada tahun 1986. Hasil jerih payah para insinyur yang mengagumkan ini mambuahkan hasil energi listrik hingga 10 Juta KW/jam nya di bagian dalam ruang mesin utama.

Kapasitas total pembangkit listrik yang satu ini mencapai 2.065 MW. Untuk tinggi nye sendiri Bendungan Guri ini berada pada ketinggian 650 kaki diatas permukaan laut dengan tinggi bendungan yang mencapai 215m.

Tahap terakhir dari Bendungan guri ini ditutup pada tahun 1986 dan selama tahap tersebut Energi Listrik yang mampu dihasilkan dari 10 Generator yang ada di dalam ruang mesin masing-masing mencapai 630MW yang mana setiap harinya Pembangkit Listrik yang satu ini mampu menghasilkan 10.200MW per hari.

 Tucurui di Brazil ( 8.370MW )
4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia
Sumber: dictio.id

Pembangkit listrik terbesar di dunia terakhir yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Pembangkit Listrik di Bendungan Tucuri Brazil. Jika pada posisi kedua tadi pembangkit listrik terbesar di dunia yang ada di Brazil ini berada di perbatasan antara Brazil dan juga paraguay, maka Pembangkit Listrik yang satu ini memang berada di negara Brazil saja.

Mendengar nama Tucuri mungkin akan sedikit terasa aneh apalagi ditelinga kebanyakan orang indonesia, tapi jika admin menyebutkan kata Sungai Amazon mungkin akan ada banyak orang yang familiar dengan nama sungai tersebut walaupun belum pernah datang ke sungai tersebut dan melihat langsung ke lokasinya.

Pembangunan Bendungan Tucuri ini sebenarnya Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Besar pertama yang berlokasi di Hutan Hujan Amazon Brazil. Kapasitas Energi Listrik yang dihasilkan dari 25 unit generator di Bendungan Yang satu ini mencapai 8.370 MW. 

Konstruksi Fase pertamanya sudah dimulai sejak tahun 1975 dan berakhir pada tahun 1984 lalu, sedangkan Fase ke 2 nya baru dimulai sejak tahun 1998 dan sedang berlangsung dari penundaan yang sebelumnya pernah dilakukan.

Adapun bagian utama dari Bendungan Tucuruí ini berupa bendungan gravitasi setinggi 78 m dengan panjang totalnya yang mencapai 6,9 km, penambahan tanggul di tanah Mojú dan Caraipé ini juga menambah panjang total dari bendungan Tucuruí  ini menjadi 12.515 m. 

Dengan penggandaan reservoir pada bendungan Tucuruí ini membuat bendungan tersebut punya kapasitas total yang mencapai 45 km³ dengan volume langsung 32 km³, dan untuk mengontrol jumlah air yang berada di dalam bendungan ini, tersedia 20 pintu air yang berukuran 20m x 21m. 

Pembangkit tenaga listrik Tahap Pertama diisi dengan generator turbin Francis 12 x 330 MW, dan asupan air tambahan dari pembangkit tenaga listrik tambahan ini juga menampung generator 2 x 20 MW. Tidak hanya itu, bendungan ini juga dirancang untuk mendukung dua kunci navigasi dengan panjang 210 m dan lebar 33 m.

Nah, itulah sedikit banyaknya informasi yang berhasil admin rangkum, admin tahu dan bisa admin share untuk anda para pembaca pada postingan kali ini. Pada dasarnya masih ada sangat banyak lagi Pembangkit Tenaga Listrik lainnya yang juga mampu menghasilkan daya dalam jumalah yang besar yang mungki masih belum tersebutkan dan mungkin juga admin belum tahu dan mungkin akan coba kita bahas pada postingan lain nantinya, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda ( setidaknya bisa menambah wawasan anda selaku pengunjung Blog ini. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia"