Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara

AttailahPetir - Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Aceh di sebelah utara dan dengan Sumatera Barat serta Riau di sebelah selatannya.

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara

Di Sumatera Utara saat ini sendiri sebenarnya terdapat dua taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Batang Gadis, dan menurut Keputusan Menteri Kehutanan, Nomor 44 Tahun 2005, luas hutan di Provinsi Sumatera Utara ini mencapai 3.742.120 hektar (ha). 

Yang terdiri dari Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam seluas 477.070 ha, Hutan Lindung 1.297.330 ha, Hutan Produksi Terbatas 879.270 ha, Hutan Produksi Tetap 1.035.690 ha dan juga Hutan Produksi yang bisa dikonversi seluas 52.760 ha.

Tentu dengan luasnya daerah yang satu ini membuat setiap orang yang berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara ini bisa berkunjung ke banyak tempat. Dari sekian banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi 4 diantaranya akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Bagi anda yang penasaran, langsung saja kita ulas satu persatu di bawah ini.

Air Terjun Sipisopiso
4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara
Sumber: Merdeka.com

Air Terjun Sipisopiso atau yang lebih dikenal dengan istilah Sipiso-piso ini merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Air Terjun ini  memiliki ketinggian yang mencapai 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal yang sempurna. 

Sehingga membuat Air Terjun Sipisopiso ini masuk kedalam ketogi air terjun tipe Plunge. Selain itu, Air Terjun Sipisopiso ini juga berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba yang terbentuk dari aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba. 

Maka dari itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke danau toba untuk tidak melewatkan Air Terjun Sipisopiso ini, dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut suasana di tepat yang satu ini terasa begitu hening dan dingin.

Sedikit informasi kalau nama Sipisopiso ini diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso ini, gunung tersebut memiliki sebutan Dolok Sipisopiso yang punya ketinngian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut.

Pada tahun 2020 lalu Air Terjun Sipisopiso ini menjadi destinasi wisata Faforit di Provinsi Sumatera Utara ini. Faktar menarik lain dari Air Terjun Sipisopiso ini adalah air terjun yang satu ini tercatat sebagai salah satu 10 air terjun tertinggi di Indonesia, dengan menempati urutan ke-6 setelah air terjun Batang Kapas yang berada di Provinsi Riau.

Sebenarnya Destinasi Wisata yang satu ini lebih cocok untuk mereka yang berjiwa mudah yang lebih menyukai tantangan, karena memang tidak akan mudah untuk bisa sampai ke Lokasi Air Terjun yang satu in.

Setidaknya anda harus turun lewat tangga yang lebih kurang sekitar 500 Anak tangga yang harus dilalui oleh setiap orang untuk bisa sampai ke tempat ini. Untuk waktunya sendiri dibutuhkan sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk bisa sampai ke Objek Wisata yang satu ini.

Danau Toba
4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara
Sumber: adira.co.id

Setidaknya jika anda adalah orang indonesia pasti sudah tahu atau setidaknya sudah pernah mendengar nama daerah indonesia yang satu ini. Danau Toba ini merupakan sebuah danau alami yang berukuran sangat besar di Indonesia dan berada di kaldera Gunung Supervulkan.

Panjanng dari danau ini sendiri mencapai 100 kilometer (62 mil) dengan lebar sekitar 30 kilometer (19 mi) dan kedalamannya mencapai 505 meter (1657 ft). Danau ini berad di tengah-tengah pulau Sumatra bagian utara dengan ketinggian permukaannya yang mencapai 900 meter (2953 ft).

Konon Danau Toba ini terbentuk dari letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu dan memicu perubahan iklim global. Letusan tersebut merupakan letusan eksplosif terbesar yang pernah terjadi di Muka Bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir. 

Menurut teori bencana Toba, letusan ini juga berdampak besar terhadap populasi manusia di seluruh duni yang mana dampak dari letusan tersebut menewaskan sebagian besar manusia yang hidup pada saat itu dan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika, Timur Tengah dan juga India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang.

