Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

AttailahPetir Dagang merupakan aktivitas yang tidak akan lepas dari kebanyakan masyarakat indonesia, karena kebanyakan orang indonesia ini ber profesi sebagai seorang pedagang atau lebih tepatnya berprofesi di bidang jual beli.

4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

Namun dimasa pandemi seperti sekarang ini, penghasilan dari para pedagang sedang merosot-merosotnya karena memang beberapa faktor yang terjadi di pasaran terutama di pasaran indonesia saat ini.

Tapi mungkin 4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim yang akan coba admin sebutkan di bawah ini bisa membantu para pedagang baik itu pedagang offline lebih-lebih lagi untuk mereka para pedagang Online. Bagi anda yang penasaran Tips nya apa-apa saja, Langsung saja kita bahas satu persatu di bawah ini.

Memperkuat Brand
4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

Tips yang pertama yang mungkin bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan dengan biaya yang minim adalah dengna memperkuat Brand. Brand ini sendiri merupakan nama dari sebuah produk atau jasa yang berasal dari sumber yang spesifik.

Dengan menggunakan pengertian ini, kata brand sendiri lebih kurang akan sama artinya dengan istilah “trademark” atau merek dagang.

Membangun brand bukan hanya masalah membuat desain, nama, logo, tagline, maupun elemen visual lainnya. Tapi untuk membangun sebuah brand membutuhkan konsistensi dalam mengintegrasikan elemen visual, servis dalam bisnis, performa dan atribut produk, cara pemasaran, yang akan memberikan sebuah janji dan persepsi

Selanjutnya menciptakan pengalaman dan value dari brand tersebut kepada para calon konsumen dengan tujuan utama dalam membangun brand adalah supaya produk ataupun jasa yang ditawarkan tersebut mampu menancap dengan kuat dalam pikiran dan hati para konsumen nantinya.

Setiap perusahaan memiliki cara yang unik dalam menciptakan brand mereka, dan cara unik tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor kenapa brand tersebut dikenal oleh masyarakat luas.

Karena seperti yang kita tahu kalau brand merupakan salah satu faktor yang penting agar produk yang anda miliki dikenal oleh banyak orang. sebagai salah satu contoh brand yang sukses memperkenalkan produk yang mereka miliki ke pasaran umum adalah Apple.

Tidak sedikit orang yang membeli perangkat-perangkat buatan Apple karena memang barang yang mereka beli tersebut merupakan barang-barang buatan Apple, walaupun harga yang harus mereka bayar yang tidak bisa dibilang murah sama sekali, tapi hal tersebut tentu tidak akan jadi masalah yang terlalu serius selama produk yang mereka beli itu benar-benar barang ori buatan Apple.

Maka tidak heran kalau Apple ini terkenal akan pengaruh brand nya yang benar-benar kuat, dari karenanya pengaruh brand sangat-sangatlah penting dalam hal peningkatan angka penjualan dari produk-produk tertentu.

Hal lainnya yang berpengaruh dari brand-brand tertentu yang terasa sepele tapi penting adalah bentuk visual berupa logo dari brand yang dimaksud, semakin simpel dan unik maka akan semakin mudah pula sebuah brand melekat dihati para calon konsumuen.

Tunjukkan Unique Selling Point (USP)
4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

Unique Sellin Point (USP) merupakan suatu hal yang membedakan bisnis yang Anda jalankan dengan para kompetitor bisnis lainnya yang serupa. Artinya Unique Selling Point ini merupakan suatu alasan kenapa konsumen anda rela untuk membeli produk pilihannya pada perusahan Anda, bukan pada pesaing Anda.

Unique Selling Proposition (USP) juga bisa berupa faktor pembeda pada suatu produk/layanan yang tidak dimiliki oleh pesaing/kompetitor, produk maupun bisnis. Umumnya, Unique Selling Point ini menjadi penentu yang akan membuat produk/layanan lebih spesial bagi prospek/pelanggan nantinya.

Biasanya para pelanggan lebih memilih untuk membeli sebuah produk dari sebuah brand yang punya Unique Selling Point. Setiap perusahaan pasti punya Unique Selling Point nya tersendiri. Sebagai contoh kecilnya adalah sebuah brand yang menjual produk yang mereka miliki ke pasaran yang punya Unique Selling Point akan lebih dipilih oleh calon konsumen dibandingkan dengan produk dari brand lain yang tidak memiliki point yang satu ini.

Sebagai contoh yang paling mudah dipahami adalah pelanggan akan lebih memilih untuk membeli produk dari brand yang punya pelayanan yang lebih dibandingkan dengan membeli produk dari brand yang pelayanannya kuran baik bahkan kurang jelas meskipun harga yang harus mereka bayar sedikit lebih tinggi dari harga normalnya.

Cara menentukan Unique Selling Point dari setiap produk sebenarnya bisa berbeda-beda, tapi yang paling umum diantaranya adalah.

  1. Cari Tahu Apa yang Sebenarnya Konsumen Inginkan
  2. Berikan Kepuasan Kepada Konsumen Ketika Membeli Produk Anda
  3. Perhatikan USP Dari Para Kompetitor

Dengan menerapkan Tips yang satu ini besar kemungkinan kalau penjualan anda akan lebih meningkat dibandingkan dengan hanya mengandalkan teknik pemasaran normal pada umumnya.

Fokus Pada Kualitas Produk
4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

Seorang pelanggan pasti menginginkan kualias terbaik dari produk yang akan mereka beli, hal tersebut tanpa terkecuali untuk semua produk yang mereka beli. Semakin baik kualitas dari sebuah produk maka akan semakin besar pula peluang untuk para pelanggan untuk kembali membli produk yang anda sediakan.

Sebenarnya untuk point yang satu ini setiap brand punya cara yang berbeda-beda untuk meningkatkan kualitas dari produk yang mereka ciptakan, karena seperti yang kita tahu kalau berbeda produk maka akan berbeda pula cara untuk meningkatkan kualitas produk tersebut.

Tapi bagi mereka yang berjualan secara online, mereka bisa memanfaatkan kolom penilaian, yakni dengan memanfaatkan masukan dari para pelanggan yang berbelanja di toko mereka. Dengan berbagai macam masukan mereka bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang di informasikan oleh para konsumen pada produk yang mereka pasarkan.

Selain itu anda juga bisa melakukan Quality Control yang lebih untuk memastikan kalau produk yang anda pasarkan tersebut merupakan produk yang memang benar-benar punya kualitas yang baik yang membuatnya unggul dari produk-produk lain dari para kompetitor.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengamati produk dari para kompetitor yang sama dengan produk yang anda hasilkan, dengan begitu anda bisa meningkatkan salah satu kekurangan yang ada pada produk dari kompetitor anda. Karena seperti yang sudah admin singgung diatas kalau pelanggan akan lebih memilih untuk memilih produk yang paling baik yang ada di pasaran.

Perluas Platform Penjualan
4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim

Untuk sekarang ini sudah ada banyak sekali platform penjualan yang bisa ditemukan di dunia maya. Karena kalau dulu orang-orang hanya bisa berjualan di toko secara off line saja, maka hal tersebut sudah sangat bereda untuk sekarang ini.

Karena seperti yang kita tahu kalau untuk saat ini sudah ada banyak sekali platform penjualan yang menyediakan lapak untuk orang-orang yang ingin memasarkan produk yang mereka miliki. Tentu hal ini bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk yang anda miliki.

Memang ada beberapa platform yang ada di internet yang bisa dibilang berbayar, tapi tidak sedikit juga dari mereka yang berjualan di platform-platform gratis dan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Apalagi untuk sekarang ini media online merupakan media yang paling ampuh untuk berjualan karena memang kondisi yang menuntut setiap orang untuk berada dirumah saja. Maka dari itu, ada baiknya untuk anda yang ingin memasarkan produk yang anda miliki tersebut dengan jangkauan yang lebih luas di berbagai platform di internet saat ini.

Adapun beberapa platform yang paling sering digunakan saat ini diantaranya adalah.

  1. Blog atau Situs Gratis
  2. Forum Jual Beli
  3. Marketplace
  4. Aplikasi Messenger
  5. Website

Selain itu anda juga bisa mempermudah para pelanggan yang ingin membeli produk yang anda jual dengan memberikan mereka kemudahan dari sisi pembayaran. Anda bisa bekerja sama dengan beberapa e-commerce di indonesia ini yang menyediakan pembayaran Sistem COD pada saat konsumen membeli produk dari e-commerce tersebut.

Karena tidak sedikit orang yang ingin membeli sebuah barang dari berbagai e-commerce yang takut akan motif penipuan yang semakin marak di zaman sekarang ini. Tapi dengan adanya sistem COD tentu membuat para pelanggan lebih nyaman untuk berbelanja meskipun di dunia maya.

Itulah 4 Tips Meningkatkan Penjualan yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Biaya Minim"