Sebenarnya ada banyak sekali tempat yang sangat menarik yang bisa dikunjungi dai area Danau Toba ini, maka dari itu bagi anda ¬yang ingin mengeksplore Destinasi Wisata yang satu ini setidaknya anda harus menyisipkan waktu lebih dari satu hari.

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan ala-ala New Zealand Danau Toba ini merupakan solusinya. Untuk masyarakan Provinsi Sumatera Utara sendiri sebenarnya pemandangan indah ala eropa tersebut sudah biasa mereka nikmati, tapi bagi anda yang berasal dari daerah perkotaan yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan, admin sangat-sangat merekomendasikan anda untuk Refreshing ke Danau Toba ini baik itu bersama teman atau keluarga anda masing-masing.

Danau Linting
4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara
Sumber: Medan.Tribunnews.com

Jika berkunjung ke Danau Toba masih dan juga Air Terjun Sipisopiso masih belum cukup membuat hati anda puas saat berada di Provinsi Sumatera Utara ini. Anda masih bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Liinting.

Untuk lokasinya sendiri Danaul Linting ini berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM), Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dikarenakan danau Linting ini punya ukuran yang lumayan luas, maka tidak heran kalau dengan luasnya tersebut danau yang satu ini mencakup 3 Desa yakni Desa Sibunga-bunga, Desa Durian IV Mbelang dan juga Desa Gunung Manumpak.

Akses ke Danau Linting ini sebenarnya masih bisa dilalui oleh kendaraan pribadi, maupun transportasi umum. Hanya saja, untuk kendaraan umum harus beberapa kali naik turun untuk bisa sampai ke Danau Linting ini.

Sebenarnya baik kendaraan pribadi, apalagi transportasi umum tidak bisa langsung sampai ke Danau Linting atau dengan kata lain para pengunjung masih harus merlanjutkan perjalann dengan berjalan kaki yang lumayan jauh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjlanan.

Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan pengunjung yang berkunjung ke Danau Linting ini diantaranya ada Area parkir, Penyewaan tikar, Gazebo atau saung dan juga Papan penunjuk arah. Sebenarnya biaya untuk masuk ke danau linting ini gratis alias libur, tapi mengingat Destinasi wisata yang satu ini membutuhkan perawatan, maka pengunjung harus membayar biaya kebersihan sekitar 10 ribu rupiah saja.

Aek Sijornih
4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara
Sumber: Kumparan.com

Terakhir Objek Wisata yang bisa di datangi nanti pada saat kondisi sudah kembali normal di Provinsi Sumatera Utara ini adalah Aek Sijorni. Bagi yang belum tahu, Aek Sijornih ini merupakan Objek wisata alam yang berlokasi di Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan Sumatra Utara

Atau lebih kurang sekitar 30 km dari kota Padang Sidempuan ke arah Mandailing Natal danbagi yang belum tahu, kalau Objek wisata Aek Sijorni ini merupakan Air Terjun bertingkat dengan air yang selalu Jernih karena aliran sungai yang melewati batu cadas yang tidak mengandung lumpur.

Dengan dikelilingi banyak pohon Kelapa membuat suasana di Objek Wisata yang satu ini terasa semakin segar saja, apalagi pada saat mulai memasuki kawasan ini harus melalui Jembatan gantung Sungai Sayur Matinggi. Aek Sijornih ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pengunjung terutama mereka yang berada d seputaran Aek Sijornih ini pada saat hari lebaran.

Memang untuk perjalanan ke Aek Terjun Sijornih ini membutuhkan Eford lebih karena jauh perjalanan yang memakan waktu sekitar setengah hari dengan menggunakan mini bus, akan tetapi semuanya akan terbayarkan pada saat para pengunjung sudah berada di objek wisata yang satu ini.

Cukup dengan membayar Rp 15 ribu saja untuk tiket masuknya dan tambahan Rp 10 ribu untuk biaya parkir kendaraan jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, Pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya.

Itulah 4 Rekomendasi Objek Wisata di Provinsi Sumatera Utara yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin mencari tempat untuk melepaskan kepenatan di Sumatera Utara nanti pada saat semuanya sudah kembali normal. Semoga informasi tersebut bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara"